Yamaha OX-99-11

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Yamaha OX-99-11

Yamaha OX-99-11supercar buatan Ypsilon Technology, salah satu anak perusahaan Yamaha. Mobil ini dirancang oleh Takuya Yura, pada tahun 1992 silam, beberapa tahun sesudah pabrikan masuk dunia balap Formula One sebagai penyedia mesin.

Namun karena kondisi perekonomian Jepang yang mengalami resesi saat itu, produksinya tidak besar. Analisanya, bila diproduksi massal, akan kesulitan mendapatkan pembeli pada waktu krisis tersebut. Terpaksa proyek OX99-11 mangkrak, serta diabaikan tahun 1994, dan hanya sempat dibuat total 3 unit saja. Satu unit sebagai model prototipe, duanya lagi versi produksi dengan IAD yang punya kelir hitam dan merah, Pengembangannya sebenarnya dirahasiakan oleh dua pabrikan tersebut. Saat diuji coba saja, teknisnya dilakukan saat malam hari di lintasan Proving Ground Millbrook di Inggris.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Supercar ini dibekali jantung mekanis jet darat Formula One dengan kode OX99-11. Makanya, supercar ini selalu dapat julukan mobil F1 versi legal dari Yamaha.

Dengan konfigurasi mesin 3.500 cc V12, di atas kertas dapat menjanjikan tenaga hingga 400 dk pada 11.000 rpm lewat transmisi manual 6-percepatannya.

Dayanya itu bisa membuatnya lari kencang hingga kecepatan puncak 322 km/jam dan 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik.

Referensi[sunting | sunting sumber]