Wikipedia:Artikel pilihan/Kriteria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:KAP
WP:AP?
Artikel pilihan:

Suatu artikel pilihan mencerminkan hasil karya terbaik Wikipedia dan menampilkan standar profesional penulisan dan presentasi. Di samping harus memenuhi semua kebutuhan standar bagi artikel Wikipedia, artikel-artikel pilihan haruslah:

  1. Ditulis dengan baik, komprehensif, memiliki fakta akurat, netral, dan stabil
    • "Ditulis dengan baik" berarti bahwa prosanya menarik, bahkan luar biasa.
    • "Komprehensif" berarti bahwa artikel membahas semua fakta dan detil utama serta tidak memiliki pranala merah yang terlalu banyak.
    • "Fakta akurat" berarti bahwa pernyataan-pernyataan dapat dipastikan ke sumber tepercaya dan secara akurat merepresentasikan materi pengetahuan yang terpublikasi. Pernyataan didukung dengan bukti spesifik dan kutipan luar (lihat pemastian dan sumber tepercaya); ini mencakup pengisian bagian "Referensi" yang mencantumkan sumber, dilengkapi dengan kutipan dalam badan artikel. Lihat mengutip sumber untuk informasi kapan dan bagaimana referensi dapat diberikan dan untuk saran pemformatan referensi; bentuk catatan kaki dianjurkan untuk ini.
    • "Netral" berarti bahwa artikel mewakili pandangan secara adil dan tanpa bias (lihat sudut pandang netral); namun, artikel tidak harus memberikan liputan terhadap pandangan minoritas secara berimbang.
    • "Stabil" berarti bahwa artikel bukan merupakan bahan perang suntingan dan bahwa isinya tidak berubah secara berarti dari hari ke hari; pembalikan vandalisme dan pengembangan berdasarkan usulan peninjau tidak termasuk dalam pengertian ini.
  2. Sesuai dengan standar yang diatur dalam pedoman gaya dan ProyekWiki yang sesuai, termasuk:
    • Bagian pembuka yang menyimpulkan seluruh topik dan menyiapkan pembaca untuk detil lebih lanjut dalam bagian-bagian berikutnya;
    • Sistem hirarki judul yang baik; serta
    • Bagian daftar isi yang cukup tapi tak berlebihan (lihat bantuan bagian);
  3. Memiliki gambar yang tepat untuk subyek, dengan keterangan gambar yang mencukupi dan status hak cipta yang dapat diterima.
  4. Memiliki panjang yang pantas, tetap fokus pada topik utama tanpa terlalu menggali detil yang tak perlu (lihat gaya ringkasan).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]