Vasily Zaitsev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Vasily Grigoryevich Zaytsev
Berkas:Vasily.Zaitsev.jpg
Zaytsev membawa senapan Mosin-Nagant di Stalingrad, Oktober 1942
Lahir 23 Maret 1915
Yeleninskoye, Ketsaran Rusia
Meninggal 15 Desember 1991 (umur 76)
Kiev, USSR
Penghargaan Pahlawan Uni Soviet
Ordo Lenin
Ordo Bendera Merah, 2 kali
Ordo Perang Patriotik, Kelas 1
Medali untuk Pertahanan Stalingrad
Medali untuk Kemenangan Atas Jerman

Vasily Grigorevich Zaytsev (bahasa Rusia: Василий Григорьевич Зайцев, IPA: [vʌˈsʲilʲɪj ɡrʲɪˈɡorʲjevʲɪtɕ ˈzajtsɨf]; 23 Maret 1915 – 15 Desember 1991) adalah penembak runduk Soviet selama Perang Dunia II. Antara 10 November hingga 17 Desember 1942, dalam Pertempuran Stalingrad, Zaitsev berhasil membunuh 225 tentara dan seorang perwira Wehrmacht.[1] Sebelum 10 November, ia telah membunuh 32 tentara blok Poros dengan senapan Mosin-Nagant.[1] Antara Oktober 1942 dan Januari 1943, Zaytsev dipastikan telah membunuh 242 orang.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Zaytsev lahir di Yeleninskoye dan dibesarkan di Pegunungan Ural, tempat ia belajar menembak rusa dengan kakek dan adiknya. Ketika berusia 12 tahun, ia berhasil membunuh seekor serigala. Julukannya berasal dari kata zayats dalam bahasa Rusia yang berarti "kelinci".

Karier perang[sunting | sunting sumber]

Zaytsev bertugas di Angkatan Laut Soviet sebagai pegawai di Vladivostok. Ketika pasukan Nazi menyerang Uni Soviet, Zaytsev, seperti banyak rekan-rekannya, secara sukarela dikirim ke garis depan. Pada saat itu dia sudah mencapai pangkat Sersan Mayor.

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 22 September 1942, Zaytsev menyeberangi Sungai Volga dan bergabung dengan Resimen Senapan 1047 dari Divisi Senapan ke-284, Angkatan Darat ke-62, yang dipimpin oleh Jenderal Nikolai Batyuk. Suatu hari, komandan Zaytsev memanggilnya dan menunjuk seorang tentara musuh dalam sebuah jendela yang 800 meter jauhnya. Zaytsev membidiknya dengan senapan Mosin-Nagant, dan dengan satu tembakan, prajurit tersebut tewas. Tak lama kemudian, dua tentara Jerman lainnya muncul di jendela untuk memeriksa perwira mereka yang gugur. Vasily melepaskan dua tembakan lagi, dan mereka tewas. Karena keberhasilan ini, Vasily mendapat Medali Keberanian dan senapan runduk.[2] Namanya terangkat oleh propaganda yang menyebutnya sebagai pahlawan dan teladan untuk tentara lain. Dengan kemampuannya sebagai penembak runduk, Vasily mendirikan sekolah pelatihan penembak runduk di pabrik Metiz. Muridnya dijuluki zaichata, yang berarti bayi kelinci. Diperkirakan bahwa penembak runduk yang dilatih Zaytsev telah membunuh lebih dari 6.000 tentara musuh selama Perang Dunia II.[2]

Selama kariernya sebagai penembak jitu, Zaitsev bersembunyi di segala macam tempat - di dataran tinggi, di bawah reruntuhan, dalam pipa air. Setelah membunuh musuh ia akan mengubah posisinya. Bersama dengan rekannya Nikolay Kulikov, Zaytsev akan bersembunyi dan menyergap. Salah satu taktik Zaytsev adalah dengan melindungi suatu wilayah luas dari tiga posisi dengan dua orang pada setiap titik - penembak runduk dan pengintai. Taktik ini, yang dikenal dengan julukan "enam", masih digunakan hingga kini, seperti dalam perang Chechnya.[2]

Zaytsev turut serta dalam pertempuran Stalingrad hingga Januari 1943, ketika serangan mortir mencederai matanya. Ia dibawa ke Profesor Filatov, yang kemudian berhasil memulihkan penglihatannya. Pada 22 Februari 1943, Zaytsev dianugerahi gelar Pahlawan Uni Soviet. Dia kemudian kembali ke garis depan dan menyelesaikan perang di Dataran Tinggi Seelow, Jerman, dengan pangkat militer Kapten.

Setelah perang, Zaitsev menetap di Kiev. Ia lalu masuk ke universitas tekstil sebelum memperoleh pekerjaan sebagai insinyur. Dia menjadi direktur pabrik tekstil di Kiev, dan tetap di kota itu sampai ia meninggal pada tahun 1991, hanya 10 hari sebelum jatuhnya Uni Soviet. Zaitsev dimakamkan di Kiev, meskipun ia meminta dimakamkan di Stalingrad.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Biografi (dalam bahasa Rusia) di situs Pahlawan Uni Soviet dan Rusia
  2. ^ a b c Russiapedia

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Zaitsev, Vassili (2003). Notes of a Sniper. Trans. David Givens, Peter Kornakov, Konstantin Kornakov. Ed. Neil Okrent. Los Angeles: 2826 Press Inc. ISBN 0-615-12148-9.
  • Beevor, Antony (1998). Stalingrad. London: Penguin Books Ltd. ISBN 0-14-100131-3.
  • Robbins, David L. (2000). War of the Rats. New York: Bantam Books. ISBN 0-553-58135-X.
  • The Reader's Digest Illustrated History of World War II (1989). London: Reader's Digest Association Limited. ISBN 0-89577-333-3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]