Lompat ke isi

A.J. Appasamy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari A.j. appasamy)
A.J. Appasamy

A.J. Appasamy adalah seorang teolog yang berusaha menyusun teologi bagi rakyat pribumi di India.[1] Ayah Appasamy, A.S. Appasamy Pillai adalah seorang yang beralih dari agama Hindu ke Anglikan.[1] Ayah Appasamy kelak memberikan banyak sumbangan bagi pandangan-pandangan Appasamy.[1] Appasamy mempelajari filsafat dan teologi di Universitas Harvard dan Universitas Oxford.[1] Semasa menjadi mahasiswa di Oxford, Appasamy bertemu dengan Sadhu Sundar Singh dan terkesan dengan cara persekutuan yang diperkenalkan olehnya.[1] Pandangan-pandangan Sundar Singh menguatkan keyakinannya bahwa ada warisan besar di India yang dapat dipergunakan dalam kehidupan Kristen.[1] Ia memperoleh gelar doktor di Universitas Oxford pada tahun 1922.[1] Setelah itu, ia kembali ke India dan bekerja sebagai pendeta di lingkungan Gereja Anglikan.[1] Pada tahun 1951, Appasamy diangkat menjadi uskup dalam wilayah Coimbatore, Gereja India Selatan.[1] Tujuan teologi Appasamy adalah untuk menguraikan agama Kristen yang dihubungkan dengan pikiran-pikiran agama Hindu sehingga agama Kristen lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh orang Hindu.[1] Ia bermaksud untuk menyusun teologi India sehingga agama Kristen tidak terasa asing di India.[1] Appsamy mengatakan hendaknya orang Kristen menekankan segi mistik dari Injil karena orang Hindu sangat menekankan mistik.[1] Untuk itu, perlu digunakan Injil Yohanes untuk mendekati orang Hindu.[1] Walaupun demikian, ia tetap kritis terhadap hal-hal mistis dalam agama Hindu yang tidak cocok dengan iman Kristen.[1] Walaupun demikian, menurut Appasamy, keunikan dari kekristenan haruslah dipertahankan.[2]

Beberapa karya yang dibuat oleh Appasamy, antara lain:[1]

  • The Gospel and India's Heritage (Injil dan Warisan India)
  • Christianity as Bhakti Marga

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b c d e f g h i j k l m n o (Indonesia)F.D. Wellem.1993.Riwayat Hidup Singkat Tokoh-Tokoh Dalam Sejarah Gereja.Jakarta:PT BPK Gunung Mulia. hlm 15-17.
  2. ^ Jan van Lin.2002.Shaking the fundamentals: religious plurality and ecumenical movement.Netherlands:Editions Rodofi B.V. hlm 156.