Evel Knievel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Evel Knievel
Evel Knievel di Ft. Lauderdale, Florida, tahun 1970-an
Lahir17 Oktober 1938 (umur 85)
Butte, Montana, Amerika Serikat
Meninggal30 November 2007(2007-11-30) (umur 69)
Clearwater, Florida, Amerika Serikat
Pekerjaanstuntman (atraksi ketangkasan sepeda motor)
Situs webwww.evelknievel.com

Robert Craig "Evel" Knievel, Jr. (17 Oktober 193830 November 2007) adalah seorang stuntman (pemeran pengganti untuk adegan berbahaya) dari Amerika Serikat. Ia dikenal dengan keberanian melakukan atraksi ketangkasan maut dengan mengendarai sepeda motor. Atraksi sepeda motor yang dilakukannya sering disiarkan secara langsung jaringan televisi di Amerika Serikat. Di antara atraksinya yang terkenal adalah usaha melompati Ngarai Snake River di Twin Falls, Idaho dengan roket.

Prestasi dan kegagalannya membuat namanya berulang kali masuk ke buku Rekor Dunia Guinness, termasuk rekor mengalami patah tulang di 40 tempat. Tokoh penantang maut Evel Knievel diparodikan Bob Einstein menjadi tokoh stuntman "Super Dave Osborne".

Evel Knievel, 69 tahun, meninggal dunia di Clearwater, Florida pada 30 November 2007 akibat diabetes dan fibrosis paru-paru yang sudah lama dideritanya. Billy Rundle, teman lamanya berkata Knievel mengalami kesulitan bernapas di rumah kediamannya di Clearwater. Knievel lebih dulu meninggal sebelum ambulans tiba.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]