Ystad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ystad (bahasa Denmark: Ysted) adalah sebuah kota berpenduduk 17.286 (2005) di bekas provinsi Skåne, Swedia dan ibukota Kotamadya Ystad, Daerah Skåne, di bagian selatan negeri ini.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-13, kota ini didirikan di muara Vassån, sebuah sungai kecil. Biara Gråbrödraklostret, dari Ordo Fransiskan, diselesaikan di pertengahan abad itu.

Sebuah jalan di Ystad tengah
Gereja Santo Petri

Kini[sunting | sunting sumber]

Beberapa industri utama kota seperti perdagangan, kerajinan tangan, dan pariwisata. Kota ini dianggap sebagai kota paling lestari di provinsi Skåne, dan sedikit kota di Swedia bisa memiliki sifat seperti itu dengan rumah nan indah dan jaringan jalan.

Kota ini memiliki 2 gereja Abad Pertenghan: Gereja Santo Petri dan Gereja Santa Maria yang dipengaruhi oleh arsitektur Hansa Gothik yang dapat dilihat di kota-kota sekitar Laut Baltik, seperti di Helsingborg, Malmo dan Rostock.

Ystad dikenal mendunia sebagai latar bagi sebagian besar novel karya Henning Mankell, menampilkan inspektur polisi fiktif dari Ystad Kurt Wallander.

Ada feri yang acapkali ke Bornholm, Denmark dan Świnoujście, Polandia. Kota ini memiliki jalur KA yang menghubungkannya ke Malmö, Simrishamn dan Kopenhagen.

55°25′LU 13°50′BT / 55,417°LU 13,833°BT / 55.417; 13.833