Askus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ascus)
Lompat ke: navigasi, cari
Aski dari Morchella elata

Askus (jamak: aski) adalah sel spora-bantalan seksual diproduksi pada jamur ascomycota. Rata-rata, aski biasanya berisi delapan ascospores, yang dihasilkan oleh pembelahan sel meiosis diikuti di sebagian besar spesies, dengan pembelahan sel mitosis. Namun, aski pada beberapa genera atau spesies dapat nomor satu (misalnya cannonballus Monosporascus), dua, empat, atau kelipatan empat. Dalam beberapa kasus, ascospores dapat kuncup dari konidia yang dapat mengisi (Tympanis misalnya) aski dengan ratusan konidia, atau mungkin ascospores fragmen, misalnya beberapa Cordyceps, juga mengisi aski dengan sel lebih kecil. Ascospores adalah nonmotile, biasanya bersel satu, tetapi tidak jarang mungkin septate (kurang septum a), dan dalam beberapa kasus septate di beberapa pesawat. pembelahan mitosis dalam spora berkembang mengisi setiap sel menghasilkan ascospores septate dengan inti.[1]

Dalam banyak kasus aski terbentuk di dalam lapisan reguler, hymenium, dalam tubuh buah yang terlihat dengan mata telanjang, di sini disebut askokarp atau askoma. Dalam kasus lain, seperti ragi bersel tunggal, tidak ada struktur tersebut ditemukan. Dalam kasus yang jarang aski dari genera beberapa teratur dapat mengembangkan lebih tua di dalam satu aski habis setelah lain, misalnya Dipodascus.

Aski biasanya rilis spora mereka dengan meledak di ujung, tetapi mereka juga bisa mencerna sendiri pasif melepaskan ascospores baik dalam cairan atau sebagai bubuk kering. Biasanya, aktif pemakaian aski punya tip khusus dibedakan, baik pori atau operkulum suatu. Di beberapa genera hymenium membentuk, ketika satu semburan askus, dapat memicu ledakan aski lain di askokarp mengakibatkan debit besar terlihat sebagai awan spora - fenomena yang disebut "terengah-engah". Ini adalah contoh dari umpan balik positif. Suara mendesis samar juga dapat didengar untuk jenis Peziza dan jamur cangkir lainnya.

Aski, terutama mereka yang crassa Neurospora, telah digunakan di laboratorium untuk mempelajari proses meiosis, karena empat sel yang dihasilkan oleh line up meiosis dalam rangka reguler. Dengan memodifikasi gen coding untuk warna spora, ahli biologi bisa belajar menyeberang dan fenomena lainnya.

Aski yang paling Pezizomycotina berkembang setelah pembentukan croziers di markas mereka. The croziers membantu mempertahankan dikaryon singkat. Inti yang kompatibel dikaryon penggabungan membentuk inti diploid yang kemudian mengalami meiosis dan akhirnya pembentukan ascospore internal. Anggota Taphrinomycotina dan Saccharomycotina tidak membentuk croziers.

Macam - macam bentuk Askus[sunting | sunting sumber]

Bentuk askus, kapsul yang berisi spora seksual, adalah penting untuk klasifikasi dari Ascomycota. Ada empat tipe dasar askus yaitu:

  • Sebuah askus unitunicate-operculate memiliki "tutup", yang Operkulum, yang istirahat terbuka ketika matang spora dan dengan cara ini membuat mereka bebas. Aski Unitunicate-operculate hanya terjadi pada mereka askokarp yang memiliki apothecia, misalnya morels. 'Unitunicate' berarti 'single-berdinding'.
  • Daripada operkulum, sebuah askus unitunicate-inoperculate memiliki cincin elastis yang berfungsi seperti katup tekanan. Pada pematangan secara singkat mengembang dan sehingga memungkinkan spora menembak keluar. Jenis ini muncul baik di apothecia dan perithecia; contoh adalah Hypomyces diilustrasikan chrysospermus.
  • Sebuah askus bitunicate ditutupi dalam dinding ganda. Ini terdiri dari cangkang, tipis rapuh dan luar dinding bagian dalam tebal elastis. Ketika spora telah matang, shell split terbuka sehingga dinding bagian dalam bisa mengambil air. Sebagai akibatnya ini mulai memperluas dengan spora nya sampai menjorok di atas sisa askokarp sehingga spora dapat melarikan diri ke udara bebas tanpa terhalang oleh sebagian besar tubuh berbuah. Aski Bitunicate hanya terjadi pada pseudothecia dan ditemukan hanya dalam kelas Dothideomycetes dan Chaetothyriomycetes (yang dulunya bersatu di kelas Loculoascomycetes lama). Contoh: inaequalis Venturia (kudis apel) dan aesculi Guignardia (Brown Daun Mold Kuda Chestnut)
  • Aski Prototunicate kebanyakan berbentuk bulat dan mereka tidak memiliki mekanisme penyebaran aktif sama sekali. Dinding askus matang hanya larut sehingga spora dapat melarikan diri, atau rusak terbuka oleh pengaruh lain seperti binatang. Aski jenis ini dapat ditemukan baik di perithecia dan di cleistothecia, misalnya dengan penyakit DED (Ophiostoma). Ini adalah sesuatu dari istilah-menangkap semua untuk kasus-kasus yang tidak masuk ke dalam tiga jenis lain askus, dan mereka mungkin milik beberapa kelompok independen yang berevolusi secara terpisah dari aski unitunicate.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ascus". 29 Juli 2012. 

Bacaan[sunting | sunting sumber]

  • Hans Otto Schwantes: Biologie der Pilze. 1. Auflage. Ulmer, Stuttgart 1996, ISBN 3-8252-1871-6.