Wide World of Sports

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wide World of Sports
GenreOlahraga antologi seri
PresenterJim McKay (1961-1986, occasionally 1987-1998)
Becky Dixon (1987-1988)
Frank Gifford (1987-1992)
John Saunders (1993)
Julie Moran (1994-1995)
Robin Roberts (1996-1998)
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliInggris
Produksi
Rumah produksiABC Sports
Rilis asli
JaringanABC
RilisApril 29, 1961 –
1998

ABC's Wide World of Sports adalah nama acara olahraga yang ditayangkan jaringan televisi American Broadcasting Company, Amerika Serikat. Acara ini berupa antologi rekaman video berbagai pertandingan olahraga, ditayangkan di AS setiap Sabtu siang dari tahun 1961 hingga 1998.

Cabang olahraga yang ditampilkan berasal dari seluruh dunia. Sebagian di antaranya tidak umum dipertunjukkan di televisi AS, mulai dari hurling, rodeo, curling, hailai, pertandingan petugas pemadam kebakaran, selancar, bulu tangkis, hingga menebang kayu dan aksi sepeda motor Evel Knievel. Acara ini juga sering diisi dengan cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade, seperti: figur skat, ski, gimnastik, dan atletik.

Setelah televisi kabel dan satelit menjadi lumrah, tayangan rekaman video seperti Wide World of Sports menjadi usang. Sejak tahun 1998, nama Wide World of Sports masih secara teratur dipakai untuk nama acara pertandingan olahraga. Setelah divisi ABC Sports digantikan dengan konsep ESPN on ABC pada bulan Agustus 2006, nama Wide World of Sports hanya digunakan sekali-sekali untuk acara olahraga Sabtu siang hingga kini.

Kesuksesan acara ini diikuti Nine Network Australia yang membuat acara serupa dengan nama Wide World of Sports.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Wide World of Sports diciptakan oleh Edgar J. Scherick melalui perusahaan Sports Programs, Inc.. Ketika pertama kali mengudara pada 29 April 1961, acara ini menampilkan rekaman kejuaraan atletik Drake Relays dari Universitas Drake di Des Moines, Iowa dan Penn Relays dari Franklin Field, Philadelphia, Pennsylvania. Setelah Sports Programs dijual kepada American Broadcasting Company, Scherick merekrut Roone Arledge sebagai produser acara. Karier Arledge terus menanjak hingga menjadi produser eksekutif dan direktur utama ABC Sports. Sementara Scherick diangkat sebagai wakil direktur utama bidang pemrograman di ABC.

Sejumlah acara baru diciptakan ABC Sports sebagai perluasan dari acara Wide World of Sports. Setelah Wide World of Sports menayangkan pertandingan boling antara Roy Lown dan Pat Patterson pada tahun 1961, ABC Sports mulai meliput Tur Peboling Profesional pada tahun berikutnya. Setelah kejuaraan berburu ular derik di Oklahoma ditayangkan Wide World of Sports pada tahun 1964, tahun berikutnya ABC membuat acara The American Sportsman yang bertahan selama hampir 20 tahun. Begitu pula halnya dengan acara Superstars yang pertama kali ditayangkan sebagai segmen Wide World of Sports pada tahun 1973.

Pembawa acara[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]