Pengunduhan dan pengunggahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk kegunaan Wikipedia, lihat Bantuan:Pengunggahan dan Wikipedia:Pengunduhan basis data.

Unduh[1] (bahasa Inggris: download) dan unggah[1] (bahasa Inggris: upload) dalam teknologi informasi komunikasi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses transfer berkas pemindahan data elektronik antara dua komputer atau sistem serupa lainnya.

Istilah lain[sunting | sunting sumber]

Ambil berkas[2] dan ambil data diperkenalkan untuk padanan download. Sedangkan beri berkas[3] diperkenalkan sebagai padanan upload.

Mengunggah[sunting | sunting sumber]

Mengunggah adalah proses mengirim data (umumnya berbentuk berkas) dari komputer pribadi ke suatu sistem seperti server web, server FTP atau sistem serupa lainnya yang kemudian akan dipublikasikan di internet baik secara pribadi atau umum (dapat dinikmati oleh semua pengguna internet).

Sideload[sunting | sunting sumber]

Ketika diterapkan untuk transfer lokal (pengiriman data dari satu sistem lokal ke sistem lokal), seringkali sulit untuk memutuskan apakah itu adalah mengunggah atau mengunduh. Secara teknis jika pengguna menggunakan perangkat penerima untuk melakukan transfer maka akan mengunduh dan jika mereka menggunakan perangkat pengirim untuk memulai itu akan mengunggah. Namun, sebagai nonteknis kebanyakan pengguna cenderung menggunakan istilah mengunduh untuk mengacu pada setiap mentransfer data, istilah sideload kadang-kadang digunakan untuk untuk menyatakan transfer lokal, untuk mengakhiri kebingungan ini.

Pengungggahan jarak jauh[sunting | sunting sumber]

Ketika ada transfer data dari sistem jarak jauh, proses ini disebut mengunggah jarak jauh (remote uploading'"). Hal ini dilakukan beberapa layanan hos berkas sambung jaring (online file hosting services).

Mengunggah jarak jauh dilakukan dalam situasi komputer yang perlu berbagi (berkongsi) data berada pada jaringan area lokal jarak jauh berkecepatan tinggi (distant high speed local area network), dan kendali jarak jauh sedang dilakukan dengan menggunakan koneksi modem dial-up relatif lambat.

Contoh:

  • Pengguna jarak jauh mengakses suatu layanan hos berkas (file hosting service) di MyRemoteHost.
  • Pengguna menemukan sebuah berkas publik di PublicRemoteHost dan ingin menyimpan salinan di MyRemoteHost mereka.
  • Untuk memiliki itu mereka melakukan "pengunggahan jarak jauh" berkas dari PublicRemoteHost ke MyRemoteHost.
  • Tidak satupun dari hos yang terletak pada jaringan lokal pengguna.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]