Batusabak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Batusabak makro (panjang ~ 6 cm dan tinggi ~ 4 cm )

Batusabak (slate) adalah batuan metamorf homogen berbutir halus yang berfoliasi dan berasal dari batuan asal berupa batuan sedimen bertipe menyerpih yang terdiri dari lempung atau abu vulkanik yang mengalami metamorfisme regional berderajat rendah. Ini adalah batuan metamorf foliasi berbutir paling halus.[1] Foliasi mungkin berhubungan dengan perlapisan sedimen asal, namun berbentuk bidang - bidang yang tegak lurus dengan arah kompresi metamorfik.[1]

Foliasi yang sangat kuat disebut juga "Belahan sabak".[1] Foliasi ini disebabkan oleh kompresi yang kuat yang menyebabkan lempung berbutir halus menyerpih dan tumbuh kembali dalam bentuk bidang - bidang yang tegak lurus dengan kompresi.[1] Ketika para ahli memotong tepat sejajar dengan foliasi menggunakan alat - alat khusus, banyak batusabak akan membentuk lapisan - lapisan datar batuan yang telah sejak lama digunakan sebagai bahan atap, ubin lantai, dan tujuan lain.[1] Batusabak biasanya berwarna abu - abu, terutama yang biasa terlihat sebagai penutup atap. Meskipun begitu, batusabak dapat terbentuk dalam warna yang bermacam - macam bahkan dapat berwarna khas pada satu tempat saja. Batusabak berbeda dengan batuserpih.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Essentials of Geology, 3rd Ed, Stephen Marshak

Bacaan lebih jauh[sunting | sunting sumber]

  • Page, William (ed.) (1906). The Victoria History of the County of Cornwall; vol. I. (Chapter on quarries.) Westminster: Constable.
  • Hudson, Kenneth (1972). Building Materials; "Chapter 2: Stone and Slate". London: Longman, pp. 14–27. ISBN 0-582-12791-2.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]