Penculikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Culik)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
El Malón, karya Johann Moritz Rugendas (1802–1858), lukisan bersejarah yang menggambarkan penculikan seorang wanita

Dalam hukum pidana, penculikan adalah penyimpangan yang melanggar hukum dan pengurungan seseorang terhadap kehendaknya. Dengan demikian, penculikan adalah kejahatan gabungan. Ini juga dapat didefinisikan sebagai penjara palsu dengan cara penculikan, keduanya merupakan kejahatan terpisah yang ketika dilakukan secara bersamaan pada orang yang sama bergabung sebagai satu-satunya kejahatan penculikan. Unsur penculikan biasanya tetapi tidak harus dilakukan dengan kekuatan atau ketakutan. Artinya, pelaku dapat menggunakan senjata untuk memaksa korban masuk ke dalam kendaraan, tetapi masih menculik jika korban tertarik untuk memasuki kendaraan dengan sukarela, misalnya, dengan keyakinan itu adalah taksi.

Penculikan dapat dilakukan untuk menuntut tebusan sebagai ganti melepaskan korban, atau untuk tujuan ilegal lainnya. Penculikan dapat disertai dengan cidera tubuh yang meningkatkan kejahatan untuk penculikan yang diperburuk.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definition of kidnapping". 2017. Sources: Cornell University Law School. Cambridge English Dictionary. English Oxford Living Dictionaries. Merriam-Webster Dictionary. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]