Women's Premier Soccer League

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Women's Premier Soccer League
NegaraAmerika Serikat
Klub lain dariKanada
KonfederasiCONCACAF (Amerika Utara)
Dibentuk1998
Divisi4 wilayah dengan 15 konferensi dan 21 divisi
Jumlah tim131
Tingkat pada piramida2 (Provinsional)
Juara bertahan ligaCalifornia Storm
(2022)
Klub tersuksesCalifornia Storm
(4 gelar)
Televisi penyiarEleven Sports
Situs webwpslsoccer.com

Women's Premier Soccer League (WPSL) adalah liga amatir sepak bola wanita yang diikuti oleh tim-tim dari Amerika Serikat dan Kanada.[1] Liga ini adalah kompetisi amatir tertinggi di piramida sepak bola Amerika Serikat dan berada di bawah National Women's Soccer League (NWSL). WPSL adalah kompetisi sepak bola wanita yang beroperasi paling lama disana. WPSL juga merupakan liga dengan jumlah peserta terbanyak di Amerika Utara dan dunia, dengan peserta sebanyak 135 tim.

WPSL awalnya adalah bagian dari W-League bagian barat, sebelum memisahkan diri dan membentuk liga sendiri pada tahun 1998. Liga ini kemudian disetujui oleh Asosiasi Sepak Bola Dewasa Amerika Serikat [en], sebuah organisasi yang terafiliasi dengan Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (USSF). Pemain-pemain WPSL diisi oleh mahasiswa dan alumni, yang sedang atau telah bermain di seluruh divisi NCAA, NAIA [en], dan NJCAA [en] Eks pemain di liga ini kemudian dapat melanjutkan karier profesional di NWSL dan liga-liga di dunia. Alumni WPSL terkenal yang telah bermain di Olimpiade dan Piala Dunia Wanita FIFA adalah seperti Brandi Chastain, Kristine Lilly, Heather Mitts, Julie Foudy, Shannon Boxx, dan Leslie Osborne.

Ketika Women's Professional Soccer (WPS) dihentikan pada tahun 2021, WPSL berambisi untuk membuat liga profesional dengan membentuk WPSL Elite League.[2] Elite League tersebut diisi oleh tim-tim profesional dan amatir. Elite League hanya beroperasi selama satu musim, pada tahun 2012. Elite League dibubarkan pada tahun 2013 setelah pembentukan NWSL, dimana tiga tim dari liga ini bergabung dengan NWSL.

Pada tahun 2021, WPSL membentuk divisi kedua, WPSL U21.[3]

Format kompetisi[sunting | sunting sumber]

Liga dibagi menjadi empat wilayah, yaitu: Barat, Tengah, Selatan, dan Timur. Masing-masing wilayah dibagi menjadi beberapa konferensi. Wilayah barat dibagi menjadi lima konferensi, wilayah tengah enam konferensi, wilayah selatan lima konferensi, dan wilayah timur lima konferensi. Tiap-tiap konferensi diikuti oleh 5 hingga 10 tim.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Federal City FC Women bring WPSL to Washington, DC metro area". SoccerWire. 6 Mei 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Juli 2020. 
  2. ^ Kassouf, Jeff (9 Februari 2012). "WPSL Elite League launches for 2012 with Flash, Breakers, Red Stars, FC Indiana". equalizersoccer.com (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ "WPSL UNVEILS SECOND LEAGUE SET TO COMPETE IN 2021". www.wpslsoccer.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Agustus 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]