Area Kemah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Area kemah atau Perkemahan (Inggris: Camp area) adalah tempat di alam terbuka yang memenuhi syarat untuk berkemah atau mendirikan tenda. Area kemah berbeda dengan Bumi Perkemahan (Buper) atau Lapangan Berkemah.[1] Bumi Perkemahan biasanya memiliki fasilitas pendukung seperti kamar mandi, toilet, dan area berkegiatan di luar ruangan. Beberapa tempat perkemahan juga memiliki aula untuk kegiatan di dalam ruangan. Sedangkan area kemah terkadang hanya tempat yang cukup datar atau lapang yang cukup untuk mendirikan beberapa tenda.

Area kemah memiliki peran penting terhadap berlangsungnya kegiatan berkemah terutama di jalur pendakian. Umumnya area kemah memiliki luas yang memadai dan cukup untuk menampung beberapa tenda.[2] Peraturan Menteri Pariwisata RI Nomer 24 Tahun 2015 menjelaskan bahwa area kemah adalah tempat di alam terbuka, di mana para pemakai dapat mendirikan tenda untuk keperluan bermalam dan melakukan kegiatan sesuai dengan motivasinya.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yuk! Jelajahi Bumi Perkemahan Terbaik di Indonesia". www.decathlon.co.id (dalam bahasa in). Diakses tanggal 2024-01-15. 
  2. ^ Jalil, Abdul (2024-01-12). "Bumi Perkemahan Adalah: Pengertian dan Contohnya". Pramuka-Ku. Diakses tanggal 2024-01-15. 
  3. ^ Jalil, Abdul (2024-01-12). "Bumi Perkemahan Adalah: Pengertian dan Contohnya". Pramuka-Ku. Diakses tanggal 2024-01-15.