Zooey Deschanel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Zooey Deschanel

Zooey Deschanel
Lahir Zooey Claire Deschanel
17 Januari 1980 (umur 34)
Los Angeles, California, U.S.
Pekerjaan Aktris, penyanyi, pencipta lagu
Tahun aktif 1998 - sekarang

Zooey Claire Deschanel (lahir 17 Januari 1980; umur 34 tahun) adalah seorang aktris, penyanyi, dan pencipta lagu berkebangsaan Amerika Serikat. Dia menjadi terkenal saat bermain di film utamanya seperti All the Real Girls (2003), Elf (2003), Winter Passing (2005), Failure to Launch (2006), dan Bridge to Terabithia (2007). Dia dilahirkan di Los Angeles. Dia berkarier di dunia film sejak tahun 1998.

Tidak hanya karier di dunia film, Zooey juga memiliki ketertarikan dan hasrat sendiri terhadap dunia musik. Pada tanggal 18 Maret 2008, Zooey merilis debut pertamanya Volume One bersama-sama dengan musisi asal Amerika, M. Ward. Mereka berdua menamakan diri She & Him.

Latar Belakang Keluarga[sunting | sunting sumber]

Terlahir di Los Angeles, California, wanita yang bernama lengkap Zooey Claire Deschanel ini memiliki darah campuran Irlandia (Ibunya) dan Prancis (Kakeknya)[rujukan?]. Zooey terlahir sebagai anak bungsu dari dua bersaudara dan semua anggota keluarga Deschanel memiliki profesi di industri per-film-an Hollywood.

Ayah Zooey, (Caleb Deschanel), adalah seorang sutradara dan sinematografi film yang pernah menjadi salah satu nominator penghargaan Academy-Award[rujukan?] sedangkan Ibunya, Mary Jo Deschanel, adalah seorang aktris film. Kakak perempuan Zooey, Emily Deschanel, juga seorang aktris film yang hingga tahun 2009 ini masih membintangi film seri Bones.

Semasa kecilnya Zooey sering kali berpindah-pindah dari satu kota ke kota lainnya seperti New York dan London. Zooey bahkan harus berpindah ke negara lain seperti Yugoslavia[1] karena mengikuti ayahnya yang sedang mengambil gambar untuk film-filmnya. Akan tetapi Zooey kecil tidak menyukai kegiatan berpindah-pindah tempat ini. Menurut pengakuannya, alasan ketidaksukaan Zooey ini adalah karena baginya tempat-tempat tersebut tidak memiliki makanan-makanan yang disukainya dan juga Zoeey kecil merasa sedih karena harus meninggalkan teman-temannya di Los Angeles[1].

Nama Zooey diambil dari tokoh yang bernama Zooey Glass dalam cerita Franny and Zooey, sebuah novel tentang keluarga karya J. D. Salinger pada tahun 1961[rujukan?]. Dalam novel tersebut tokoh protogonis Zooey Glass adalah seorang laki-laki, sedangkan Franny adalah tokoh perempuannya.

Keinginan Zooey untuk berakting sudah dimulai sejak ketika masih kecil Zooey melihat seorang anak yang berakting di dalam sebuah iklan. Akan tetapi ayah Zooey tidak mengizinkan Zooey kecil berakting hingga gadis yang memiliki mata bundar berwarna hijau-biru ini memiliki SIM dan dapat menyetir sendiri menuju tempat-tempat audisi yang ingin dilakoninya[1].

Karier[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Karier Zooey di dunia layar lebar dimulai pada tahun 1999 ketika wanita yang suka mengoleksi kacamata hitam berframe besar[1] ini membintangi drama-komedi Mumford dan dipercaya untuk memerankan tokoh Vanessa Watkins, seorang gadis depresi terhadap bentuk tubuhnya yang menginginkan menjadi langsing dan seksi.

Kiprah Zooey di dunia layar lebar terus meningkat dengan film yang tidak hanya drama ataupu komedi, tetapi juga thriller. Wanita pengagum film The Apartment ini memilih film-film yang diperankannya didasarkan pada pemilihan karakter yang akan diperankannya dalam film tersebut[2]. Dalam memilih karakter-karakter yang diperankannya Zooey tidak ingin hanya terpaku kedalam satu peran yang memiliki karakter yang serupa[3]. Zooey berusaha agar setiap karakter yang diperankannya dalam sebuah film dapat memberikan tantangan kepadanya[3][4].

Zooey tidak pernah menjadikan profesinya sebagai aktris ini digunakannya sebagai ajang untuk menghasilkan uang[1]. Hal ini yang menyebabkan dirinya tidak terlalu tampak di film-film layar lebar yang memiliki keuntungan hasil produksi yang sangat besar. Aktris yang masih berumur kepala 2 pada tahun 2009 ini memiliki filosofi tentang kehidupan bahwa apa yang kita kerjakan dinunia ini seharusnya disandarkan kepada kesukaan kita akan pekerjaan yang kita lakukan, seperti yang dikutip dalam wawancara dengannya berikut ini, "You have to keep reminding yourself it's not about money, because there is a lot of money to be made in this business if you're willing to do whatever,"[1]. Filsosfi ini sejalan dengan beberapa karakter yang diperankannya di dalam beberapa film-filmnya seperti Yes Man (2008), Flakes (2007), dan Winter Passing (2005).

Pada tahun 2005, gadis yang memang memiliki bakat dalam membintang karakter-karakter yang bersifat sarkastik ini bermain di sebuah film yang bertajukkan drama musikal, "Once Upon a Mattress". Didalam film tersebut Zooey berperan sebagai seorang lady yang bernama Lady Larken yang ingin sekali menikahi seseorang dari kerajaan namun terhambat oleh peraturan kerajaan tersebut yang tidak memperbolehkan siapapun menikah sebelum sang pangeran kerajaan menikah. Lady Larken yang sedang hamil beserta calon suaminya berusaha dengan keras agar supaya sang pangeran menikah dikarenakan apabila dirinya ketahuan hamil oleh kerajaan maka hukuman berat akan menantinya. Dalam film ini Zooey bernyanyi dalam 2 buah lagu dan karakter yang diperankan sama sekali tidak menampilkan sisi sarkastisme ataupun pribadi cuek seorang Zooey Deschanel.

Pada tahun 2008, Zooey juga membintangi film humor-romantic,(500) Days of Summer. Film yang di sutradarai oleh Marc Webb ini juga banyak pujian dari berbagai pihak. Dalam film (500) Days of Summer, Zooey berperan sebagai Summer. Seorang gadis yang tak percaya namanya cinta. Dan lawan main Zooey dalam film ini adalah Joseph Gordon-Levitt yang berperan sebagai Tom Hansen.Mereka berdua saling jatuh cinta namun Summer tidak mau memberi status pada hubungan mereka.Film (500) Days of Summer semakin menegaskan Zooey sebagai artis yang multi-talented.

Musik[sunting | sunting sumber]

Meskipun Zooey memulai kariernya dengan berakting, namun selama bertahun-tahun Zooey memiliki tidak hanya hobi akan tetapi keinginan dan dan juga hasrat dalam bemusik. Sejak kecil Zooey telah dapat menulis dan mencipta lagu-lagunya sendiri[rujukan?]. Semasa high-school Zooey yang mengaku lebih memilih mempunyai rambut berwarna hitam daripada pirang[4] ini aktif terlibat dalam koir dan pementasan musik[rujukan?]. Zooey sendiri dengan gamblang mengakui bahwa dirinya lebih suka bermusik dibandingkan akting, "I would rather be a songwriter than be an actor" [5]. Bagi Zooey musik dapat memberikan suatu "jiwa" baru untuk orang-orang yang mendengarkannya[5].

Tampaknya minat kuat sosok seorang Zooey Deschanel dalam bermusik memiliki pengaruh yang tidak kecil dalam pemilihan karakter-karakter yang diperankannya di dalam beberapa film-filmnya. Diantaranya adalah film drama musikal Once Upon a Mattress dimana Zooey memiliki kesempatan untuk menyumbangkan suara yang diakuinya memiliki karakter low voice[rujukan?] ini di dalam lagu yang berjudul A Little While dan Normandy. Film Zooey yang dibintanginya bersama dengan Jim Carrey, Yes Man (2008) juga memberikannya kesempatan untuk menyanyikan beberapa lagu yang menjadi soundtrack dari film tersebut. Film drama Winter Passing (2005) memang tidak menghadirkan suara indah Zooey dalam suatu performance panggung. Namun diawal film tersebut ketika Reese Holdin (karakter yang diperankan Zooey) menghadiri sebuah audisi untuk pementasan drama dirinya diminta untuk menyanyikan sebuah lagu dan dalam scene tersebut Zooey menyanyikan lagu My Bonnie Lies over the Ocean. Selain itu juga karya orisinil Zooey yang beraliran semi-klasik dimainkannya di film tersebut. Lagu instrumental yang merupakan aransemen dari Zooey yang berdurasi sekitar 1 menit ini diberi judul Bittersuite olehnya.

Perjalanan musik Zooey merambah dunia profesional sudah dirintisnya sejak berumur 20 tahunan. Dimasa itu Zooey sudah membuat demo sendiri untuk lagu-lagu ciptaannya sendiri yang disimpan di dalam komputer miliknya. Setalah bertemu dengan M. Ward, Zooey memiliki firasat yang sangat yakin bahwa M. Ward inilah yang memang nantinya akan membuat rekaman lagu-lagunya bersama-sama dengan Zooey. Sekalipun Zooey termasuk artist namun tampaknya Zooey adalah sosok yang pemalu. M. ward sendiri yang kemudian meyakinkan Zooey untuk memberinya demo lagu-lagu yang Zooey miliki. Setelah mendengarkan semua lagu-lagu Zooey, M. Ward merasa telah menemukan buah karya yang luar biasa yang sudah seharusnya didengar oleh publik. Lagu-lagu Zooey dirasa olehnya memberikan angin baru dalam komposisi sebuah musik ditahun milenium baru ini. Music Zooey dan M. Ward ini yang kemudian di berikan sentuhan agar memiliki cita rasa kembali ke tahun era 60-an dengan mengusung aliran indie pop[5].

Debut album Zooey dan M. Ward yang berjudul Volume One berhasil di rilis pada tahun 2008 dengan total 13 lagu berada di dalam album tersebut. Volume One berada dibawah payung perusahaan rekaman Merge Records dengan M. Ward sendiri yang menjadi produser dari rekaman album tersebut[6].

Penampilan panggung She & Him dinilai oleh banyak orang sebagai performance yang "membosankan", termasuk di dalamnya adalah fans baik dari Zooey maupun M. Ward. Berbeda dengan group musik atau duo lainnya, diatas panggung Zooey tampak sangat kaku. Hanya berdiri di depan mikrofon dan sesekali melihat kearah anggota band lainnya. Meskipun begitu Zooey selalu menyanyikan dan menikmati lagunya dengan sungguh-sungguh terlihat dari ekspresi wajah Zooey yang selalu penuh penghayatan ketika menyanyikan lagu yang dibawakannya. Salah satu opini dari penggemar She & Him mengatakan bahwa mereka lebih cocok untuk tampil di dalam sebuah gedung dimana para penontonnya duduk menikmati musik duo asal Amerika ini[rujukan?]. Hal ini bukan berarti She & Him kehilangan fans setianya. Kenyataan bahwa para penggemarnya menyadari akan performance Zooey dan M. Ward yang agak berbeda ini malahan memaklumi dan menjadikan aksi panggung mereka sebagai ciri khas dari performa panggung She & Him[rujukan?]

Album kedua She & Him yang di beri judul Volume Two sedang dalam proses penggodokan dan rencananya akan dirilis pada tahun 2010 nanti[rujukan?].

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film
Year Title Role Notes
1999 Mumford Vanessa Watkins
2000 Almost Famous Anita Miller
2001 Manic Tracy
2002 Good Girl, TheThe Good Girl Cheryl
2002 Abandon Samantha Harper
2002 Big Trouble Jenny Herk
2002 New Guy, TheThe New Guy Nora
2002 Sweet Friggin' Daisies Zelda Short film
2003 Whatever We Do Nikki Short film
2003 All the Real Girls Noel
2003 It's Better to Be Wanted for Murder Than Not to Be Wanted at All Gas Station Girl
2003 House Hunting Christy Short film
2003 Elf Jovie
2004 Eulogy Kate Collins
2005 Hitchhiker's Guide to the Galaxy, TheThe Hitchhiker's Guide to the Galaxy Trillian
2005 Winter Passing Reese Holden
2006 Failure to Launch Kit
2006 Live Free or Die Cheryl
2007 Good Life, TheThe Good Life Frances
2007 Go-Getter, TheThe Go-Getter Kate
2007 Bridge to Terabithia Ms. Edmunds
2007 Flakes Miss Pussy Katz
2007 Raving Katie Short film
2007 Surf's Up Lani Aliikai (voice)
2007 Assassination of Jesse James by the Coward Robert Ford, TheThe Assassination of Jesse James by the Coward Robert Ford Dorothy Evans
2008 Gigantic Happy Lolly
2008 Happening, TheThe Happening Alma Moore
2008 Yes Man Allison
2009 (500) Days of Summer Summer Finn
2010 Havin' a Summah "...more of a winter person" Video short (3:22)[7]
2011 Our Idiot Brother Natalie
2011 Your Highness Belladonna
Television
Year Title Role Notes
1998 Veronica's Closet Elena Episode: "Veronica's Fun and Pirates Are Crazy"
2002 Frasier Jen Episode: "Kissing Cousin"
2004 Cracking Up Heidi Episode: "Birds Do It"
2005 Once Upon a Mattress Lady Larken Film
2005 American Dad! Candy Striper Stripper / French Maid (voice) Episode: "Stan Knows Best"
2006–07 Weeds Kat 4 episode
2007 Tin Man DG Peran utama
2008,
2012,
2013
Simpsons, TheThe Simpsons Mary (suara) Episode: "Love Is a Many Splintered Thing",
"Moonshine River",
"Apocalypse Cow"
2009 Bones Margaret Whitesell Episode: "The Goop on the Girl"
2010 Funny or Die Presents Mary Todd Lincoln Sketch: "Drunk History Vol. 5"
2011–
sekarang
New Girl Jessica "Jess" Day suara
Juga produser
2012 Saturday Night Live Host / berbagai karakter Februari 11 episode
2013 American Dad! Pixie Dream Girl Episode: "Independent Movie"

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Soundtracks[sunting | sunting sumber]

Appearances on other albums[sunting | sunting sumber]

She & Him[sunting | sunting sumber]

Studio albums
Lagu
Soundtrack
  • 2009: Sweetheart "I Put A Spell On You" (Starbucks' CD)
  • 2007: The Go-Getter "When I Get To The Border"
  • 2009: (500) Days of Summer "Please, Please, Please, Let Me Get What I Want"

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f "From A to Zooey". fedge.com. 2009-08-13. Diakses 2009-08-13. 
  2. ^ "INTERVIEW: Zooey Deschanel on "The Hitchhiker's Guide to the Galaxy"". Cinema Confidential. 2009-08-13. Diakses 2009-08-13. 
  3. ^ a b "INTERVIEW: Zooey Deschanel on "Failure to Launch"". Cinema Confidential. 2009-08-13. Diakses 2009-08-13. 
  4. ^ a b "ELF WEEK! Interview with Zooey Deschanel". Cinema Confidential. 2009-08-13. Diakses 2009-08-13. 
  5. ^ a b c "She & Him in Paste Magazine". community.livejournal.com. 2008-11-22. Diakses 2009-08-13. 
  6. ^ "Biography". She & Him. 2008-11-22. Diakses 2009-08-13. 
  7. ^ "Havin' a Summah (2010) (V) – Full cast and crew". 
  8. ^ ":: The Playlist ::: Zooey Deschanel Forms Fictional Band, Munchausen By Proxy For Jim Carrey's 'Yes Man'". Theplaylist.blogspot.com. August 22, 2008. Diakses April 14, 2010. 
  9. ^ "Zooey Deschanel Does Synth Pop For The New Jim Carrey Flick". Stereogum. December 10, 2008. Diakses April 14, 2010. 
  10. ^ Hasty, Katie (January 31, 2008). "Ward Helps Deschanel Find Her Voice". Billboard. 
  11. ^ "Merge Records". Merge Records. December 8, 2009. Diakses April 14, 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]