Bibliotheca Bodmeriana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bodmer library)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebagian pemandangan Bodmer Foundation (Cologny, Swiss).
Contoh buku berharga dari abad ke-14 di perpustakaan Bodmer.

Bibliotheca Bodmeriana (atau Bodmer Library; "Perpustakaan Bodmer") adalah nama populer untuk Bodmer Foundation (bahasa Prancis: Fondation Bodmer; "Yayasan Bodmer"), yaitu sebuah perpustakaan dan museum yang dikhususkan untuk menyimpan naskah-naskah dan edisi-edisi berharga. Terletak di Cologny, Swiss sedikit di luar kota Jenewa.

Merupakan tempat penyimpanan barang warisan budaya nasional dan regional yang penting bagi Swiss.[1] Perpustakaan didirikan oleh Martin Bodmer dan terkenal sebagai penyimpanan koleksi Papirus Bodmer. Sejumlah naskah Papirus ini merupakan salinan tertua Alkitab bagian Perjanjian Baru. Beberapa dalam bahasa Yunani, lainnya dalam bahasa Koptik (misalnya Papyrus Bodmer III). Naskah-naskah pertama dibeli pada tahun 1956 (Papyrus Bodmer II — P66). Juga menyimpan satu jilid Alkitab Gutenberg (cetakan pertama Alkitab di dunia).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Martin Bodmer mendirikan perpustakaan pada tahun 1920-an. Bodmer memilih karya-karya yang berpusat sekitar apa yang dipandangnya sebagai lima pilar sastra dunia: Alkitab, Homer, Dante Alighieri, William Shakespeare dan Johann Wolfgang von Goethe.[2] Ia memprioritaskan naskah asli (otografi) dan edisi-edisi perdana. Pada tahun 1951 Bodmer membangun dua rumah bergaya neo-baroque di Cologny untuk mengakomodasi koleksi-koleksi tersebut.

Pada tahun 1970, beberapa waktu sebelum kematian Bodmer, Bodmer Foundation dibentuk untuk membuat koleksi itu terbuka untuk umum dan dilestarikan. Pada tahun 2003 bangunannya diremodel oleh Mario Botta. Ia menyambung ruangan bawah tanah kedua rumah dengan suatu struktur bawah tanah bertingkat dua, ditembus oleh lubang-lubang cahaya berwujud batang-batang.[3]

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan ini memiliki sekitar 160.000 barang koleksi, termasuk lempengan prasasti tanah liat Sumeria, Papirus bahasa Yunani dan naskah-naskah tulisan tangan termasuk lembaran-lembaran musik asli. Bodmer bermaksud menampilkan konteks sejarah dengan menambahkan barang-barang yang berkaitan dengan politik, filsafat dan ilmiah.[2] Sejumlah contoh:

Foto[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kantonsliste A-Objekte:Geneva" (PDF). KGS Inventar (dalam bahasa German). Federal Office of Civil Protection. 2009. Diakses tanggal 12 July 2010.  Hapus pranala luar di parameter |work= (bantuan)
  2. ^ a b Koch, Hans-Albrecht: Spiegel der Welt: Die Bibliotheca Bodmeriana zu Gast im Schiller-Nationalmuseum / Deutsches Literaturarchiv in Marbach
  3. ^ Mario Botta: Fondazione Martin Bodmer - Biblioteca e Museo, Cologny

Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Stella Ghervas, "Manuscrits russes dans la Bibliotheca Bodmeriana," Corona Nova, t. II. München, K.G. Saur Verlag, 2003, 101-126.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 46°12′55″N 6°10′50″E / 46.2153°N 6.1806°E / 46.2153; 6.1806