Yee sang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Yusheng
Singapore Yusheng.jpg
Asal
Nama alternatif Yee sang, yuu sahng, prosperity toss, lo hei
Tempat asal Singapura, Malaysia, Indonesia (Bangka)
Rincian
Bahan utama ikan mentah (umumnya salmon), irisan halus sayuran, berbagai jenis saus dan bumbu
Informasi lain Dihidangkan untuk merayakan Tahun Baru Imlek

Yee sang atau yusheng (Sederhana: 鱼生; pinyin: yúshēng) adalah masakan Tiochiu berupa salad ikan segar ditambah irisan halus sayuran seperti wortel dan lobak. Daging ikan yang dipakai adalah irisan ikan tuna atau ikan salem yang sebelumnya bisa sudah direndam dalam campuran minyak wijen, minyak goreng, dan merica. Saus dibuat campuran minyak (minyak goreng dan minyak wijen) dengan tambahan saus buah prem, gula pasir, dan bubuk kayu manis.

Aksara Tionghoa untuk ikan () dan berkelebihan () sama-sama dibaca sebagai . Aksara Tionghoa untuk yúshēng (鱼生) juga homofon dengan yúshēng (余升) yang berarti meningkatnya kelimpahan. Oleh karena itu, makanan ini dipercaya sebagai simbol kelimpahan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya.

Tradisi[sunting | sunting sumber]

Di Singapura dan Malaysia, yee sang adalah hidangan khusus untuk Tahun Baru Imlek. Makanan ini dihidangkan sebagai makanan pembuka, dan biasanya dimakan pada hari Renri (hari ke-7 bulan pertama kalender Imlek).

Saus dihidangkan terpisah dan dicampur sendiri dengan sumpit oleh orang yang memakannya. Menurut tradisi, ketika diaduk dengan saus, ikan dan sayuran harus diangkat tinggi-tinggi di atas piring. Semakin tinggi yee sang terangkat, maka semakin baik pula peruntungan pada tahun yang baru. Yee sang diaduk bersama-sama oleh orang yang duduk satu meja sambil saling mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Tradisi mengaduk yee sang dan mengangkatnya tinggi-tinggi disebut lo hei (撈起 atau 捞起).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nelayan sepanjang pesisir Guangzhou merayakan Renri (hari ke-7 Tahun Baru Imlek) dengan berpesta hasil tangkapan ikan.[1] Tradisi ini diperkirakan dimulai di Chaozhou dan Shantou sejak zaman Dinasti Song Selatan.[rujukan?] Pada masa penjajahan Inggris di Malaya, tradisi merayakan Renri dibawa oleh pendatang dari Cina. Kios pedagang bubur menyediakan hidangan ikan mentah yang diperkirakan sebagai makanan khas Jiangmen, Provinsi Guangdong. Hidangan tersebut terdiri dari irisan ikan, lobak, dan wortel yang diberi saus. Pembeli menuangkan sendiri saus yang dibuat dari campuran minyak, cuka, dan gula.

Hidangan yee sang versi modern diciptakan pada tahun 1964 di rumah makan Lai Wah, Singapura. Penciptanya adalah empat orang juru masak bernama Lau Yeok Pui, koki kepala bernama Tham Yui Kai, serta Sin Leong dan Hooi Kok Wai. Mereka dulunya rekan sekerja di dapur rumah makan Cathay di Gedung Cathay, Singapura.[2]

Versi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Selain dimakan oleh warga Tiochiu yang bermukim di Malaysia, Singapura atau Indonesia, terdapat versi Yee Sang yang berasal dari masakan Hakka khas Bangka, yaitu "Ng-sang" (鱼生; ikan segar). Ng-sang khas Bangka terbuat dari potongan halus ikan mentah dan diaduk dengan saus kacang dan sayur-sayuran. Ng-sang biasanya dimakan pada saat Imlek, namun sekarang sudah menjadi makanan yang bisa disajikan kapan saja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lim, Solomon (18 Januari 2003). "(unknown title)". The Sunday Times (Singapore Press Holdings). hlm. L37. 
  2. ^ "Yu Sheng". National Library Board Singapore,. 1 January 2002. Diakses 5 February 2008.  Text " Author: Tan, Bonny ; Rakunathan Narayanan " ignored (help); Text " Subject: Ethnic Communities / Food/ Chinese New Year--Singapore Cookery, Chinese Singapore--Social life and customs People and communities>>Customs>>Festivities " ignored (help); Text " Language: English " ignored (help); Text " Publisher: National Library Board Singapore, " ignored (help)