Buis beton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Salah satu item pekerjaan infrastruktur yang sangat penting adalah saluran air atau drainase. Pengertian drainase adalah suatu cara pembuangan kelebihan air yang tidak diinginkan pada suatu daerah, serta cara-cara penanggulangan akibat yang ditimbulkan oleh kelebihan air tersebut (Suhardjono,1984: 1).

Drainase adalah suatu tindakan teknis untuk mengurangi kelebihan air, baik yang berasal dari air hujan, rembesan, maupun kelebihan air irigasi dari suatu kawasan dan atau lahan sehingga fungsi kawasan tersebut tidak terganggu (Suripin, 2004). Drainase pada wilayah perkotaan merupakan suatu sistem drainase yang menangani permasalahan kelebihan air di wilayah perkotaan yang meliputi drainase permukaan dan drainase bawah permukaan.

Drainase perkotaan juga berfungsi mengendalikan air permukaan, sehingga tidak menimbulkan genangan atau banjir yang dapat mengganggu masyarakat, serta dapat memberikan manfaat bagi kegiatan manusia. Drainase sebagai prasarana yang berfungsi mengalirkan air permukaan ke badan penerima air dan atau ke bangunan resapan buatan.

Jenis Drainase Menurut Letaknya[sunting | sunting sumber]

  1. Drainase Permukaan Tanah (Surface Drainage). Saluran drainase yang berada diatas permukaan tanah yang berfungsi mengalirkan air limpasan permukaan. Analisis airnya merupakan aliran saluran terbuka (open channel);
  2. Drainase Bawah Permukaan Tanah (Sub Surface Drainage). Saluran drainase yang bertujuan mengalirkan air limpasan permukaan melalui media dibawah permukaan tanah (pipa-pipa), dikarenakan alasan tertentu, seperti lapangan sepak bola, lapangan terbang dan lain-lain.

Jenis Drainase Menurut Konstruksinya[sunting | sunting sumber]

  1. Saluran Terbuka. Saluran untuk air hujan terletak di area yang cukup luas. Juga untuk saluran air lainnya yang tidak mengganggu lingkungan. Fungsinya untuk menyalurkan air yang belum tercemar atau yang kualitas airnya tidak membahayakan. Lokasinnya pada daerah yang cukup tersedia dan tidak pada daerah yang sibuk/padat (pertokoan, pasar dsb). Kelebihan : murah dan mudah pemeliharaannya dan kekurangan : sampah mudah masuk dan estetika kurang;
  2. Saluran Tertutup. Saluran untuk air kotor yang mengganggu kesehatan lingkungan, juga saluran dalam kota. Biasanya digunakan untuk daerah kepadatan tinggi dengan ruangan yang terbatas serta lalu lintas pejalan kaki yang padat perlu keselamatan dan kenyamanan, seperti pada daerah perdagangan, pusat kota, jalan protokol dll. Kelebihan: sampah tidak mudah masuk dan secara estetika lebih indah dan kekurangan: mahal .

Penggunaan beton precast sebagai bahan saluran semakin menjadi pilihan dalam pekerjaan saluran, selain lebih praktis, tahan lama, kuat dan bentuk saluran yang tersedia cukup banyak. Buis Beton atau dikenal juga bernama Gorong-gorong atau Hong adalah saluran Beton Precast yang merupakan bahan bangunan untuk saluran air yang terbuat dari beton cetak. Untuk tipenya ada yang heavy duty dan light duty.

Pemilihan Saluran Beton Precast :[sunting | sunting sumber]

  1. Saluran tertutup bisa menggunakan saluran beton yang berbentuk lingkaran yang sering disebut juga Buis Beton atau kotak yang sering disebut Box Culvert.
  2. Sedangkan saluran terbuka bisa menggunakan saluran beton precast berbentuk setengah lingkaran atau disebut Greffel. Atau berbentuk U atau sering disebut U-Ditch. Kadang U-Ditch juga dilengkapi dengan tutup yang bisa diangkat atau disebut Cover U-Ditch.

Jenis Bahan Saluran Beton Precast :[sunting | sunting sumber]

  1. U-Ditch dan Box Culvert yang bertipe heavy duty menggunakan besi tulangan dan digunakan untuk saluran air hingga saluran penghubung yang lewat di bawah permukaan tanah atau crossing jalan beton. U-Ditch adalah saluran dari beton bertulang dengan bentuk penampang huruf U. Umumnya digunakan sebagai saluran drainase ataupun irigasi. Tersedia juga tutup atau Cover U-Ditch. Sementara Box Culvert adalah beton bertulang pra cetak berbentuk segi empat yang memiliki spigot dan socketnya. Kegunaan spigot dan socketnya adalah untuk menjadikannya kedap terhadap masuknya air tanah (eksfiltrasi) dan tetap menyatu saat terjadi pergeseran tanah. Penggunaan Box Culvert diletakkan di bawah jalan (pipa crossing/menyeberang di bawah jalan) yang dilalui beban berat (kendaraan besar seperti truck trailer). Ukuran yang besar bisa digunakan sebagai jembatan.
  2. Buis beton yang bertipe light duty tidak menggunakan besi tulangan hanya baik digunakan sebagai saluran air terbuka dan saluran air tertutup yang tidak dilalui kenderaan.

Penggunaan saluran beton precast memiliki beberapa keunggulan antara lain hasil pekerjaan yang lebih rapi, kualitas yang lebih terjamin, dan pelaksanaan pekerjaan di lapangan menjadi lebih cepat karena tinggal dipasang saja. Buis beton dalam dunia properti sangat diperlukan untuk berbagai sarana dan prasarana penunjang,terutama untuk sarana saluran air, septictank, tampungan resapan air dan lain lain.

Referensi :[sunting | sunting sumber]

  1. Modul Praktek Drainase
  2. Buis Beton Saluran Air
  3. U-Ditch Memudahkan Pekerjaan
  4. Keunggulan Box Culvert