Walter Eucken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Walter Eucken
Ordoliberalism
Lahir 17 Januari 1891
Meninggal 20 Maret 1950 (umur 59)
Kebangsaan German Empire
Bidang Macroeconomics
Kontribusi Social market economy

Walter Eucken (lahir 17 Januari 1891 – meninggal 20 Maret 1950 pada umur 59 tahun) adalah seorang ahli ekonomi asal Jerman yang juga dikenal sebagai Bapak Ordoliberalisme. Ia dilahirkan di Jena, Thuringen. Ayahnya adalah salah seorang penerima Penghargaan Nobel pada tahun 1908 dalam bidang Literatur yaitu Rudolf Eucken.

Walter Eucken menempuh pendidikan dalam bidang Ekonomi di Kiel, Jena dan Bonn. Pada tahun 1921, Eucken meraih gelar profesor dari Universitas Berlin dan kemudian pindah ke Universitas Freiburg mulai tahun 1927 sebagai profesor ekonomi hingga akhir hayatnya. Ia meninggal di London, Britania Raya.

Teori[sunting | sunting sumber]

Teori Ordoliberalisme Euken sebagai varian dari Neoliberalisme mengklaim bahwa negara mempunyai kewajiban kerangka politik untuk mencapai kebebasan ekonomi, bertentangan dengan laissez faire. Negara harus terhindar dari upaya intervensi dalam proses ekonomi sehari-hari.

Ide ordoliberalisme pertama kali dikemukakan pada tahun 1937 dalam Jurnal yang ditulis oleh Walter Eucken, Franz Böhm, dan Hans Großmann-Doerth.

Empat tahun setelah Walter Eucken meninggal, sekumpulan murid-muridnya membentuk Walter Eucken Institute pada tahun 1954 yang berbasis di Freiburg, Jerman. Institut ini memiliki fokus dalam pengembangan dan penelititian dalam bidang ekonomi dan ilmu sosial, termasuk pengembangan pasar bebas, ide liberal klasik dan realisasinya, serta konstitusi ekonomi dari Uni Eropa.