Vulkan Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Vulkan Group
Situs webwww.vulkan.com

Vulkan group adalah perusahaan asal Jerman yang memiliki 3 divisi yaitu: Vulkan Couplings, Vulkan Drivetech dan Vulkan Lokring. Produk Vulkan terdiri dari: Coupling, Clutch, fleksible mounts dan Elemen penghubung untuk alat-alat pendingin.[1] Vulkan group adalah perusahaan keluarga yang berlokasikan di kota Herne di daerah Ruhr, Jerman Barat. Hingga kini perusahaan ini telah aktif di 51 negara dan mempunyai 19 anak perusahaan, 50 agensi dan 5 lokasi produksi yang tersebar di beberapa negara.

Hackforth Holding GmbH & Co. KG adalah sebuah perusahaan manajemen untuk mengelola anak perusahaan sejak tahun 2008.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada akhir Perang Dunia I di tahun 1918, perusahaan Heinrich Behrend diakuisisi dan berganti nama menjadi Dortmunder Vulkan AG. Saat itu couplings digunakan dalam semua jenis transmisi, seperti rolling mills, cranes, ships, locomotives, presses dan winches. Dan untuk reversing gear yang dirancang oleh Otto Hegemann merupakan era baru dalam pembuatan Gear untuk aplikasi dibidang maritim.

Pabrik mesin Hackforth & Co. Yang berlokasi sebelumnyadi Wanne-Eickel mengambil alih produksi Vulkan pada tahun 1941, yang mana setelah Perang Dunia II berakhir, merupakan awal mula kesuksesan dalam pengembangan produk bagi kedua perusahaan tersebut.

Selanjutnya, pada tahun 1945, rekonstruksi dimulai di lokasi di Heerstraße, Herne, Jerman, kantor pusat perusahaan saat ini.

Era baru bagi perusahaan bermula pada 1951 dengan perjanjian untuk lisensi dengan Waldemar Zadow. Vulkan mendapat hak lisensi eksklusif untuk memproduksi dan mendistribusikan highly flexible coupling ke seluruh dunia. Produksi Coupling tipe VULKAN EZ ini yang mana permohonan patennya telah diajukan, dimulai.

Selanjutnya, pada tahun 1956, Bernhard Hackforth mengakuisisi Vulkan, dan kantor pusat perusahaan pun berpindah dari Dortmund ke Wanne-Eickel. Seiring dengan kemajuan di sektor mesin diesel, kapasitas flexible coupling dikembangkan lebih lanjut hingga torsi mencapai 220 kNm.

Selanjutnya, pada tahun 1967, Vulkan memproduksi flexible coupling terbesar yang pernah diproduksi di dunia.

Mulai tahun 1970-an, beberapa anak perusahaan didirikan, dan perusahaan yang awalnya dijalankan sebagai kepemilikan tunggal, diubah menjadi kemitraan terbatas dengan nama Vulkan Kupplungs- und Getriebebau Bernhard Hackforth GmbH & Co. KG. Tahun 1978 merupakan awal dimulainya diversifikasi yang mana Perusahaan Vulkan Lokring Rohrverbindungen GmbH & Co. KG didirikan. Pada bulan Oktober 1977 Bernhard Hackforth menyerahkan satu-satunya manajemen Vulkan Kupplungs- und Getriebebau kepada putranya Bernd Hackforth untuk fokus mengelola perusahaan baru Vulkan Group.

Untuk menyelaraskan rangkaian produk global dan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, maka strategi bisnis Vulkan group dibagi menjadi tiga divisi bisnis pada tahun 2008, yaitu: VULKAN Couplings, VULKAN Drive Tech, VULKAN Lokring.

Generasi keempat mengambil alih tanggung jawab sejak 2011: Sebastian Hackforth menjadi President Director. Vulkan meresmikan kantor pusat perusahaan baru di kantor pusatnya di Herne pada tahun 2015.

Produk dan Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Aplikasi Marine dan generator[sunting | sunting sumber]

Vulkan Couplings adalah divisi yang bergerak dibidang aplikasi kelautan dan tenaga penggerak generator. Di antara produk-produknya terdapat kopling elatisitas tinggi, peredam getaran & poros transmisi [2] untuk aplikasi kelautan dan pembangkit energi

stasioner. Divisi ini juga menyediakan layanan seperti analisis getaran torsi pada sistem propulsi,[3] serta pelayanan di lapangan untuk start-up sistem, pemeliharaan, juga pengecekan langsung di lapangan.[4]

Sistem propulsi kapal[sunting | sunting sumber]

Segmen ini merupakan segmen bisnis Vulkan Kopling yang memiliki aktivitas penjualan terkuat di Vulkan grup. Kapal dengan konsep penggerak mekanik diesel atau diesel elektrik (baik mesin utama dan tambahan) cenderung menggunakan kopling elastisitas tinggi, Vulkan juga menawarkan produk – produk lain untuk aplikasi kelautan yaitu poros, dudukan elastis, kopling pemindah, dan jasa pengurangan getaran kebisingan.[5]

Vulkan juga mengembangkan teknik untuk sistem propulsi terintegrasi untuk penggerak hibrida yang disebut sebagai proyek Vulkan hybrid architect, yang menawarkan solusi khusus di mana Vulkan sebagai integrator sistem.[6][7]

Beberapa contoh kapal yang menggunakan produk ini ialah transportasi ekspedisi cepat Spearhead dan kapal tempur pesisir milik Angkatan Laut AS, kapal keruk isap Inai Kenanga, kapal rumah sakit "Esperanza del Mar", poros komposit untuk kapal tugs VectRA 3000- class, kopling untuk tug Herakles, "Ariake" FPSO, kopling untuk "Pionering Spirit" atau kopling elastisitas tinggi untuk proyek e-ferry program EU H2020.[8][9][10][11][12]

Pembangkit listrik stasioner[sunting | sunting sumber]

Di antara aplikasi darat (mesin yang terpasang kopling fleksibel & kaku) terdapat stasiun pembangkit listrik dan pembangkit tenaga listrik darurat, serta pembangkit tenaga listrik nuklir...[13] .

Produk utamanya adalah mesin yang terpasang kopling fleksibel (dengan konfigurasi mesin yang terpasang secara elastis, kopling Vulkardan E, Rato S atau Rato R yang dapat digunakan tergantung pada persyaratan instalasi tertentu) dan untuk mesin yang dipasang dengan kaku dapat menggunakan Rato DG, Rato S, Rato R dan kopling Vulkardan G tergantung pada sistem yang dibutuhkan.

Solusi sistem penggerak industrii[sunting | sunting sumber]

Divisi solusi sistem penggerak industri merupakan bagian dari Vulkan Drive Tech yang memproduksi kopling fleksibel, kopling kaku, kopling pemindah industri & rem industri, sistem poros, backstops dan dudukan elastis untuk aplikasi industri.[14] Produk ini

digunakan di area utama berikut:

  • Di bidang minyak & gas, sebagai solusi penggerak untuk semua langkah yang terlibat dalam rantai proses minyak dan gas: rantai proses minyak & gas,fleksibel, kopling fleksibel dan kopling torsi kaku, sistem rem untuk kipas, blower dan sistem derek.
  • Di bidang pertambangan, kopling dan sistem rem untuk mesin penggali dan mesin pembersih, sistem konveyor, mesin curah semen, mesin curah, agitator dan pemisah, system penyortiran & penggilingan..
  • Dalam bidang penanganan material kapasitas besar, terutama alat pemindah elektrik, gantry crane EOT. Vulkan menyediakan kopling untuk poros kecepatan tinggi & kecepatan rendah, rem operasional & rem darurat, backstops dan roda bebas.
  • Untuk Industri Besi & Baja, terutama pada pengecoran & mesin laminasi, kopling fleksibel dan kaku serta rem & backstops.[15]
  • Pembangkit listrik tenaga air & angin biasanya memiliki rem rotor untuk poros kecepatan tinggi.

Pendingin dan AC[sunting | sunting sumber]

Divisi Lokring Vulkan memiliki teknologi yang dipatenkan untuk menghubungkan komponen alat pendingin. Jenis penyatuan ini terdiri dari nir-solder and sambungan tabung permanen. Produk - produk tersebut banyak digunakan dalam pendingin industri & pendingin udara, peralatan pendingin dan pendingin udara mobil. Teknologi ini ditemukan oleh NASA untuk dipasang pada Pesawat Ulang-alik dan patennya kemudian dibeli untuk digunakan pada aplikasi sipil.[16]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "VULKAN Group". www.vulkan.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-22. Diakses tanggal 2021-02-25. 
  2. ^ Vavatsikos, D. (2021).
  3. ^ Seiler, Robin Daniel (2019). "Structure-borne Noise Reduction of Gearboxes in Maritime Application". Proceedings of the ICA 2019 and EAA Euroregio : 23rd International Congress on Acoustics (dalam bahasa Inggris). integrating 4th EAA Euroregio 2019 : 9-13 September 2019: 9 Sep 201913 Sep 2019; Aachen (2019). doi:10.18154/RWTH-CONV-238903. ISSN 2226-7808. 
  4. ^ "Division". www.vulkan.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-26. Diakses tanggal 2021-02-25. 
  5. ^ "Diesel & Gas Turbine Worldwide Spring 2020 | Powered by Pocketmags". digimag.dieselgasturbine.com. Diakses tanggal 2021-03-28. 
  6. ^ Repetti, Gian Piero (January 2021). "Navigare en silencio 2 - Sailing in silence 2". Barche: 60–68. 
  7. ^ Repetti, Gian Piero (March 2021). "Sempre più green - More and more green". Barche: 54–62. 
  8. ^ "Vulkan's largest clutches serve dredger pumps". Riviera (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-11. 
  9. ^ Navalia, Comunicación. "Metalships chooses VULKAN couplings for ship hospital "Esperanza del mar"". NAVALIA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-11. 
  10. ^ "Robert Allan introduces VectRA series of tractor tugs". Professional Mariner (dalam bahasa Inggris). 2016-03-08. Diakses tanggal 2021-03-18. 
  11. ^ "Powerful high-speed engine at the heart of an FPSO". Riviera (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-11. 
  12. ^ "VULKAN @ e-ferry from the EU-H2020 program". Norway Exports. February 19, 2020. 
  13. ^ "Stationary Energy Production". www.vulkan.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-25. Diakses tanggal 2021-02-25. 
  14. ^ "Industrial Drive Solutions - VULKAN Drive Tech". www.vulkan.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-25. Diakses tanggal 2021-02-25. 
  15. ^ "Casting & Lamination Machinery". www.vulkan.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-26. Diakses tanggal 2021-02-25. 
  16. ^ "Lokring Fitting, Lokring Tool Pipe Connection Expert". Miracle (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-11.