Gurwant

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gurwant, Adipati Bretagne)
Langsung ke: navigasi, cari

Wrhwant, Gurwant, Gurwent atau Gurvand (bahasa Latin: Vurfandus) (wafat 876) merupakan seorang pewaris atas Wilayah Adipati Bretagne dari tahun 874 sampai kematiannya di dalam oposisi dengan Pascweten, Pangeran Vannes.

Gurwant terlibat di dalam suatu konspirasi pembunuhan Salomon pada tahun 874. Akan tetapi, ia berasal dari faksi yang berada di luar istana Salomon dan ia berasal dari barat laut Bretagne, di mana basis kekuasaannya mungkin berada di Rennes. Namun ia tidak pernah digelari sebagai "Pangeran".[1] Ia mengerahkan 200 orang untuk memerangi Viking pada tahun 874.[2] Setelah kematian Salomon, ia dan Pascweten membagi negara tersebut di antara mereka, meskipun Regino dari Prüm mencatat bahwa pemimpin kemudian menerima sejumlah bagian yang lebih besar. Kedua segera bertengkar dan bertikai atas suksesi. Ia wafat pada pertengahan tahun 876 dan putranya Judicaël menjadi pewarisnya.

Istrinya adalah putri Erispoë, dan di dalam beberapa silsilah yang direkonstruksi putri mereka menikah dengan Bérenger dari Rennes.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Smith, Julia M. H. Province and Empire: Brittany and the Carolingians. Cambridge University Press: 1992.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, 121.
  2. ^ Smith, 30 and n86.
Didahului oleh:
Salomon
Adipati Bretagne
diragukan dengan Pascweten

874–876
Diteruskan oleh:
Judicaël
and Alain I