Kitsutsuki Tantei-dokoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kitsutsuki Tantei-dokoro
Sampul novel
啄木鳥探偵處
(Kitsutsuki Tantei-dokoro)
GenreMisteri[1]
Novel
PengarangKei Ii
PenerbitTokyo Sogensha
Terbit1999
Seri anime
SutradaraShinpei Ezaki (kepala)
Tomoe Makino
SkenarioTaku Kishimoto
MusikMONACA
StudioLiden Films
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, BS Fuji, CS Family Gekijo
Saluran bahasa Inggris
Tayang 13 April 2020 29 Juni 2020
Episode12
 Portal anime dan manga

Kitsutsuki Tantei-dokoro (Jepang: 啄木鳥探偵處), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Woodpecker Detective's Office, adalah seri novel Jepang tahun 1999 yang ditulis oleh Kei Ii. Adaptasi seri televisi anime dari novel ini diproduksi oleh Liden Films dan ditayangkan mulai tanggal 13 April hingga tanggal 29 Juni 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berlatar di era Meiji, novel ini adalah versi fiksi dari penyair Takuboku Ishikawa dan ahli bahasa Kyōsuke Kindaichi. Takuboku Ishikawa adalah seorang detektif swasta dan bersama sahabatnya, Kyōsuke Kindaichi, mereka menyelidiki dugaan hantu yang menghantui menara Ryōunkaku.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Takuboku Ishikawa (石川 啄木, Ishikawa Takuboku)
Pengisi suara: Shintarō Asanuma[2]
Seorang penyair jenius dan junior Kyōsuke Kindaichi di SMP. Ia sangat ceroboh dengan uang dan wanita cantik, tetapi ia tidak bisa membenci apapun.
Kyōsuke Kindaichi (金田一 京助, Kindaichi Kyōsuke)
Pengisi suara: Takahiro Sakurai[2]
Seorang dosen paruh waktu di Universitas Kokugakuin. Ia berkepribadian lembut dan sangat menyukai bakat Takuboku Ishikawa. Ia sangat lemah terhadap permintaan Takuboku.
Kodō Nomura (野村 胡堂, Nomura Kodō)
Pengisi suara: Kenjiro Tsuda[3]
Seorang mahasiswa di Universitas Kekaisaran Tokyo. Ia adalah teman sekelas Kyosuke di SMP dan senior Takuboku. Ia sangat peduli dan manusiawi. Ia menulis "Zenigataheiji Torimono Hikae".
Tarō Hirai (平井 太郎, Hirai Tarō)
Pengisi suara: Kenshō Ono[3]
Seorang mahasiswa sastra yang penasaran dengan kasus yang ditangani oleh Takuboku. Ia dapat mengawasi orang dan menunjukkan penalaran sebaik orang dewasa.
Isamu Yoshii (吉井 勇, Yoshii Isamu)
Pengisi suara: Sōma Saitō[3]
Seorang pria yang baik, tetapi ia sedikit kasar. Ia melihat Takuboku sebagai saingannya. Kemudian, ia menjadi terkenal karena menulis lagu populer "Gondola no Uta".
Sakutarō Hagiwara (萩原 朔太郎, Hagiwara Sakutarō)
Pengisi suara: Yūichirō Umehara[3]
Seorang pria dengan kepribadian pemalu dan lembut, tetapi ia memiliki sisi seperti sahabat. Ia dijuluki bapak puisi modern.
Ryūnosuke Akutagawa (芥川 龍之介, Akutagawa Ryūnosuke)
Pengisi suara: Yukiya Hayashi[3]
Seorang siswa SMP yang keren. Ia selalu mengatakan sesuatu yang membuatnya gugup. Ia sangat mengagumi Sōseki Natsume.
Bokusui Wakayama (若山 牧水, Wakayama Bokusui)
Pengisi suara: Makoto Furukawa[3]
Seorang mahasiswa yang aktif sekaligus penyair di Universitas Waseda. Ia adalah seorang peminum berat sekaligus sebagai orang bebas yang suka bepergian dan dengan kecepatannya sendiri. Ia membuat suasana hati dengan dasar yang cerah.
Mori Ōgai (森 林太郎, Mori Rintarō)
Pengisi suara: Junichi Suwabe[3]
Seorang jenderal militer kenalan Takuboku.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

Novel Kitsutsuki Tantei-dokoro merupakan seri novel Jepang yang ditulis oleh Kei Ii. Novel ini diterbitkan dalam volume tankōbon oleh penerbit Tokyo Sogensha pada tahun 1999. Pada tahun 2008, edisi terbaru novel ini diterbitkan dalam volume bunkobon.[4]

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari novel ini diumumkan pada tanggal 22 Maret 2019. Seri ini diproduksi oleh Liden Films, dengan Tomoe Makino sebagai sutradara dan Shinpei Ezaki sebagai kepala sutradara. Taku Kishimoto berperan sebagai penulis naskah, sedangkan Shuichi Hara berperan sebagai perancang karakter dan MONACA berperan sebagai penyusun musik.[5] Seri ini ditayangkan mulai tanggal 13 April hingga tanggal 29 Juni 2020 di Tokyo MX, BS Fuji dan CS Family Gekijo.[1] Makoto Furukawa membawakan lagu tema pembuka seri ini yang berjudul "Honjitsu mo Makoto ni Seiten Nari" (本日モ誠ニ晴天也), sedangkan NOW ON AIR membawakan lagu tema penutup seri ini yang berjudul "Gondola no Uta" (ゴンドラの唄).[3]

No.Judul [6]Tanggal tayang asli
1"A Pleasant Occupation"
Transkripsi: "Kokoroyoi shigoto" (こころよい仕事)
13 April 2020 (2020-04-13)
Sepuluh tahun setelah kematian Takuboku Ishikawa, Kyōsuke Kindaichi mengunjungi rumah kos "Kabirakan" untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama. Sepuluh tahun yang lalu, Takuboku pergi untuk melihat ruang tunggu antara Kyōsuke dan Asakusa, yang tinggal di asrama yang sama, dan menemukan seorang pria, Tatsukichi Hoshino, yang terbunuh di dalam kamar. Takuboku dituduh melakukan pembunuhan oleh polisi, tetapi Takuboku menghilangkan kecurigaan dari tempat kejadian. Segera setelah itu, Takatoshi Oguri, kepala tambang tembaga Arakawa, ditangkap dan surat tuntutan berlumuran darah dan senjata ditemukan, tetapi Takuboku memulai penyelidikannya sendiri. Takuboku memanggil inspektur Oyama dan Mori Ōgai ke rumah keluarga Oguri dan surat tuntutan yang ditemukan di rumah itu adalah surat palsu. Namun, surat itu dibuat oleh Takuboku untuk membuktikan bahwa Takatoshi Oguri tidak bersalah. Takuboku akan keluar dari kos karena uang sewa yang belum dibayar, tetapi Kyōsuke menjual koleksinya dan memberinya 40 yen. Takuboku memasang papan nama "Kitsutsuki Tantei-dokoro" di depan kamar kosnya.
2"A Red-light District Woman"
Transkripsi: "Makutsu no Onna" (魔窟の女)
20 April 2020 (2020-04-20)
Takuboku mendesak Kyōsuke, seorang pria lurus, untuk pergi ke lokalisasi di Asakusa. Takuboku memungkinkan Kyōsuke bertemu dengan seorang gadis bernama Otaki di lokalisasi terkenal bernama "Hananoya". Namun, Kyōsuke melarikan diri ke kamar tanpa menyentuhnya. Dikatakan bahwa polisi muncul di sana dan memberitahu bahwa Otaki ditikam dan Takuboku bersaksi bahwa Kyōsuke dan Otaki bersama. Keesokan paginya, Kyōsuke sangat marah pada Takuboku yang mabuk dan pulang. Mereka berdua memutuskan bahwa mereka adalah pelakunya dan berdebat, tetapi Kyōsuke ditangkap.
3"Casual Remarks"
Transkripsi: "Sarigenai kotoba" (さりげない言葉)
27 April 2020 (2020-04-27)
Kodō Nomura, Isamu Yoshii dan Sakutarō Hagiwara berkumpul di kedai Kikudaisha untuk menyimpulkan kriminal dari kasus Otaki tersebut untuk menyelamatkan sahabatnya, Kyōsuke. Sōseki Natsume dan Ryūnosuke Akutagawa juga bergabung, tetapi kebenarannya tidak dapat dipahami. Seorang siswa bernama Tarō Hirai juga muncul di sana. Tarō yang juga menginap di Kabirakan, mengungkapkan bahwa Otaki mengunjungi Kabirakan sehari sebelumnya dan bahwa ia mengikuti Takuboku dan Kyōsuke, disimpulkan bahwa Otaki datang ke Tokyo tidak dapat membayangkannya dan bunuh diri. Takuboku mengaku bahwa ia membenci sikap cemberut Kyōsuke dan memaksa Kyōsuke ditangkap oleh polisi, lalu Takuboku menjemput Kyōsuke yang bebas.
4"Strange Stories of the High Tower"
Transkripsi: "Kōtō kitan" (高塔奇譚)
4 Mei 2020 (2020-05-04)
Muncul reputasi bahwa ada hantu wanita di menara Ryōunkaku. Takuboku menantang misteri hantu itu atas permintaan Rokuro, model Asakusa. Ketika Takuboku menunjukkan bahwa wartawan surat kabar sekaligus sahabatnya, Yamaoka, mulai menulis artikel hantu, hantu wanita itu mulai muncul dan Yamaoka menggumam "Nodonotsuki" (artinya "Tenggorokan Bulan") dan pergi. Takuboku diperkenalkan oleh Rokuro ke Matsukichi, operator lentera hantu di menara Ryōunkaku, tetapi Matsukichi terbunuh sebelum ia bertemu Takuboku. Matsukichi adalah penemu pertama kasus pembunuhan wanita yang terjadi dua bulan lalu. Ketika Takuboku dan Kyōsuke menyalakan bayangan hantu dan mengarahkannya ke lantai 12 menara Ryōunkaku dengan lentera, Rokuro dan seorang polisi muncul. Takuboku menunjukkan bahwa Rokuro membunuh kekasih Yamaoka, lalu Yamaoka menulis artikel untuk menemukan penjahatnya dan meminta Matsukichi untuk membantu mencarinya dengan hantu lentera ajaib dan Rokuro membunuh Matsukichi. Rokuro ternyata memiliki bekas luka di tenggorokannya hingga Yamaoka datang dan melihatnya, lalu Yamaoka melompat dari lantai 12 bersama Rokuro, penjahat sejati, untuk membalas dendam.
5"Accursed Beast"
Transkripsi: "Nikui an chikushō" (にくいあん畜生)
11 Mei 2020 (2020-05-11)
Takuboku membaca "Jashūmon" karya Hakushu Kitahara dan iri dengan bakatnya. Di Kikudaisha, Isamu, Sakutarō dan Bokusui Wakayama, yang mendambakan seorang wanita bernama Kiku Yokoyama, menyanyikan sebuah lagu. Isamu menyatakan perasaannya kepada Kiku, tetapi Kiku telah memiliki kekasih. Gadis yang akrab dengan Takuboku, Oen, mengunjungi Kabirakan, lalu Oen menyerahkan uang tunai kepada Takuboku dan Kyōsuke dan pergi. Setelah ia kembali, Takuboku dengan pakaian baru muncul dan atas permintaan orang kaya itu, Takuboku membujuk Oen untuk menerima kontrak dan hadiah, dan Oen berkata bahwa ia datang untuk menyerahkan perpisahan. Kyōsuke marah ketika Takuboku menjual Oen dan persahabatannya dengan Takuboku berakhir.
6"Honeysuckle"
Transkripsi: "Suikazura" (忍冬すいかずら)
18 Mei 2020 (2020-05-18)
Pada bulan Desember, dilaporkan di surat kabar bahwa aktor terkenal Otojirō Tachibana digigit dan dibunuh oleh boneka hidup "Kinginka". Dikatakan bahwa boneka itu berkeliaran setiap malam. Seorang junior bernama Senjaku Yūki ditangkap, tetapi kekasihnya, Kiku, percaya pada kepolosan Senjaku dan meminta tolong kepada Isamu. Takuboku, yang putus dengan Kyōsuke, memulai penyelidikan dengan Isamu dan pergi ke pameran boneka di Asakusa untuk melihat boneka pemakan manusia. Takuboku dan Isamu menyelinap ke pameran boneka di malam hari dan memanggil Kiku. Takuboku menyimpulkan bahwa Otojirō, yang terobsesi dengan boneka, menyuruh Senjaku membawa boneka setiap malam dan terbunuh dalam upaya mengambil Kiku sebagai bonekanya dan Senjaku menjadi penggantinya. Mereka berdua diserang oleh Kiku, tetapi Kyōsuke, yang diam-diam mengikuti mereka, berteriak memanggil polisi dan lolos dari serangan itu. Kiku ditangkap saat fajar dan Isamu menyanyikan lagu patah hati.
7"Gentleman Thief"
Transkripsi: "Shinshi tōzoku" (紳士盗賊)
25 Mei 2020 (2020-05-25)
Seorang pria yang mengaku sebagai reporter Asahi Shimbun ditangkap karena mencuri 5.000 yen dari sebuah perusahaan besar. Namun, 5.000 yen hilang dan hadiah 500 yen diberikan. Kyōsuke masih belum baik dengan Takuboku, tetapi ia memperhatikan bahwa teks sandi dimasukkan ke dalam koin dua sen dari perubahan rokok yang dibeli oleh Takuboku. Kyōsuke mengira teks sandi itu adalah kode pencuri itu dan membiarkan Tarō memecahkan kodenya. Keesokan harinya, Kyōsuke mendapatkan 5.000 yen yang disembunyikan oleh pencuri itu di toko alat peraga dan menunjukkannya kepada Takuboku. Takuboku memuji Kyōsuke dan mengusulkan untuk berbaikan. Ketika Kyōsuke berdamai dengan Takuboku, Takuboku mengungkapkan bahwa ia membuat semua uang kertas 5.000 yen palsu. Dalam perjalanan kembali dari kedai Kikudaisha, Takuboku batuk berdarah.
8"Young Man"
Transkripsi: "Wakaki otoko" (若きおとこ)
1 Juni 2020 (2020-06-01)
Takuboku, yang menderita batuk berdarah, menerima kunjungan dokter, tetapi ia menanggapi Kyōsuke bahwa ia telah membaik. Kayo, si pelayan, membawa seorang pemuda yang telah menerima surat ancaman di rumahnya, tetapi Takuboku menolak permintaan itu dan meninggalkan rumah kos di tengah hujan. Di kedai Kikudaisha, diceritakan bahwa Sonobe, seorang produser sandiwara yang ditangkap karena kasus kematian tidak sengaja seorang aktor bernama Kagami di Asakusa yang dikenal sebagai manusia kelelawar, dibebaskan. Kyōsuke khawatir ketika ia melihat syair yang ditulis Takuboku, tetapi Isamu dan rekan-rekannya tidak menanggapinya. Takuboku, yang berada di tepi sungai, didekati oleh seorang pemuda kenalan Kayo itu dan dipandu ke rumahnya. Pemuda itu adalah istri Sonobe, Tamaki, yang berpakaian seperti laki-laki. Tamaki tidak setia dan menyukai Kagami, tetapi Kagami meninggal dalam kecelakaan kerja setelah Kagami menyiapkan surat tuntutan untuk mengungkap kesalahan Sonobe. Setelah itu, surat ancaman datang dari adik Kagami. Tamaki meminta Takuboku untuk menemukan adik Kagami. Takuboku terpesona oleh Tamaki, lalu Tamaki memanggil Takuboku dan memberitahu bahwa ia telah menerima surat ancaman dan merasa bahwa adik Kagami tampaknya mengawasi mereka berdua.
9"Events Fulfilled"
Transkripsi: "Tsukamatsu togeshi koto" (仕遂げしこと)
8 Juni 2020 (2020-06-08)
Takuboku menemukan kancing baju adiknya di balik genteng rumah Tamaki. Tamaki mengungkapkan bahwa suaminya, Sonobe, bersembunyi di gereja untuk menutupi perdagangan anak-anak. Ketika Takuboku mendengar bahwa hantu muncul di rumah Kagami yang sudah meninggal, ia pergi untuk menyelidiki bersama Kyōsuke. Tarō menahan pengemis yang tinggal di sana dan Takuboku berlari ke rumah keluarga Sonobe ketika ia mendengar bahwa ada kemeja dengan kancing di ruangan itu. Tamaki mengeluh bahwa Sonobe ditarik keluar jendela dan dibunuh, tetapi Takuboku mengetahui bahwa tuduhan dan pembunuhan itu adalah ulah Tamaki. Sonobe yang diselamatkan muncul bersama polisi dan Tamaki ditahan, tetapi Tamaki langsung menyerang Sonobe dengan pisau dan Tamaki ditikam oleh Sonobe hingga tewas karena Sonobe membela diri.
10"Over Many Mountains and Rivers"
Transkripsi: "Iku yamakawa" (幾山河)
15 Juni 2020 (2020-06-15)
Setelah kematian Tamaki, Takuboku yang marah menulis sebuah novel berdasarkan Tamaki dan dirinya sendiri, lalu ia membawa hasilnya ke Sōseki Natsume, tetapi tidak dihargai. Takuboku menghilang di Hanamachi dengan uang yang dipinjam oleh Kyōsuke, lalu ia diintimidasi oleh Isamu dan Sakutarō karena perilakunya. Upaya membunuh Sonobe untuk membalas kematian Tamaki gagal, lalu Takuboku terpojok hingga mengiris perutnya dengan pisau cukur. Namun, ketika Takuboku mendengar kegembiraan bepergian dari Bokusui, ia kembali ke kampung halamannya di Morioka. Kyōsuke menemukan Takuboku dan memberitahunya bahwa Kyōsuke tidak akan membiarkan Takuboku mati dan akan melindunginya hingga Takuboku menangis.
11"The Hour of Demons"
Transkripsi: "Omagatoki" (逢魔が時)
22 Juni 2020 (2020-06-22)
Kyōsuke mengunjungi Sakutarō dan kliennya, Kahei Naritaya, atas nama Takuboku, yang kondisi fisiknya buruk. Anak-anak menghilang satu demi satu dalam kelompok pedagang tanpa akhir yang sama dengan Naritaya, tetapi mereka semua kembali dalam beberapa hari. Namun, anak Naritaya yang berusia satu tahun telah hilang selama sebulan. Takuboku melanjutkan penyelidikan rahasia sambil mempersiapkan penerbitan novel. Sebuah surat ancaman yang meminta tebusan tiba di rumah keluarga Naritaya, lalu Kodō menangkap penjahat di tempat pengiriman uang tebusan, tetapi ia adalah penjahat pendukung yang mencari emas. Tiba-tiba, anak Naritaya kembali dan kasusnya terselesaikan, tetapi Takuboku, yang tidak terkejut, datang ke rumah keluarga Naritaya bersama gundik Kahei, Ochō, dan mengungkapkan bahwa penculikan itu dilakukan karena Ochō menukar putranya sendiri, yang merupakan anak hasil darinya dan Kahei, dengan putra Kahei dan istrinya demi hidup yang lebih baik.
12"Pale Blue Skies"
Transkripsi: "Sōkū" (蒼空)
29 Juni 2020 (2020-06-29)
Takuboku, yang menyelidiki hubungan antara surat tuduhan yang dimulai dengan Tatsukichi Hoshino dan kasus pembunuhan lainnya, menyimpulkan bahwa ada pelapor X yang merupakan penjahat sejati yang memerintahkan mereka dari belakang. Takuboku dan Kyōsuke mengejar seorang pria bernama Naruse yang keluar dari gereja. Takuboku mengadakan pesta ulang tahun untuk Kyōsuke di Ushinabeya dengan uang Kyōsuke dan mengundang Naruse. Keesokan paginya, Takuboku pergi ke gereja dan meninggalkan semua orang yang mabuk. Pelapor X yang sebenarnya adalah Kayo, yang menghasut untuk menulis pengaduan kepada mereka yang ingin bunuh diri di ruang pengakuan dosa gereja. Namun, Takuboku mengabaikan bahwa semua hal yang dipicu oleh Kayo, termasuk Tatsukichi, adalah bunuh diri dan Kayo tidak melakukan apapun. Kayo meninggalkan Tokyo dengan kereta api. Isamu menyanyikan "Gondola no Uta" di Kikudaisha tempat semua orang berkumpul. Sepuluh tahun kemudian, Kyōsuke, yang mengunjungi rumah kos Kabirakan, meninggalkan novel "Kanashiki Omocha" di kamar Takuboku.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Woodpecker Detective's Office Novel Gets Spring 2020 TV Anime". Anime News Network. 22 Maret 2019. Diakses tanggal 5 Juli 2019. 
  2. ^ a b "Woodpecker Detective's Office Anime Reveals Main Cast, More Staff, Visual". Anime News Network. 4 Oktober 2019. Diakses tanggal 4 Oktober 2019. 
  3. ^ a b c d e f g h "Woodpecker Detective's Office Anime's Video Reveals More Cast, Theme Song Artists, April 13 Debut". Anime News Network. 5 Februari 2020. Diakses tanggal 5 Februari 2020. 
  4. ^ "啄木鳥探偵處 - 伊井圭". 東京創元社. Diakses tanggal 22 Oktober 2019. 
  5. ^ "Hanebad's Shinpei Ezaki Directs Woodpecker Detective's Office Anime at Liden Films". Anime News Network. 22 Maret 2019. Diakses tanggal 5 Juli 2019. 
  6. ^ "TVアニメ「啄木鳥探偵處」公式サイト" (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 13 April 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]