Berkas:Asep Jahidin 2016. anatomi pekerjaan sosial profesional.png

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ukuran asli(1.080 × 1.920 piksel, ukuran berkas: 352 KB, tipe MIME: image/png)

Berkas ini berasal dari Wikimedia Commons dan mungkin digunakan oleh proyek-proyek lain. Deskripsi dari halaman deskripsinya ditunjukkan di bawah ini.

Ringkasan

Deskripsi
Bahasa Indonesia: Tidak ada ilmu lain yang secara spesifik mengambil kesejahteraan sebagai objek formal selain Ilmu Kesejahteraan Sosial dengan ciri utamanya adalah keberfungsian sosial. Keberfungsian sosial ini tidak dipahami sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, dia haruslah dipahami sebagai rangkaian yang dimulai dari tumbuhnya perasaan sejahtera pada diri individu, kemudian setelah itu individu akan terdorong untuk menjalin relasi dengan orang lain yang pada akhirnya semua itu akan memberikan perasaan puas pada diri individu karena peran-peran yang dia miliki dalam kehidupannya secara pribadi maupun sosial. Demikianlah sejatinya keberfungsian sosial itu. Disinilah kedudukan Ilmu Kesejahteraan Sosial di antara ilmu - ilmu lain yang sudah ada termasuk ilmu-ilmu yang telah memberikan pengaruh dan mewarnai Ilmu Kesejahteraan Sosial sebagaimana terlihat pada gambar anatomi di atas.

Kita juga dapat melihat gambaran kesimpulan bahwa pekerjaan sosial adalah bentuk aktifitas tak terpisahkan dari ilmu kesejahteraan sosial, sementara Ilmu Kesejahteraan Sosial memiliki akar keilmuan dari berbagai ilmu lain sebagaimana yang diserap dalam proses interdisiplin ilmu. Maka dengan demikian dapat dipahami bahwa pekerjaan sosial sejatinya adalah bentuk aksiologi dari epistimologi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Pekerjaan sosial adalah dimensi praktis dari Ilmu Kesejahteraan Sosial. sementara epistiomologi kesejahteraan sosial sendiri sejatinya adalah buah dari perenungan ontologis yang mempertanyakan hakikat kesejahteraan manusia dan kehidupannya sebagai individu maupun mahluk sosial yang berfokus pada aspek kesejahteraan sosial tersebut. Praktek penerapan Ilmu Kesejahteraan Sosial tersebut sebagaimana terlihat pada gambar anatomi, dapat bergerak pada tiga level yaitu level mikro, level messo dan level makro. Pada semua level istilah praktek yang dugunakan adalah praktek pekerjaan sosial atau aktornya disebut pekerja sosial, kemudian pada level tertentu biasanya digunakan juga istilah yang berbeda (case worker, community worker dll). Pada dimensi mikro dan meso aktornyanya disebut dengan pekerja kasus (case worker) biasanya melakukan intervensi pada tingkat individu dan keluarga atau kelompok kelompok kecil. Pada dimensi makro aktornya sering disebut dengan pekerja komunitas (community worker) biasanya pada tingkat kelompok besar, sebuah komunitas maupun masyarakat luas. Pada dimensi makro ini pula Ilmu Kesejahteraan Sosial dapat diterapkan dalam bentuk advokasi kebijakan sosial, pemberdayaan masyarakat, pembangunan kesejahteraan sosial pembuatan kebijakan sosial dan pembangunan sosial secara lebih luas.

Praktek pada tingkat kebijakan makro biasanya telah melibatkan para ahli maupun para spesialis pada issu tertentu sesuai dengan arah kebijakan yang ingin dibangun, misalnya spesialis pekerja sosial anak, spesialis pekerja sosial bencana, spesilis pekerja sosial medis, difabilitas dan yang lainnya. Pada pengambilan kebijakan di tingkat birokrasi negara juga biasanya melibatkan hampir semua pemegang kepentingan dari tingkatan mikro hingga makro.
Tanggal
Sumber Karya sendiri
Pembuat Asepjahidin

Lisensi

Saya, pemilik hak cipta dari karya ini, dengan ini menerbitkan berkas ini di bawah ketentuan berikut:
w:id:Creative Commons
atribusi berbagi serupa
Berkas ini dilisensikan di bawah lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional.
Anda diizinkan:
  • untuk berbagi – untuk menyalin, mendistribusikan dan memindahkan karya ini
  • untuk menggubah – untuk mengadaptasi karya ini
Berdasarkan ketentuan berikut:
  • atribusi – Anda harus mencantumkan atribusi yang sesuai, memberikan pranala ke lisensi, dan memberi tahu bila ada perubahan. Anda dapat melakukannya melalui cara yang Anda inginkan, namun tidak menyatakan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
  • berbagi serupa – Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti lisensi pada materi asli.

Captions

Add a one-line explanation of what this file represents

Items portrayed in this file

menggambarkan

11 Oktober 2016

image/png

checksum Inggris

e71fef714a4fe34dfd366298c77325f253b0dbbe

360.738 Bita

1.920 piksel

1.080 piksel

Riwayat berkas

Klik pada tanggal/waktu untuk melihat berkas ini pada saat tersebut.

Tanggal/WaktuMiniaturDimensiPenggunaKomentar
terkini14 November 2016 02.04Miniatur versi sejak 14 November 2016 02.041.080 × 1.920 (352 KB)AsepjahidinCross-wiki upload from id.wikipedia.org

2 halaman berikut menggunakan berkas ini: