Wallace Hartley

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wallace Henry Hartley (2 Juni 1878 – 15 April 1912) adalah seorang pemain biola dan pemimpin band Inggris di Titanic selama pelayaran perdananya. Dia menjadi terkenal karena memimpin band beranggotakan delapan orang saat kapal tenggelam pada tanggal 15 April 1912, dia tidak selamat bersama anggota lainnya.

Wallace Hartley
Hartley as he appeared in The Illustrated London News, May 1912
LahirWallace Henry Hartley
(1878-06-02)2 Juni 1878
Colne, Lancashire, England
Meninggal15 April 1912(1912-04-15) (umur 33)
North Atlantic Ocean
Pekerjaan
  • Violinist
  • bandleader

Kehidupan dan karir[sunting | sunting sumber]

Hartley lahir dan besar di Colne, Lancashire, Inggris. Ayah Hartley, Albion Hartley, adalah ketua paduan suara dan pengawas sekolah Minggu di Kapel Metodis Independen Bethel, di Burnley Road tempat keluarga tersebut menghadiri kebaktian [1].  Albion sendiri memperkenalkan himne " Nearer, My God, to Thee " kepada jemaah. Wallace belajar di sekolah Metodis Colne, bernyanyi di paduan suara Betel dan belajar bermain biola dari sesama anggota jemaat[2][3].

Setelah meninggalkan sekolah, Hartley mulai bekerja di Craven & Union Bank di Colne. Ketika keluarganya pindah ke Huddersfield, Hartley bergabung dengan Huddersfield Philharmonic Orchestra. Pada tahun 1903, dia meninggalkan rumah untuk bergabung dengan orkestra kota di Bridlington, di mana dia tinggal selama enam tahun. Dia kemudian pindah ke Dewsbury, West Yorkshire dan pada tahun 1909, dia bergabung dengan Cunard Line sebagai musisi, bertugas di kapal laut RMS  Lucania, RMS  Lusitania dan RMS  Mauretania[3].

Saat bertugas di Mauretania, pekerjaan musisi Cunard dipindahkan ke agensi musik CW & FN Black, yang memasok musisi untuk Cunard dan White Star Line. Pemindahan ini mengubah status penerbangan Hartley, karena dia tidak lagi dihitung sebagai anggota awak kapal, melainkan sebagai penumpang, meskipun dia ditempatkan di akomodasi kelas dua atas biaya agensi. Belakangan diketahui bahwa baik perusahaan pelayaran maupun agensi musik tidak mengasuransikan para musisi tersebut, dan masing-masing mengklaim bahwa itu adalah tanggung jawab satu sama lain[3].

Pada bulan April 1912, Hartley ditugaskan menjadi bandmaster untuk kapal White Star Line RMS  Titanic[3].  Dia pada awalnya ragu-ragu untuk kembali meninggalkan tunangannya, Maria Robinson, yang baru saja dia lamar, tetapi Hartley memutuskan bahwa bekerja pada pelayaran perdana Titanic akan memberinya kemungkinan kontak untuk pekerjaan di masa depan.

Tenggelamnya Titanic[sunting | sunting sumber]

Setelah Titanic menabrak gunung es pada malam tanggal 14 April 1912 dan mulai tenggelam, Hartley dan rekan-rekan anggota bandnya mulai memainkan musik untuk membantu menjaga ketenangan penumpang saat awak kapal memuat sekoci. Banyak dari para penyintas mengatakan bahwa dia dan bandnya terus bermain hingga akhir. Tak satu pun dari anggota band yang selamat dari tenggelamnya kapal tersebut, dan kisah mereka bermain sampai akhir menjadi legenda populer. Sebuah surat kabar pada saat itu melaporkan "peran yang dimainkan oleh orkestra di kapal Titanic pada saat-saat terakhirnya yang mengerikan akan termasuk yang paling mulia dalam sejarah kepahlawanan di laut."

Meskipun lagu terakhir yang dimainkan oleh band ini tidak diketahui, " Nearer, My God, to Thee " telah mendapatkan penerimaan populer. Buku Walter Lord A Night to Remember (1955) mempopulerkan kisah petugas nirkabel Harold Bride saat mendengar lagu "Musim Gugur". Ellwand Moody, seorang musisi di Mauretania bersama Hartley, mengklaim bahwa Hartley pernah berkata bahwa dia akan memainkan "Nearer, My God, to Thee" atau " Our God, Our Help in Ages Past " jika dia berada di kapal yang tenggelam[4].  Jika "Nearer, My God, to Thee" dimainkan, tidak pasti versi mana yang digunakan Hartley. Ayahnya menggunakan versi "Propior Deo", oleh Arthur Sullivan, di gereja, dan keluarganya yakin bahwa dia akan menggunakan versi tersebut[5].  Nada pembuka lagu inilah yang muncul di peringatan Hartley  dan dimainkan di pemakamannya[5].

Setelah tenggelamnya[sunting | sunting sumber]

Bust of Wallace Hartley in Albert Road, Colne, Lancashire

Jenazah Hartley ditemukan oleh Mackay – Bennett hampir dua minggu setelah tenggelam. Beberapa laporan pers mengkonfirmasi bahwa Wallace ditemukan "berpakaian lengkap dengan kotak musik diikatkan ke tubuhnya"[6].

Dia dipindahkan ke Arab dan kembali ke Inggris. Ayah Hartley, Albion, bertemu dengan kapal di Liverpool dan membawa jenazah putranya kembali ke kota asalnya Colne, Lancashire. Pemakaman berlangsung pada tanggal 18 Mei 1912. Seribu orang menghadiri pemakaman Hartley, sementara sekitar 30.000–40.000 orang berbaris di sepanjang rute prosesi pemakamannya[3].

Hartley dimakamkan di pemakaman Keighley Road, Colne, di mana sebuah nisan setinggi 10 kaki (3,0 m), berisi ukiran biola di dasarnya, didirikan untuk menghormatinya.

Sebuah tugu peringatan untuk Hartley, dengan bagian atas patungnya, didirikan pada tahun 1915 di luar tempat yang dulu merupakan perpustakaan kota. Tugu peringatan itu bertuliskan: Wallace Hartley

Bandmaster RMS Titanic yang tewas saat tenggelamnya kapal itu, 15 April 1912. Didirikan atas sumbangan sukarela untuk memperingati kepahlawanan penduduk asli kota ini.

Tempat ini kemudian dipindahkan sedikit untuk dijadikan tempat peringatan Perang Dunia Pertama. Rumah bertingkat Victoria yang besar milik Hartley di West Park Street, Dewsbury, West Yorkshire, mempunyai plakat biru untuk mengingatkan orang yang lewat bahwa ini adalah rumah pemimpin band[3].

Tugu peringatan lain untuk para musisi Titanic secara keseluruhan didirikan di Broken Hill, di barat laut New South Wales. Penduduk Broken Hill begitu tersentuh oleh keberanian para anggota band kapal sehingga dalam beberapa minggu mereka melancarkan seruan publik untuk membuat tugu peringatan bagi mereka. Tugu peringatan berbentuk pilar patah ini diresmikan pada bulan Desember 1913[7][8].  Kota Ballarat, Victoria, Australia, memiliki panggung Edwardian untuk memperingati hilangnya musisi. Itu didirikan oleh Dewan Ballarat dengan dana yang dikumpulkan oleh Asosiasi Band Victoria, dan warga daerah tersebut. Panggung Titanic Memorial, diresmikan pada tanggal 22 Oktober 1915. Setiap tahun pada peringatan tenggelamnya Titanic, sebuah band masih memainkan "Nearer, My God, To Thee", di panggung[9].  Pada tahun 2001, nama Hartley masih digunakan saat memberi nama jalan dan perumahan baru di kota Colne. Pada tahun 2008, jaringan pub JD Wetherspoon menamai sebuah pub yang baru dibuka, (gedung tersebut telah lama menjadi King's Head Hotel hingga pertengahan 1990-an)[10],  di Colne dengan nama pemimpin bandnya[11].

Biola[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2013, setelah dua tahun analisis jejak mendalam oleh The Forensic Science Service atas nama juru lelang Henry Aldridge & Son, dan tujuh tahun pengumpulan bukti oleh rumah lelang yang berbasis di Wiltshire, diumumkan bahwa sebuah biola ditemukan di loteng pria Inggris di dalam kotak kulit berinisial "WHH" adalah instrumen yang digunakan Hartley pada saat-saat terakhir kapal[12].  Identifikasi tersebut terbantu dengan adanya ukiran pada biola buatan Jerman  yang dipasang oleh tunangannya (Maria Robinson) pada instrumen tersebut pada tahun 1910 yang berbunyi: 'Untuk Wallace pada kesempatan pertunangan kami dari Maria[13].' Pengujian lebih lanjut yang dilakukan oleh ahli perak dari Asosiasi Gemologi Inggris Raya memastikan bahwa pelat pada dasar biola adalah asli dan ukiran logam yang dibuat atas nama Maria Robinson sama dengan yang dibuat pada tahun 1910[14]. scan memungkinkan para ahli untuk melihat gambar 3D bagian dalam biola. Detil pemindaian yang halus berarti para ahli dapat memeriksa konstruksi, interior, dan lem yang menyatukan instrumen tersebut dan menunjukkan tanda-tanda kemungkinan restorasi. Saat meneliti asal usul biola, juru lelang Henry Aldridge & Son dan Christian Tennyson-Ekeberg, penulis biografi Wallace Hartley dan penulis Nearer, Our God, to Thee: The Biography of the Titanic Bandmaster, menemukan transkrip telegram yang dikirim ke Sekretaris Provinsi Nova Scotia, Kanada, tertanggal 19 Juli 1912 dalam buku harian tunangan Hartley yang berduka, Ms. Robinson, di mana dia menyatakan:

“Saya akan sangat berterima kasih jika Anda dapat menyampaikan rasa terima kasih saya yang tulus kepada semua yang telah memungkinkan kembalinya biola mendiang tunangan saya.”

Setelah kematian Maria Robinson pada tahun 1939, saudara perempuannya memberikan biola tersebut kepada Bridlington Salvation Army dan memberi tahu pemimpinnya, Mayor Renwick, tentang hubungan instrumen tersebut dengan Titanic. Biola tersebut kemudian diwariskan kepada seorang guru biola yang memberikannya kepada ibu pemilik saat ini. "Dia sudah berada dalam keluarga yang sama selama lebih dari 70 tahun," kata Henry Aldridge & Sons. Craig Sopin, pemilik salah satu koleksi memorabilia Titanic terbesar di dunia, pakar Titanic terkemuka, dan seorang skeptis terhadap klaim Titanic percaya bahwa biola tersebut adalah "biola Hartley dan bukan penipuan" lapor ABC News [12].

Biola Hartley dipamerkan di Irlandia Utara di galangan kapal tempat RMS Titanic dibangun, Titanic Belfast, dan di Amerika Serikat di museum Titanic Branson dan Titanic Pigeon Forge. Itu dijual oleh rumah lelang Henry Aldridge & Son di Devizes, Wiltshire, Inggris, pada 19 Oktober 2013 seharga £ 900.000 ($1,7 juta AS), seperti dilansir BBC, NBC, dan The Washington Post [15][16][17].

Biola tersebut sekarang disimpan di Museum Titanic Belfast dan terbuka untuk dilihat umum. Ada dua retakan besar di kedua sisi pertarungan atas karena kerusakan akibat kelembapan, dan tidak lagi dapat dimainkan[18].

Setelah melihat biola dilelang di Aldridges, penyanyi/penulis lagu folk Inggris Reg Meuross terinspirasi untuk menulis lagu tentang kisah biola, "The Band Played Sweet Marie", yang dirilis di albumnya England Green dan England Grey pada tahun 2014[19].

Kisah Wallace Hartley dan biolanya juga menjadi inspirasi di balik lagu "Titanically" yang ditulis oleh penyanyi/penulis lagu Kanada Heather Rankin dan David Tyson, dengan video musik yang disutradarai oleh pembuat film Amerika-Kanada Thom Fitzgerald. Video musiknya dirilis 2 Juni 2017 untuk memperingati ulang tahun Hartley[20].

Penggambaran[sunting | sunting sumber]

  • Charles Belchier dalam A Night to Remember (film adaptasi tahun 1958 dari buku eponymous Walter Lord tahun 1955 )
  • Victor Langley di SOS Titanic ( film televisi 1979 )
  • Jonathan Evans-Jones dalam Titanic (film 1997)
  • Csongor Veer di Titanic (miniseri televisi 2012)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GENUKI. "Genuki: Bethel Independant Methodist, Colne, Lancashire". www.genuki.org.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-01. 
  2. ^ "Did faith drive Titanic musicians? - UMC.org". web.archive.org. 2011-04-20. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  3. ^ a b c d e f THE LANDS OF THE HONOUR OF SKIPTON. Cambridge University Press. 2013-03-21. hlm. 38–49. 
  4. ^ "The Music of the Titanic's Band". wormstedt.com. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  5. ^ a b "Book sources - Wikipedia". en.wikipedia.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-01. 
  6. ^ "Titanic band leader's violin is authentic, say experts". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2013-03-15. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  7. ^ "https://search.sl.nsw.gov.au/primo-explore/fulldisplay?docid=ADLIB110364442&context=L&vid=SLNSW&search_scope=EEA&tab=default_tab&lang=en_US". search.sl.nsw.gov.au (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-01.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  8. ^ "Titanic bandsmen remembered 100 years on - ABC (none) - Australian Broadcasting Corporation". www.abc.net.au. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  9. ^ "R. M. S. Titanic Bandsmen Memorial | Monument Australia". monumentaustralia.org.au. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  10. ^ "The Wallace Hartley | Pubs In Colne - J D Wetherspoon". www.jdwetherspoon.com. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  11. ^ "New Colne pub to be named after Titanic hero". Lancashire Telegraph (dalam bahasa Inggris). 2008-10-28. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  12. ^ a b News, A. B. C. "Titanic Violin Authenticated as Genuine". ABC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-01. 
  13. ^ "Violin played by bandmaster as the Titanic sank in 1912 found in musician's attic". IrishCentral.com (dalam bahasa Inggris). 2013-03-15. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  14. ^ "Violin played by bandmaster as the Titanic sank in 1912 found in musician's attic". IrishCentral.com (dalam bahasa Inggris). 2013-03-15. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  15. ^ "Titanic violin fetches £900,000 record price". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2013-10-18. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  16. ^ "World News: Latest International Headlines, Video, and Breaking Stories From Around The Globe". NBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-01. 
  17. ^ Adam, Karla (2023-05-17). "Titanic violin fetches record price at auction". Washington Post (dalam bahasa Inggris). ISSN 0190-8286. Diakses tanggal 2023-10-01. 
  18. ^ Kelly, Stuart (2013-10-23). "Authenticating the Wallace Hartley Titanic Violin". Encyclopedia Titanica (dalam bahasa Inggris). 
  19. ^ "The Band Played Sweet Marie – Reg Meuross song about Wallace Hartley's violin | Reg Meuross" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-01. 
  20. ^ "Heather Rankin releases new video for "Titanically"". Canadian Beats Media (dalam bahasa Inggris). 2017-06-02. Diakses tanggal 2023-10-01.