Bukit Klangon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bukit klangon)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bukit Klangon.jpg

Bukit Klangon yang terletak di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman merupakan salah satu destinasi wisata lereng Merapi yang banyak dikunjungi wisatawan terutama anak muda. Bukit ini menjadi spot foto yang sangat instagramable. Bukit Klangon atau masyarakat menyebutnya Bukit Glagaharjo menyajikan pemandangan yang sangat mempesona dengan latar belakang kegagahan Gunung Merapi dan alam asri sekitarnya. Di Bukit ini terdapat Gardu Pandang Rotary setinggi 5 meter terbuat dari kayu yang membuat wisatawan lebih dekat dengan Gunung Merapi. Bukit Klangon telah mendapat sumbangan dari Riotary Internasional untuk mengembangkan desa wisata minat khusus. Selain menjadi spot untuk berfoto Bukit Klangon juga menjadi area lintasan downhill. Trek downhill disini menjadi satu-satunya lintasan terbaik di Yogyakarta. Trek downhill di Bukit ini sering menjadi area kejuaraan Pembalap Sepeda Gunung (MTB) baik tingkat regional maupun nasional.[1][2]

Rute[sunting | sunting sumber]

Bukit Klangon terletak 4 km dari lereng Merapi. Bukit ini dapat dicapai melalui arah Kaliurang setelah bertemu pertigaan ke arah Kaliadem belok kanan. Pada pertigaan menuju The Lost World Castle ambil arah kanan lalu setelah bertemu pertigaan selanjutnya ambil kiri dan lurus terus dari situ sudah terdapat banyak plakat Bukit Klangon. Rute menuju Bukit ini sedikit terjal dengan banyak bebatuan kecil dan tanjakannya yang cukup berliku[1].

Harga[sunting | sunting sumber]

Untuk masuk ke wisata Bukit Klangon tidak dipungut biaya atau gratis. Untuk masuk wisata ini cukup membayar parkir sebesar 2000 rupiah untuk sepeda motor dan 5000 rupiah untuk mobil. Wisatawan jug bisa menyumbang seikhlasnya sebagai biaya perawatan atau kebersihan[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b traveler (2017-11-01). "Lokasi dan Rute Menuju Bukit Klangon Merapi, Gardu Pandang dan Spot Downhill". WisataBaru.Com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-12-22. 
  2. ^ Kurniawan, Hendri Prastio (2017-04-13). "Bukit Klangon Merapi Cangkringan Sleman, Wisata dengan Spot Gardu Pandang Yang Hits". ExploreWisata.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-12-22. 
  3. ^ Anggara, Septyan Bayu (2018-01-16). "Bukit Klangon Merapi, Spot Foto Hits dengan Latar Belakang Keindahan Gunung Merapi!". Hipwee. Diakses tanggal 2018-12-22. 

KategoriTempat wisata Yogyakarta