Wisma Batari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wisma Batari adalah gedung cagar budaya yang saat ini diperuntukkan sebagai tempat pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran (MICE) warga. Antara lain, gedung ini disewakan untuk penyelenggaraan acara-acara seperti resepsi pernikahan, pertemuan, wisuda, dan lain sebagainya. Wisma Batari terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi 183, Kemlayan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sejarah Wisma Batari[sunting | sunting sumber]

Pada mulanya, Wisma Batari merupakan bangunan utama di antara paviliun di sebelah kanan dan kirinya. Pada masa penjajahan Belanda, gedung ini lebih berfungsi sebagai rumah tinggal. Namun, pada masa pendudukan Jepang, fungsinya dialihkan sebagai Markas Kempetai. Pada masa Kemerdekaan, kompleks bangunan ini pernah digunakan sebagai kantor Gabungan Koperasi Batik Indonesia (GKBI) Surakarta.[1]

Terjadi beberapa kali renovasi dalam gedung Wisma Batari. Secara umum, bagian belakangnya banyak berubah. Sedangkan bagian depan yang ikonis tetap dipertahankan. Sejak tahun 2013, gedung ini ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya melalui surat wali kota bernomor SK Wali kota No646/1-R/1/2013.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wisma Batari, dari Rumah Tinggal hingga Gedung Pertemuan". Surakarta.go.id. 2017-06-20. Diakses tanggal 2019-02-26. 
  2. ^ "Wisma Batari". CagarBudaya.Kemendikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-26. Diakses tanggal 2019-02-26.