Harold Bride

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Harold Bride
Harold Bride pada April 1912
Lahir(1890-01-11)11 Januari 1890
Nunhead, London, Inggris
Meninggal29 April 1956(1956-04-29) (umur 66)
Glasgow, Skotlandia
Kebangsaan Britania Raya
Suami/istriLucy Downie (m.1920)
Anak3

Harold Sydney Bride (11 Januari 1890 – 29 April 1956) adalah seorang pelaut Inggris dan perwira nirkabel junior di kapal laut RMS Titanic selama pelayaran perdananya yang naas.

Setelah Titanic menabrak gunung es pada pukul 11:40 malam 14 April 1912, Bride dan rekan seniornya Jack Phillips bertanggung jawab untuk menyampaikan pesan CQD ke kapal-kapal di sekitarnya, yang menyebabkan para korban yang selamat dijemput oleh RMS Carpathia. Orang-orang tetap di pos mereka sampai kekuatan kapal hampir sepenuhnya habis. Bride tersapu dari kapal saat geladak kapal membanjiri, tetapi berhasil merangkak ke sekoci terbalik yang Dapat Dilipat 'B', dan diselamatkan oleh Carpathia kemudian di pagi hari. Meskipun terluka, dia membantu Harold Cottam, Carpathia Operator nirkabel dan teman pribadinya, mentransmisikan daftar selamat dan pesan pribadi dari kapal.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Harold Bride lahir di Nunhead, London, Inggris,[1] pada tahun 1890 dari Arthur Bride dan Mary Ann Lowe. Anak bungsu dari lima bersaudara, Bride tinggal bersama keluarganya di Bromley. Setelah sekolah dasar, Bride memutuskan bahwa dia ingin menjadi operator nirkabel dan dia bekerja dalam bisnis keluarganya untuk membantu membayar pelatihan. Dia menyelesaikan pelatihan untuk Marconi Company pada Juli 1911. Bekerja untuk Marconi, tugas laut pertamanya sebagai operator nirkabel berada di SS Haverford;[1] kemudian ia bekerja di Beaverford, LaFrance, Lusitania,[1] dan Anselmus.

RMS Titanic[sunting | sunting sumber]

Pada 1912 Harold Bride bergabung dengan awak RMS Titanic sebagai operator nirkabel junior dan asisten Jack Phillips di Belfast, Irlandia. Kisah-kisah telah muncul bahwa mempelai perempuan mengenal Phillips sebelum Titanic, tetapi Mempelai menegaskan bahwa mereka belum pernah bertemu sebelum Belfast. The Titanic meninggalkan pada pelayaran perdananya ke New York City dari Southampton, Inggris, pada tanggal 10 April. Selama perjalanan, Bride dan Phillips bekerja dari ruang nirkabel di Boat Deck, mengirimkan pesan pribadi penumpang dan menerima gunung es peringatan dari kapal lain. Pada 11 April, sehari setelah kapal berlayar, Phillips dan Bride merayakan ulang tahun Phillips yang ke-25, dengan kue-kue dibawa dari ruang makan kelas satu.[1]

Pada malam hari tanggal 14 April 1912, Bride pergi tidur lebih awal sebagai persiapan untuk meringankan Jack Phillips di tengah malam, dua jam lebih awal dari biasanya. Nirkabel tidak berfungsi sebelumnya dan Phillips sibuk mengejar tumpukan pesan pribadi penumpang yang dikirim ke Cape Race, Newfoundland.[1]

Titanic menabrak gunung es pada 23:40 malam itu dan mulai tenggelam. Bride bangun tak lama setelah itu dan bertanya kepada Phillips apa yang terjadi. Phillips mengatakan mereka menabrak sesuatu; Bride mengakui Phillips dan mulai bersiap-siap untuk pergi bertugas. Kapten Edward Smith segera datang ke kamar nirkabel yang memperingatkan Bride dan Phillips untuk siap mengirimkan sinyal bahaya. Tak lama setelah tengah malam, dia masuk dan menyuruh mereka meminta bantuan dan memberi mereka posisi kapal.[1]

Pengantin perempuan dibawa naik ke atas kapal

Jack Phillips mengirim CQD, sementara Bride memberikan pesan ke Kapten tentang kapal yang akan datang ke Titanic untuk memberikan bantuan. Namun, kapal terdekat untuk merespons, RMS Carpathia, tidak akan mencapai Titanic sampai setelah dia tenggelam. Pada suatu saat Bride mengingatkan Phillips bahwa kode baru itu adalah SOS dan dengan bercanda[2] berkata, "Kirim SOS, ini panggilan baru, dan mungkin ini adalah kesempatan terakhir Anda untuk mengirimkannya."[1] Phillips beristirahat sebentar dan Bride mengambil alih nirkabel. Phillips segera kembali ke ruang nirkabel melaporkan bahwa bagian depan kapal itu kebanjiran dan mereka harus mengenakan lebih banyak pakaian dan rompi keselamatan. Bride mulai berpakaian sementara Phillips kembali bekerja pada mesin nirkabel.

Kekuatan nirkabel hampir padam ketika Kapten Smith tiba dan memberi tahu orang-orang itu bahwa mereka telah melakukan tugasnya dan mereka merasa lega. Phillips terus bekerja sementara Bride mengumpulkan sejumlah uang dan barang-barang pribadi. Ketika punggungnya dibalik, seorang anggota kru menyelinap masuk dan mengambil rompi pelampung Phillips. Bride melihat dan meraih pria itu sementara Phillips berdiri dan menjatuhkan anggota kru.[2] Air mengalir ke dek kapal ketika mereka berlari keluar dari ruang nirkabel dan mempelai wanita mulai membantu mengeluarkan salah satu dari dua sekoci terakhir, Dilipat B, dari atap kantor petugas. Awak kapal tidak dapat meluncurkan kapal sebelum hanyut dari dek yang terbalik. Mempelai wanita juga terhanyut dari geladak dan mendapati dirinya di bawah kapal yang terbalik. Dia berenang keluar dari bawah dan naik ke atas kapal, tempat dia dan lima belas orang lainnya bisa bertahan hidup, meskipun yang dapat dilipat itu tergenang air dan perlahan-lahan tenggelam. Bride dan yang lainnya di B kemudian dibantu ke sekoci lainnya dan akhirnya dibawa naik RMS Carpathia.

Di Carpathia , Mempelai yang terluka serius beristirahat, dan kemudian membantu operator nirkabel Carpathia, Harold Cottam, mengirimkan sejumlah besar pesan pribadi dari para penyintas. Menurut Ensiklopedia Titanica : "Kebetulan, Mempelai dan Cottam bertemu sebelum bencana dan berteman baik. Setelah tragedi itu mereka tetap berhubungan selama bertahun-tahun."[2][3]

Pasca RMS Titanic[sunting | sunting sumber]

Bride, yang harus dibawa keluar dari Carpathia karena cedera pada kakinya (yang satu terkilir, yang lainnya kedinginan),[4] bertemu di New York City oleh Guglielmo Marconi dan The New York Times, yang memberi Bride $ 1.000 untuk kisah eksklusifnya, Kisah Mendebarkan Manusia Nirkabel Titanic yang Bertahan.[5] Bride kemudian memberikan kesaksian dalam penyelidikan Amerika dan Inggris tentang bencana Titanic, menggambarkan apa peringatan gunung es telah diterima dan apa yang terjadi pada malam bencana.

Dalam American Enquiry, Bride juga ditanyai tentang mengabaikan permintaan akan informasi, sementara mengenai Carpathia , dari pers dan Angkatan Laut AS, yang ingin mengetahui nasib teman pribadi dan asisten Presiden Taft, Archibald Butt. Bride menyatakan bahwa prioritas diberikan pada pesan-pesan pribadi dan daftar orang yang selamat dari menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pers dan mengklaim bahwa Angkatan Laut tidak memahami sinyal-sinyal Morse Inggris, yang ditolak oleh Angkatan Laut. Perusahaan Marconi dituduh secara diam-diam mendirikan New York Times mewawancarai Bride dan memberi tahu dia dan Harold Cottam untuk tetap diam sampai mereka tiba di New York, tetapi Marconi membantah tuduhan itu. Hal ini tidak dikejar, dan mempelai wanita dianggap sebagai salah satu pahlawan bencana.[6]

Meskipun menjadi saksi kunci dalam penyelidikan, Bride tidak menonjolkan diri setelah tenggelam. Sebelum Titanic, pada 16 Maret 1912, ia bertunangan dengan Mabel Ludlow,[4] tetapi ia memutuskan pertunangan pada bulan September ketika ia bertemu dengan Lucy Downie, yang dinikahinya pada 10 April 1920. Pada Agustus 1912, London via Melbourne, catatan menunjukkan pengantin wanita yang naik SS Medina sebagai Operator Marconi. Selama Perang Dunia I, Bride menjabat sebagai operator nirkabel di kapal uap Mona's Isle, dan pada tahun 1922 ia dan Lucy pindah ke Glasgow, di mana Bride menjadi salesman. Mereka memiliki tiga anak: Lucy pada 1921, John pada 1924, dan Jeanette pada 1929.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Bride meninggal di usia 66 karena kanker paru-paru pada tanggal 29 April 1956 di Glasgow. Tubuhnya dikremasi di Glasgow, dan abunya berserakan di taman kapel krematorium.[7]

Penggambaran di film[sunting | sunting sumber]

Harold Bride telah digambarkan dalam banyak penggambaran dramatis dari bencana Titanic, termasuk:

Dia adalah karakter utama dalam panggung musikal Titanic oleh Maury Yeston dan Peter Stone, dan dimainkan oleh Martin Moran dalam pertunjukan perdana Broadway 1999.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g "Wireless Man of Titanic Describes Wreck of Vessel". The Washington Times. April 19, 1912. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-18. Diakses tanggal 18 May 2015. 
  2. ^ a b c Harold Bride, Surviving Wireless Operator of the Titanic (19 April 1912). "Thrilling Story by Titanic's Surviving Wireless Man; Bride Tells How He and Phillips Worked and How He Finished a Stoker Who Tried to Steal Phillips's Life Belt -- Ship Sank to Tune of 'Autumn'". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-13. Diakses tanggal 10 July 2010. 
  3. ^ "Mr. Harold Sydney McBride." Encyclopedia Titanica. Retrieved 2010, 10 July.
  4. ^ a b Harold Bride (1912, 21 April). "Harold Bride Resting". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-31. Diakses tanggal 2020-04-13. 
  5. ^ Testimony of Harold S. Bride, recalled (1912, 29 April). "United States Senate Titanic Inquiry, Day 10". Titanic Inquiry Project. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-09. Diakses tanggal 2020-04-13. 
  6. ^ Rutman, Sharon; Jay Stevenson (1998). The Complete Idiot's Guide to the TitanicPerlu mendaftar (gratis). Alpha Books. ISBN 0-02-862712-1. 
  7. ^ Entry for Harold Bride in Findagrave, https://www.findagrave.com/cgi-bin/fg.cgi?page=gr&GRid=13055305 Diarsipkan 2017-08-14 di Wayback Machine.
  8. ^ IMDb Entry: The Last Signals Diarsipkan 2017-04-18 di Wayback Machine., Retrieved 7 July 2013