CART musim 1996

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Champ Car musim 1996)
CART IndyCar musim 1996
PPG Indy Car World Series
Musim
Lomba16
Tanggal mulaiMarch 3
Tanggal berakhirSeptember 8
Penghargaan
Juara pembalapAmerika Serikat Jimmy Vasser
Juara konstruktorBritania Raya Reynard
Juara pabrikanJepang Honda
Piala kebangsaanAmerika Serikat United States
Rookie of the YearItalia Alex Zanardi
← 1995
1997 (CART) →

Indy Car World Series PPG musim 1996 adalah musim kedelapan belas di era CART dalam balap mobil roda terbuka Amerika Serikat yang terdiri dari 16 balapan, dimulai di Homestead, Florida pada 3 Maret dan berakhir di Monterey, California pada 8 September. Rookie of the Year adalah Alex Zanardi. Ini adalah musim pertama setelah berpisah dengan Indy Racing League dan tahun terakhir CART beroperasi sebagai "IndyCar," dengan merek dagang kembali ke Indianapolis Motor Speedway. Indianapolis 500 digantikan oleh US 500, diadakan di Brooklyn, Michigan.

Juara Pembalap musim 1996 adalah Jimmy Vasser, yang Honda/Reynardnya memenangkan empat dari enam balapan pertama, termasuk US 500 perdana. Kompetisi segera mulai mengejar Vasser, yang harus menangkis dua tantangan terlambat dari para veteran : Performa konsisten Al Unser Jr. membuatnya nyaris mengikat Vasser di akhir musim, tetapi harapannya menguap setelah kecelakaan putaran terakhir di Mid-Ohio Sports Car Course dan kerusakan mesin saat memimpin di tikungan terakhir di Road Amerika. Kemenangan Michael Andretti yang dihasilkan di sana dan di Vancouver membuatnya bersaing di balapan terakhir, tetapi hasil yang mengecewakan di Laguna Seca memberi Vasser gelar juara.

Pembalap rookie Jeff Krosnoff dan seorang pekerja sirkuit meninggal dalam kecelakaan di putaran Toronto, dan satu minggu kemudian, Emerson Fittipaldi mengalami kecelakaan serius di awal Marlboro 500 dan harus pensiun.