Wambi tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wambi tiongkok
Garrulax canorus

L. c. canorum in Hong Kong
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22735076
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliSylviidae
GenusGarrulax
SpesiesGarrulax canorus
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim takson
  • Turdus canorus Linnaeus, 1758
  • Leucodioptron canorum (Linnaeus, 1758)

Wambi tiongkok, Hwamei Tiongkok atau poksay merdu ( Garrulax canorus ) adalah burung pengicau dari Asia Timur dalam keluarga Leiothrichidae . Nama "hwamei" berasal dari nama Cinanya畫眉( huà méi ), yang berarti "alis warna-warni", [2] mengacu pada tanda khas di sekitar mata burung. Spesies ini merupakan burung sangkar yang populer karena nyanyiannya yang menarik.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ukurannya mencapai 21 sampai 25 panjang cm dengan sayap lebar membulat dan ekor berbentuk kipas. Bulunya sebagian besar berwarna coklat kemerahan dengan guratan gelap di bagian ubun-ubun, punggung, dan tenggorokan. Terdapat cincin putih di sekitar mata yang memanjang ke belakang sebagai garis putih. Paruh dan kakinya berwarna kekuningan. Burung di Pulau Hainan ( L. c. owstoni ) berwarna lebih pucat di bagian bawah dan lebih berwarna zaitun di bagian atas. Wambi Taiwan berwarna lebih abu-abu dan lebih bergaris serta tidak memiliki tanda putih di kepala.

Nyanyiannya berupa siulan yang keras, jelas, bervariasi dengan pengulangan yang teratur dan tiruan dari burung lain. Panggilannya berupa peluit atau kerincingan yang serak.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Subspesies yang dicalonkan G. c. canorus terdapat di Tiongkok tenggara dan tengah serta di Vietnam utara dan tengah serta Laos . Perlombaan G.c. owstoni ditemukan di Hainan.

G.c. canorus telah diperkenalkan ke Taiwan, Singapura, Jepang dan Hawaii . Di Kepulauan Hawaii, tanaman ini diperkenalkan pada awal abad ke-20 dan sekarang terdapat di hutan asli dan habitat buatan. Hal ini biasa terjadi di Pulau Kauai, Maui dan Hawaii, namun tidak begitu umum di Oahu dan Molokai .

Burung ini mendiami semak belukar, hutan terbuka, hutan sekunder, taman dan kebun hingga ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Hewan ini umum ditemukan di sebagian besar wilayah jelajahnya dan tidak dianggap sebagai spesies terancam .

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Ini adalah burung pengintai yang seringkali sangat sulit dilihat. Biasanya memakan tanah di antara serasah daun, mencari serangga dan buah. Biasanya terjadi berpasangan atau dalam kelompok kecil.

Musim kawin berlangsung dari Mei hingga Juli. Sarang besar berbentuk cangkir dibangun setinggi dua meter di atas tanah di pohon atau semak atau di antara semak belukar. Dua hingga lima telur berwarna biru atau biru-hijau diletakkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Garrulax canorus". 2018: e.T22735076A132036519. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22735076A132036519.en. 
  2. ^ Glossary of Bird Species in Chinese, Japanese, and Vietnamese: Garrulacinae Retrieved 16/07/07.