White Castle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
White Castle
Jenis Tertutup
Industri/jasa Food
Didirikan Wichita, Kansas, AS, 13 September 1921
Kantor pusat Columbus, Ohio
Tokoh penting Billy Ingram, Walter Anderson, Founders
Produk Fast food, termasuk hamburger, french fries, dan milkshake
Situs web www.whitecastle.com

White Castle adalah waralaba rumah makan siap saji hamburger tertua di Amerika Serikat. Ciri khasnya adalah hamburger berbentuk kotak yang bernama "sliders" atau "slyders". Harganya 5 sen sampai tahun 1940-an, dan kemudian dinaikkan menjadi 10 sen namun ukurannya mengecil. Rumah makan White Castle biasanya berwarna putih dengan menara kecil yang menyerupai puri.

White Castle didirikan oleh Walter Anderson pada 1921 di Wichita, Kansas. Billy Ingram kemudian bekerja sama dengan Anderson untuk mendirikan cabang-cabang White Castle di berbagai tempat. Pada saat itu, orang AS takut makan daging sapi karena novel Upton Sinclair tahun 1906 yang berjudul The Jungle mengenai industri pengolahan daging yang tidak bersih. Ingram dan Anderson mengubah pandangan masyarakat dengan rumah makan yang bersih, dicat putih, kursi dan meja dari baja tahan karat, dan pegawai yang berseragam putih.

Anderson mengembangkan metode untuk memasak hamburger dengan cepat dan segar, dari daging sapi cincang yang dicampur bawang, dibentuk menjadi bola oleh mesin, dipanggang, dimasukkan ke dalam roti bersama acar. Saus tomat atau mustard ditambahkan oleh pelanggan sendiri. Saat ini metode Anderson tidak lagi digunakan, karena White Castle menggunakan hamburger beku dari Swift & Co.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]