Xiezhi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Xiezhi di Museum Istana, Beijing.

Xiezhi (獬豸) adalah binatang dalam mitologi Cina dan Korea yang dijuluki Anjing Pemakan Api. Xiezhi yang memakan api dijadikan sebagai lambang pelindung dari api dan kebakaran. Di Korea, patung dan gambar xiezhi banyak terdapat di bangunan-bangunan kuno berarsitektur kayu. Di Korea, hewan ini disebut haetae (해태).

Xiezhi adalah hewan yang dapat membedakan mana benar atau salah, baik atau jahat. Selain itu, xiezhi juga memiliki tanduk. Apabila ia melihat pertengkaran atau perselisihan, tanduknya akan ia arahkan ke pihak yang berbuat salah. Ia selalu jujur bahkan jika pihak yang bersalah adalah kaisar.

Dalam buku tentang pakaian istana dari Dinasti Han tertulis "Topi Keadilan dibuat untuk mereka yang menjalankan hukum negara, dan Topi Xiezhi adalah topi yang melambangkan keadilan". Pada zaman Dinasti Qing, peraturan mewajibkan para penulis resmi, komisaris pengawas dan inspektur polisi memakai seragam yang dilengkapi sulaman berpola xiezhi guna mengingatkan mereka agar bekerja dengan adil dan jujur. Puyi, kaisar Cina yang terakhir, menyebutkan bahwa ia memiliki patung xiezhi di depan meja kerjanya sebagai pengingat bahwa ia harus adil dalam memerintah.