Algoritme Elgamal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Algoritma Elgamal merupakan salah satu algoritma kriptografi kunci publik yang dibuat oleh Taher ElGamal pada tahun 1984. Algoritma ini pada umumnya digunakan untuk digital signature, tetapi kemudian dimodifikasi sehingga juga bisa digunakan untuk enkripsi dan deskripsi. ElGamal digunakan dalam perangkat lunak sekuriti yang dikembangkan oleh GNU, program PGP, dan pada sistem sekuriti lainnya. Kekuatan algoritma ini terletak pada sulitnya menghitung logaritma diskrit.

Algoritma Elgamal tidak dipatenkan. Tetapi, algoritma ini didasarkan pada algoritma Diffie – Hellman, sehingga hak paten algoritma Diffie – Hellman juga mencakup algoritma ElGamal. Karena hak paten algoritma Diffie – Hellman berakhir pada bulan April 1997, maka algoritma ElGamal dapat diimplementasikan untuk aplikasi komersil.

Pembentukan kunci[sunting | sunting sumber]

Skema ElGamal memerlukan sepasang kunci yang dibangkitkan dengan memilih sebuah bilangan prima p dan dua buah bilangan random g dan x. Nilai g dan x lebih kecil dari p yang memenuhi persamaan: y = gx mod p

Dari persamaan tersebut y, g dan p merupakan kunci publik dan x adalah kunci rahasia.

Proses Enkripsi[sunting | sunting sumber]

Proses enkripsi merupakan proses mengubah pesan asli (plaintext) menjadi pesan rahasia (ciphertext). Pada proses ini digunakan kunci publik (p, g, y). Langkah-langkah dalam mengenkripsi pesan adalah sebagai berikut:

Potong plaintext menjadi blok-blok m1, m2, …, nilai setiap blok di dalam selang [0, p – 1].

Ubah nilai blok pesan ke dalam nilai ASCII.Pilih bilangan acak k, dengan syarat 1 ≤ k ≤ p – 2.

Setiap blok m dienkripsi dengan rumus sebagai beriku:

gamma (γ) = gk mod p. (1)

delta (δ) = ykm mod p. (2)

Susun ciphertext dengan urutan γ1,δ1, γ2,δ2,…,γn,δn. Pasangan γ dan δ adalah cipherteks untuk blok pesan m. Hasil yang didapat dari proses enkripsi berupa pesan rahasia (ciphertext).

Proses dekripsi[sunting | sunting sumber]

Proses dekripsi merupakan proses mengubah pesanrahasia (ciphertext) menjadi pesan asli (plaintext). Padaproses ini digunakan kunci pribadi (x, p).

Langkah-langkah dalam mendekripsi pesan adalah sebagai berikut:

Penentuan nilai gamma dan delta. Nilai gamma (γ) diperoleh dari ciphertext dengan urutan ganjil sedangkan delta (δ) dengan urutan genap.

Hitung plaintext m dengan persamaan rumus berikut:

m = δ. γ(p-1-x) mod p (3)

Ubah nilai m yang didapat kedalam nilai ASCII.

Susun plaintext dengan urutan m1,m2,…,mn.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Cryptography navbox