Sistem liga sepak bola di Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta lokasi klub-klub sepak bola profesional di Amerika Serikat dan Kanada tahun 2013

Sistem liga sepak bola di Amerika Serikat kadang-kadang disebut piramida sepak bola Amerika, adalah serangkaian liga profesional dan amatir, seluruhnya atau sebagian, yang ada di Amerika Serikat. Untuk alasan praktis dan sejarah, beberapa tim dari Antigua dan Barbuda, Bermuda, Kanada dan Puerto Rico (dianggap sebagai negara terpisah oleh FIFA) juga bersaing di liga ini, meskipun mereka tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Piala Terbuka US Lamar Hunt, yang hanya biasa diikuti untuk tim berafiliasi dengan Federasi Sepak Bola Amerika Serikat, dan tidak dapat mewakili Amerika Serikat di Liga Champions CONCACAF, yang hanya tim yang afiliasi dengan Federasi Sepak Bola Amerika Serikat yang dapat mewakili AS di turnamen kontinental.

Liga di Amerika Serikat biasanya tidak dihubungkan dengan sistem promosi dan degradasi, namun liga sepak bola masih diatur dalam tingkatan berdasarkan standar yang ditetapkan oleh USSF.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti sistem liga sepak bola di banyak negara, di Amerika Serikat, tidak ada liga profesional yang menggunakan sistem promosi dan degradasi berbasis prestasi, untuk memungkinkan tim untuk bergerak di antara divisi. Badan negara untuk olahraga, Amerika Serikat Federasi Sepak Bola Amerika Serikat (juga dikenal sebagai USSF atau US Soccer), mengawasi sistem dan bertanggung jawab untuk sanksi liga profesional, dan liga sendiri bertanggung jawab untuk mengakui dan mengelola tim individu.

Untuk sepak bola amatir di Amerika Serikat diatur oleh United States Adult Soccer Association (USASA) satu-satunya organisasi sepak bola amatir yang disetujui oleh USSF.

Promosi bentuk terbatas dan degradasi telah ada di masa lalu. Liga Sepak Bola Amerika (bahasa Inggris: United Soccer Leagues) sebelumnya pernah berjalan, antara tim secara sukarela bisa bergerak, meskipun sebagian besar tidak digunakan.

Beberapa liga amatir disetujui oleh USASA juga menggunakan promosi dan sistem degradasi dalam berbagai tingkat liga mereka. Namun, tidak pernah ada sistem promosi berbasis prestasi.

Sepak bola perguruan tinggi di Amerika Serikat diatur oleh National Collegiate Athletic Association (NCAA) dan bukan oleh USSF.

Sistem liga sepak bola pria[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, liga sepak bola profesional luar ruangan pria diberikan peringkat oleh Federasi Sepak Bola Amerika Serikat menjadi tiga divisi yang disebut denngan Divisi I, Divisi II, dan Divisi III.[1] Organisasi sepak bola amatir juga diakui oleh USSF, tapi tidak dengan liga amatir independen.[2] Saat ini satu-satunya organisasi sepak bola amatir dewasa yang diakui oleh USSF adalah USASA, meskipun beberapa liga lainnya beroperasi secara independen di bawah payung USASA itu.

Sejak tahun 1996, Major League Soccer merupakan satu-satunya liga sepak bola Divisi I USSF di Amerika Serikat. Sementara itu yang menjadi Divisi II adalah Liga Sepak Bola Amerika Utara (bahasa Inggris: North American Soccer League), yang dibentuk pada tahun 2009 tetapi tidak berjalan hingga tahun 2011.

Tingkat

Liga/Divisi

Diatur oleh USSF sebagai liga professional

Divisi I USSF

Major League Soccer (MLS)
16 klub Amerika Serikat dan 3 klub Kanada

Conference Timur
Conference Barat

Divisi II USSF

North American Soccer League (NASL)
7 klub Amerika Serikat dan 1 klub Kanada

Divisi III USSF

United Soccer Leagues Professional Division (USL Pro)
12 klub Amerika Serikat and 1 klub Antigua

Diatur oleh organisasi tersendiri sebagai anggota USSF*

4*

United Soccer Leagues
Premier Development League
(PDL)
56 klub (dalam 4 conference)
(klub asal Kanada dan klub asal Bermuda)

Conference Tengah
Conference Timur
Conference Selatan
Conference Barat

Afiliasi dengan United States Adult Soccer Association (USASA)

National Premier Soccer League (NPSL)

59 klub (dalam 4 divisi)

Divisi Timur Laut
Divisi Selatan
Divisi Barat Tengah
Divisi Barat

Pacific Coast Soccer League (PCSL)
15 klub (dalam 2 divisi) 14 Kanada[3]

Divisi Utama
Divisi Cadangan

5*

US Club Soccer (USCS)
39 liga dalam 4 wilayah

Wilayah timur
Wilayah barat tengah
Wilayah selatan
Wilayah barat

United States Adult Soccer Association
liga negara bagian
55 tim dalam 4 region


Region I
Region II
Region III
Region IV

 * Tingkatan atau level yang merupakan perkiraan dan tidak secara khusus ditunjuk oleh USSF

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ USSF Policy 202(H)(1) (PDF)
  2. ^ USSF Bylaws 109(13) to 109(17) (PDF)
  3. ^ Pacific Coast Soccer League club list

Pranala luar[sunting | sunting sumber]