Bukit Kanduang, X Koto Diatas, Solok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bukit Kanduang
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Barat
KabupatenSolok
KecamatanX Koto Diatas
Kodepos
-
Luas-20 KM persegi
Jumlah penduduk-350 orang

Bukit Kanduang adalah sebuah nagari di Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Nagari ini berbatasan langsung dengan Kab. Tanah Datar di sebelah barat dan Utaranya, di sebelah selatan berbatasan dengan Nagari Sulit Air, sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan Nagari Pemilihan. Nagari ini memiliki 5 jorong yaitu: jorong mudiak, jorong hilia (hilir), jorong sopan balai, jorong sawah kasiak, jorong panjalangan,

Kehidupan sosial di nagari bukik kanduang beragam, mulai dari bertani, berkebun dan berternak. selain kegiatan tersebut salah satu yang menjad kegiatan perekonomian yaitu dari hasil kerajinan Niru, yang terbuat dari bambu kemudian di iris hingga membentuk pita-pita yang siap di anyam. hasil karya kerajinan ini dapat kita temukan di jorong sopan balai khususnya.

Kemudian ada juga Kipas Padi yang terbuat dari bahan Kayu dan triplek, kipas padi berguna sebagai pemisah padi yang sudah dipanen dari serpihan-serpihan daun. kerajinan ini sangat eksis hingga sekarang dan mudah ditemukan dinagari bukit kanduang. untuk pemasarannya terutama untuk kabupaten solok, tanah datar bahkan ada juga ke provinsi lain.

Rujukan[sunting | sunting sumber]