Anne Van Jogja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anne Van Jogja
Anne Van Jogja.jpg
poster film
SutradaraBobby Sandy
PemeranRachel Maryam
Imam Soetrisno
Tutik Budihardjo
Heru Prasetyo
DistributorJatayu Cakrawala
Tanggal rilis
2005
NegaraIndonesia

Anne Van Jogja merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 2005 yang disutradarai oleh Bobby Sandy. Film ini dibintangi antara lain oleh Rachel Maryam dan Imam Soetrisno.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Armanda Prasetyo Annebelle Yuwantoro (Rachel Maryam), gadis keturunan Belanda. Ayahnya, Raden Prasetyo Yuwantoro berdarah Jawa, menempuh pendidikan di Belanda. Ia menikah dengan wanita Belanda bernama Marie Armanda Volkssalle. Pernikahan ini tidak direstui oleh orang tua Raden Prasetyo, akhirnya mereka membangun keluarga dan perkebunan di Jogja.

Sebuah kecelakaan menewaskan ayah Anne, membuat Anne, ibunya dan sang pembantu yang setia, Mbok Nem harus berjuang bertahan hidup. Keadaan Jogja makin kisruh, membuat usaha perkebunan harus berpindah tangan ke ayah Satrio, teman masa kecil Anne. Rasa suka Anne terhadap Satrio berubah menjadi kebencian. Hal ini juga membuat Ibu Anne tersiksa dan akhirnya meninggal.

Anne dan Mbok Nem berusaha bertahan hidup dengan menjual batik buatan mereka tanpa Anne sadari Satrio turut membantu usaha mereka. Tetapi lama-kelamaan Anne mengetahui juga hal ini. Dalam keadaan sakit dan sedih karena akan kehilangan Satrio, Anne berusaha memberikan sesuatu kepada Satrio sebagai hadiah pernikahannya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman Anne Van Jogja, diakses pada 23 April 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]