Akusativus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Akusatif)

Kasus akusatif adalah kasus ketatabahasaan yang digunakan untuk menandai objek langsung/objek penderita dari kata kerja transitif. Kasus yang sama digunakan dalam banyak bahasa untuk objek (beberapa atau semua) preposisi. Akusatif adalah kata benda yang dikenai pekerjaan oleh kata kerja, yang pada umumnya dilakukan oleh subjek yang mempunyai kasus nominatif.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah "accusative" dalam bahasa Inggris adalah Anglikisasi dari Latin Latin accūsātīvus (cāsus),[1] yang diterjemahkan dari bahasa Yunani Kuno (ptôsis) aitiatikḗ.[2] Istilah Yunani yang bisa berarti "(infleksi) untuk sesuatu yang menyebabkan" atau "untuk sebuah tuduhan".[3] Arti yang diinginkan adalah kemungkinan yang pertama, yang akan diubah menjadi istilah Latin causātīvus[4] atau effectīvus,[5] tetapi istilah Latin adalah terjemahan dari yang kedua. Dibandingkan bahasa Rusia вини́тельный vinítel’nyj, dari винить vinít’ "menyalahkan".

Contoh kalimat:

  • "Agus memukul Wati."

Dalam kalimat di atas ini, Wati sebagai akusatif.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ accūsātīvus. Charlton T. Lewis and Charles Short. An Elementary Latin Dictionary pada Perseus Project.
  2. ^ αἰτιατική. Liddell, Henry George; Scott, Robert; A Greek–English Lexicon at the Perseus Project
  3. ^ "accusative"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  4. ^ Harper, Douglas. "accusative". Online Etymology Dictionary. 
  5. ^ Herbert Weir Smyth. A Greek grammar for colleges. p. 353, sect. 1551.a.: name of the accusative.