Zuleyka Rivera Mendoza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zuleyka Rivera
Pemenang kontes kecantikan
Lahir Zuleyka Jerrís Rivera Mendoza
3 Oktober 1987 (umur 27)
Cayey, Puerto Riko
Tinggi ft 9 in (1.75 m)
Warna rambut Coklat
Warna mata Coklat
Gelar Miss Salinas Teen 2002
Miss Salinas 2006
Miss Puerto Rico Universe 2006
Miss Universe 2006
Kompetisi
besar
Miss Puerto Rico Teen 2002 (Runner-up I)
Miss Puerto Rico Universe 2006 (pemenang)
Miss Universe 2006 (pemenang)

Zuleyka Jerris Rivera Mendoza (lahir 3 Oktober 1987 di Cayey, Puerto Rico dari Jerry Rivera dan Carmen Mendoza) adalah seorang ratu kecantikan yang meraih juara kedua dalam kontes Miss Teen Puerto Rico (2002) dan menyandang gelar Miss Puerto Rico Universe 2005. Ia dinobatkan menyandang gelar Miss Universe 2006 pada 23 Juli 2006. Ia juga kakak dari dua adiknya, masing-masing Jerry dan Juan Rivera.

Miss Universe 2006[sunting | sunting sumber]

Rivera dinobatkan sebagai Miss Universe 2006 setelah mengalahkan 85 kontestan dari seluruh dunia di ajang Miss Universe 2006 yang dilaksanakan di Los Angeles (Amerika Serikat).

Sebagai penyandang gelar Miss Puerto Rico yang mewakili Distrik Salinas, ia juga tampil sebagai juara runner-up pertama Miss Teen Puerto Rico. Dengan umur 18 tahun yang meraih gelar Miss Universe, Rivera merupakan salah seorang wanita termuda sebagai penyandang gelar ratu kecantikan tersebut. Dialah yang termuda di antara Miss Universe asal Puerto Rico sebelumnya. Keempat nama tersebut adalah Marisol Malaret, Deborah Carthy-Deu, Dayanara Torres, dan Denise Quiñones.

Rivera yang memenangi gelar Miss Universe 2006 disiarkan secara langsung televisi international dari Shrine Auditorium, Los Angeles (California) pada 23 Juli 2006. Ia adalah wanita kelima asal Puerto Rico yang menyandang gelar dimaksud dan wanita kedua asal Puerto Rico yang memenangi gelar yang di selenggarakan di Amerika Serikat. Sebagai pserta termuda, ia berhasil mengandaskan ambisi Miss Jepang Kurara Chibana (24 tahun) yang menempati posisi kedua dan Miss Swiss Lauriane Gilliéron (21 tahun).

Dua finalis lima besar lainnya adalah Miss Paraguay Lourdes Arevalos (22 tahun) dan Miss Amerika Serikat Tara Conner (20 tahun). Sebelum dia, Puerto Rico pernah menyandang gelar Miss Universe pada tahun 1970, 1985, 1993, dan 2001. Gelar Miss Universe untuk Rivera diserahkan Miss Universe 2005 Natalie Glebova dari Kanada.

Sebagai Miss Universe, Rivera terikat oleh Organisasi Miss Universe (Miss Universe Organization) yang berkedudukan di Amerika Serikat dan dunia international. Ia tinggal di sebuah apartemen di New York City bersama Miss Amerika Serikat dan Miss Teen Amerika Serikat 2006 Tara Conner sejak bulan Agustus 2006.

Sebelum menyandang gelar Miss Universe, Zuleyka Rivera adalah seorang mahasiswi bidang jurnalisme di Universitas Puerto Rico. Ia adalah kakak dari dua adik, masing-masing Jose Alberto dan Jerry Rivera, Jr.

Pada ajang Miss Universe 2007 (28 Mei 2007), ia menyerahkan mahkotanya kepada Riyo Mori asal Jepang di Mexico City, Meksiko di depan banyak penonton yang diperkirakan mencapai 600 juta penonton. Masa tugasnya hanya berjalan selama sepuluh bulan, salah satu yang tersingkat dalam sejarah Miss Universe.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Pada 25 Agustus 2006, ia mengadakan jumpa pers di Hotel Nikko (Jakarta) dan menghadiri malam panganugerahan Putri Indonesia 2006 di TMII. Bersama Gubernur Sutiyoso dan Putri Indonesia 2006 Agni Pratistha AK, ia mencoba naik busway pada 29 Agustus 2006. Rute busway yang dilewatinya adalah Medan Merdeka Selatan, MH Thamrin, Bundaran Hotel Indonesia, dan Medan Merdeka Barat. Pada 30 Agustus 2006, ia berada di Surabaya, Jawa Timur dan menyatakan menyukai perempuan Indonesia. Bentuk kecintaannya dia ungkapkan dalam mengenakan busana model kemben.

Petikan[sunting | sunting sumber]

  • Saya selalu memiliki keyakinan dan percaya diri, tapi tak pernah tahu saya akan menang.
  • Saya ingin mengatakan kepada mereka semua bahwa selalu ada masalah dalam hidup, tapi selalu ada kemungkinan untuk mengatasinya.
  • Wajah saya mengekspresikan budaya, musik, dan indahnya campuran ras yang kami punya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Cynthia Olavarria
Miss Puerto Riko
2006
Diteruskan oleh:
Uma Blasini
Didahului oleh:
Natalie Glebova
Miss Universe
2006
Diteruskan oleh:
Riyo Mori