Yayasan Katalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Yayasan Komunitas untuk Transformasi Sosial, disingkat KATALIS didirikan Pada 22 Maret 2000. Bersetting pada tahun-tahun awal reformasi kehidupan nasional, sekelompok aktivis muda pegiat gerakan reformasi menggagas hadirnya sebuah lembaga yang dimaksudkan untuk ikut serta mengawal proses reformasi, demokrasi dan transformasi sosial di Indonesia.

Nama KATALIS dalam disiplin keilmuan merujuk pada satu senyawa yang secara aktif membantu proses reaksi kimia membentuk atau menghasilkan produk senyawa baru. Senyawa baru itulah Indonesia Adil, Cerdas, Bermartabat, Berakhlak dan Demokratis sebagaimana Visi KATALIS.

Diawali oleh beberapa mantan aktivis mahasiswa seperti: Anas Urbaningrum, Nur Iswan, Kurnia Danuadji, Suratman, Supardji Ahmad, M Alfan Alfian M, Syahrin Hamid, Andi Soebjakto Molonggato, dan disokong oleh aktivis lebih senior antara lain: Aziz Bahalwan, Muhammad Najib, Husni Syawie, Hasbullah Syawie, dan MAM. Oktataufik, KATALIS memompa gerakan pemikiran dan berbagai program yang diikhtiarkan untuk menopang demokrasi dan transformasi sosial di Indonesia.[butuh rujukan]