Balap lintasan lurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Balapan trek lurus)
Camaro meluncur saat start, bersama Altered Vision di sebelah kanannya.

Balap lintasan lurus (atau dalam bahasa Inggris disebut drag racing) adalah jenis balap mobil atau balap motor (biasanya sudah disiapkan khusus untuk balapan jenis ini) saling bersaing, biasanya dua sekaligus, untuk menjadi yang pertama melewati garis finis yang telah ditentukan. Perlombaan berlangsung di jalur singkat dan lurus dari awal start pada jarak yang terukur, paling umum berjarak 14 mi (1.320 ft; 402 m).

Top Fuel dragsters dan funny car telah menstandardisasi jaraknya menjadi 1.000 kaki (304,8 m) dan badan balapan automotif lainnya juga telah mengadopsinya sebagai standar, sedangkan untuk jarak 18 mi (660 ft; 201 m) juga populer di beberapa kalangan. Pencatatan waktu secara elektronik dan sistem pengindra kecepatan telah digunakan untuk merekam hasil balapan sejak 1960-an.

Sejarah mobil dan motor yang digunakan untuk balapan trek lurus ini hampir sama usianya dengan sejarah kendaraan bermotor itu sendiri, dan telah menjadi ajang balapan ilegal di jalanan. National Hot Rod Association (NHRA) didirikan pada tahun 1951, untuk menertibkan balapan ilegal di jalanan tersebut.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nostalgiadragworld.com Diarsipkan 2020-10-31 di Wayback Machine. (retrieved 5 May 2017)