Zafarullah Khan Jamali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mir Zafarullah Khan Jamali (Bahasa Urdu: میر ظفراللہ خان جمالی) (lahir 1 Januari 1944) adalah mantan Perdana Menteri Pakistan.

Lahir di Baluchistan, Jamali menjabat sebagai Perdana Menteri Pakistan pertama yang lahir dari provinsi itu. Ia menyelesaikan pendidikan dasarnya di Baluchistan dan pendidiak menengahnya di Aitchison College di Lahore. Ia meraih gelar master dari Government College of Lahore dalam ilmu sejarah.

Pada tahun 1970-an ia menjabat sebagai menteri dari Partai Rakyat Pakistan untuk provinsi asalnya. Pada tahun 1980-an ia bekerja dalam pemerintahan Jenderal Muhammad Zia-ul-Haq sebagai menteri dalam berbagai departemen. Beberapa kali ia hampir diangkat menjadi Perdana Menteri, namun gagal. Namun, ia menjadi menteri kepala di Baluchistan dalam pemerintahan provinsi dalam kabinet Jenderal Rahimuddin Khan selama beberapa kali.

Pada 1990-an ia diangkat menjadi anggota penting Liga Muslimin Pakistan. Namun, setelah tersingkirnya Nawaz Sharif, Jamali bergabung dengan faksi baru dari partai itu yang dibentuk untuk mendukung Jenderal Pervez Musharraf.

Ia dipilih sebagai Perdana Menteri oleh Parlemen Pakistan pada 21 November 2002 setelah pemilihan umum pada Oktober 2002. Ini adalah pemilu pertama yang berlangsung di Pakistan setelah kudeta 1999 oleh Jenderal Musharraf. Pemilihannya sebagai perdana menteri terjadi setelah berminggu-minggu perundingan politik karena tak ada satu partaipun yang memperoleh kemenangan mayoritas. Jamali mendapatkan posisi itu setelah anggota-anggota Partai Rakyat Pakistan membelot ke Liga Muslimin Pakistan untuk mendukungnya.

Sebagai perdana Menteri, ia dianggap dekat dengan Presiden Musharraf, dan mendukung kebijakan-kebijakan politik dan ekonomi Musharraf. Jamali mengawasi sebuah koalisi politik yang luas, dan berjanji mengusahakan pemulihan demokrasi di Pakistan. Namun, ia mengundurkan diri pada 26 Juni 2004. Chaudhry Shujaat Hussain menggantikannya sebagai perdana menteri sementara. Alasan-alasan pengunduran dirinya tidak jelas, tapi banyak yang berspekulasi bahwa itu diakibatkan karena memburuknya hubungannya dengan Chaudhry Shujaat.

Pada 2006, ia menjadi presiden Federasi Hoki Pakistan, sebuah olah raga kegemarannya sejak lama. Ia pernah bermain hoki untuk provinsi Punjab, menjabat sebagai chef de mission untuk tim Olimpiade 1984, dan kepala tim seleksi untuk tim nasional.[1]


Didahului oleh:
Nawaz Sharif dan
Jenderal Pervez Musharraf
(sebagai Kepala Eksekutif
Perdana Menteri Pakistan
21 November 200226 Juni 2004
Diteruskan oleh:
Chaudhry Shujaat Hussain

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Former PM Jamali named PHF president The Nation, 23 Agustus 2006 diakses [1] 4 Okt. 2006