Zenci Musa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zenci Musa

Zenci Musa adalah seorang prajurit Kesultanan Utsmaniyah yang berperang melawan imperialisme Barat. Ia dikenal karena melakukan perlawanan keras terhadap invasi Italia ke Tripoli pada tahun 1911.

Lahir di pulau Kreta pada tahun 1890-an, orang tuanya terpaksa bermigrasi dari Sudan ke wilayah kekuasaan Utsmaniyah ketika tentara Inggris menduduki negara mereka pada tahun 1898. Kakeknya pindah ke Kairo dan ketika Musa kehilangan ayahnya ketika ia masih muda, dia pindah ke Kairo untuk tinggal bersama kakeknya. Zenci Musa dan keluarganya adalah keluarga imigran yang terpaksa bermigrasi karena kondisi sosial politik waktu itu. Sebagai imigran dari Sudan, Zenci Musa menerima pendidikan formalnya di kota Mesir dan dibesarkan di lingkungan Turki. Dia belajar bahasa Turki pada usia yang sangat muda.

Selama pertempuran Tripoli, ia bertemu Enver Pasha dan Kuscubasi Esref Bey. Keduanya berperan besar dalam membentuk karier Musa. Ketika Kesultanan Utsmaniyah menghadapi ancaman militer lain dari Balkan, Musa diperintahkan meninggalkan Tripoli dan kembali ke Istanbul. Dipimpin oleh Bey, ia berpartisipasi dalam Perang Balkan.

Setelah perang, Zenci Musa menjadi pengawal pribadi Enver Pasha dan bergabung dengan dinas intelijen kekaisaran Teskilat-i-Mahsusa. Sebagai anggota badan intelijen, Zenci Musa banyak melakukan operasi penyamaran melawan pasukan Inggris. Di bawah komando Esref Bey, ia juga mengambil bagian dalam Kampanye Terusan dan berupaya menggalang dukungan dari beberapa suku Arab.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]