Wikipedia:Kelayakan artikel/Situs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kriteria kelayakan

Kriteria umum


Kriteria khusus

Tokoh
Geografi
Organisasi,
Perusahaan

Sekolah
Desa
Situs web
Film,
Acara televisi

Musik
Bahasa,
Dialek

Halaman ini berisi ketentuan yang dipakai untuk menentukan kelayakan artikel mengenai isi web maupun sebuah laman (situs) web itu sendiri. Media yang termasuk isi web (web content) antara lain milis, komik web, podcast, blog, forum internet, majalah online, serta media, portal, dan host internet lainnya. Media apa pun yang didistribusikan hanya melalui internet, dalam kebijakan ini, juga dianggap sebagai isi web.

Suatu subjek dianggap layak apabila memenuhi minimal satu kriteria yang disebutkan di bawah ini. Apabila artikel tidak memenuhi satu pun kriteria yang disebutkan di bawah, maka artikel yang bersangkutan dapat dihapus melalui prosedur penghapusan. Jika hasil prosedur penghapusan menyatakan "diterima" maka artikel yang bersangkutan dinyatakan "layak".

Kebijakan ini juga akan berlaku kepada artikel-artikel yang dibuat sebelum kebijakan ini disetujui.

Kriteria[sunting sumber]

Artikel yang memenuhi kriteria kelayakan
  1. "Pembahasan yang signifikan" berarti sumber membahas subjek secara langsung, mendetail, dan nontrivial.1
  2. "Sumber",2 didefinisikan dalam Wikipedia sebagai sumber sekunder, harus dapat memberikan bukti kelayakan yang objektif. Lebih dari satu sumber lebih baik.
  3. "Tepercaya" berarti sumber dapat digunakan untuk pemastian kelayakan, sesuai pedoman sumber tepercaya. Sumber berupa karya yang sudah dipublikasikan dalam bentuk media.
  4. "Independen terhadap subyek" berarti sumber yang dirujuk tidak boleh berasal dari pihak-pihak yang berafiliasi langsung dengan subjek, misalnya: promosi diri, iklan, autobiografi, dll.

Isi web disebut layak apabila memenuhi minimal satu kriteria umum berikut:

  • Subyek telah berulang kali dibahas secara khusus (non-trivial)[1] pada media massa tepercaya[2]
  • Subyek telah menerima penghargaan tingkat internasional atau nasional yang signifikan

Artikel Wikipedia yang dibuat harus dapat membuktikan bahwa artikel tersebut memenuhi kriteria di atas dengan cara memberikan pranala di bagian "Referensi" atau "Pranala luar" yang sesuai. Lebih jauh, apabila suatu laman web memenuhi kriteria ini, komponennya (forum, artikel, bagian tertentu) tidak langsung layak untuk dibuatkan artikel terpisah.

Artikel yang tidak memenuhi kelayakan[sunting sumber]

Apabila suatu artikel belum memperlihatkan unsur kelayakan, usahakan untuk memperbaikinya dengan cara:

  1. Perbaiki sendiri. Carilah referensi tepercaya dari internet atau media lain
  2. Gunakan templat {{subst:tak layak}}untuk menarik perhatian penyunting lain
  3. Gabungkan artikel kepada artikel lain yang cakupannya lebih luas
  4. Apabila belum berhasil ditemukan unsur kelayakan dua minggu setelah templat {{subst:tak layak}} diberikan, maka artikel tersebut akan segera dihapus.

Apabila suatu artikel jelas tidak memenuhi unsur kelayakan, karena:

langsung berikan templat {{hapus|A7}} atau {{hapus|A9}}. Pengurus akan langsung menghapus artikel yang memenuhi kriteria penghapusan cepat.

  1. ^ Pembahasan pada media massa yang termasuk trivial adalah (1) artikel yang hanya menyebutkan alamat situs web tanpa dibahas, (2) artikel yang hanya menyebutkan tanggal peluncuran suatu isi atau situs web, (3) penjelasan isi situs pada direktori internet atau toko online
  2. ^ Media massa yang dimaksud adalah minimal media massa tingkat nasional dan lokal yang tepercaya. Tidak termasuk di dalamnya adalah koran kriminal, tabloid gosip, dan acara gosip televisi. Beberapa contoh:

Lihat pula[sunting sumber]