Yuzhael Berengar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Yuzhael Berengar[1] merupakan seorang Graf Rennes pada pertengahan sampai akhir abad ke-10. Terdapat konflik di dalam riwayat asal usulnya, satu solusi populer membuatnya menjadi putra dan pewaris Graf Berengar (kadang diidentifikasikan dengan Berengar dari Rennes, kadang dengan cucu maternalnya pria tersebut dengan nama yang sama[2]) dengan seorang putri Gurwant, Adipati Bretagne. Namun pada koleksi abad ke-11 Angevin genealogi menunjukkan ia adalah putra Paskwezhen, putra Alan I, Raja Bretagne.

Ia pertama kali didokumentasikan sebagai graf pada tahun 944. Ia menyaksikan piagam Alan II, Adipati Bretagne, dan setelah kematiannya akhirnya jatuh ke dalam tangan Wicohen, Uskup Agung Dol, sumber kemudian melaporkan penyelamatan Judicael dan istrinya (yang tak diketahui namanya) oleh putra Conan. Ia sepertinya telah tiada pada tahun 979, ketika putranya berada di istana Eudes I, Graf Blois.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Juhel, Judhel, Judhael dalam sumber-sumber Breton, Berengarius atau Berengarii dalam bahasa Frankia, kadang-kadang kedua nama itu disebut bersama.
  2. ^ Tidak ada bukti primer mengenai Graf Berengar muda selain dari laporan yang menyebut Juhel sendiri menggunakan nama lain Frankia-nya.