Analisis jalur kritis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari CPM)
Jump to navigation Jump to search
Diagram PERT untuk sebuah proyek dengan enam aktivitas. Proyek ini memiliki dua jalur kritis: aktivitas B dan C, atau A, D, dan F — dengan waktu tercepat penyelesaian selama 7 bulan. Aktivitas E adalah aktivitas sub-kritis, dan memiliki waktu slack selama 2 bulan.

Analisis jalur kritis atau critical path method (CPM) adalah alogaritma berbasis matematika untuk menjadwalkan sekelompok aktivitas proyek.[1] CPM merupakan salah satu peralatan terpenting untuk manajemen proyek. Critical Path Method dikembangkan tahun 1950-an oleh Morgan R. Walker dari DuPont dan James E. Kelley, Jr. dari Remington Rand.[2] Keduanya bekerjasama mengembangkan CPM pada tahun 1989.[3]Di saat yang hampir bersamaan, Booz Allen Hamilton dan angkatan laut AS juga mengembangkan Program Evaluation and Review Technique [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kelley, James. Critical Path Planning and Scheduling: Mathematical Basis. Operations Research, Vol. 9, No. 3, May-June, 1961. 
  2. ^ Kelley, James; Walker, Morgan. Critical-Path Planning and Scheduling. 1959 Proceedings of the Eastern Joint Computer Conference. 
  3. ^ Kelley, James; Walker, Morgan. The Origins of CPM: A Personal History. PMNETwork 3(2):7-22. 
  4. ^ Newell, M; Grashina, M (2003). The Project Management Question and Answer Book. American Management Association. hlm. 98. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]