Vytynanky (Wycinanki)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Wycinanki dalam bahasa Polandia atau Vytynanky dalam bahasa Ukraina adalah kesenian melipat dan memotong kertas yang banyak dilakukan oleh orang Polandia, Belarusia dan Ukraina.

Ukraina[sunting | sunting sumber]

Bukti sejarah menunjukkan bahwa vytynanky mulai dibuat di Ukraina pada akhir abad lima belas awal enam belas, namun masih memerlukan waktu cukup lama untuk menjadi bagian seni dekorasi dan hanya dilakukan oleh kalangan bawah saja. Baru pada abad sembilan belas, kesenian ini menyebar ke seluruh wilayah Ukraina.[1]

Vytynanky, biasanya dibuat untuk menyambut hari hari besar keagamaan dan hari libur, untuk mempercantik rumah di luar dekorasi yang sudah ada sehari-hari. Untuk hari natal dan paskah misalnya, membuat model malaikat, gereja dan hiasan-hiasan bertema kristiani yang ditempelkan di dinding. Untuk pernikahan, model seperti burung merpati, bunga-bunga dan bentuk pohon kehidupan sering digunakan.

Polandia[sunting | sunting sumber]

Wycinanki dari Kurpie

Wycinanki di Polandia menjadi seni rakyat populer pada pertengahan 1800-an.[2]

Wycinanki digunakan sebagai hiasan pada pintu, jendela dan untuk hiasan pada kado.[3] Masing masing daerah mempunyai ciri khas yang berbeda beda, misalnya di daerah Kurpie biasanya menggunakan satu warna saja, sedangkan pada daerah Łowicz lebih berwarna.

Di beberapa kota sering diselenggarakan kejuaraan membuat wycinanki yang paling cantik, biasanya diadakan di daerah pedalaman. Teknik pengerjaannya diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi dengan pengembangan tema tema baru yang lebih detail.

Paviliun Polandia pada Shanghai Expo 2010 di Shanghai berdasarkan desain wycinanki.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vytynanka — an art of decorative paper cutting
  2. ^ "Polish folk art - Paper Cutout / Wycinanki," PolskiInternet, retrieved 2010-09-14
  3. ^ Wycinanky, Madelyn Joyce

Pranala luar[sunting | sunting sumber]