Sistem papan buletin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Contoh sistem papan buletin Monochrome 730

Sistem Papan Buletin atau yang lebih dikenal dengan istilah bahasa Inggris Bulletin Board System (BBS) adalah sistem elektronik yang standar, rendah biaya, dan akar rumput untuk menyiarkan atau merespon informasi mengenai suatu tema yang spesifik. Sistem papan buletin dijalankan secara lokal dan sering terhubung dengan sistem papan buletin lain dalam skala nasional atau internasional. Biasanya, jaringan-jaringan ini memberikan pelayanan dalam daerah yang berdekatan secara geografis dan kebutuhan spesifik dari pengguna lokal.

Pada awalnya, pengguna sistem papan buletin hanya dapat mengakses program ini melalui saluran telepon yang terhubung dengan modem, namun pada awal tahun 1990, beberapa pengguna sistem papan buletin dapat mengaksesnya melalui Telnet, paket jaringan berganti (packet switched network), atau koneksi radio paket (packet radio connection).

Konsep dari sistem papan buletin sendiri mengacu pada cara tradisional menempelkan pesan pada papan buletin yang biasa ditemukan di pintu masuk supermarket, sekolah, perpustakaan, atau tempat umum lainnya dimana orang-orang dapat menyebarkan pesan, iklan, ataupun berita komunitas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendahulu dari sistem papan buletin publik adalah komunitas memori (memory community) yang dimulai pada tahun 1972 di Berkeley, Califonia, menggunakan terminal kabel keras (hardwired) yang ditempatkan di daerah perumahan lokal. Sistem papan buletin yang pertama untuk umum dinamakan sistem papan buletin terkomputerisasi (Computerized Bulletin Board System), dimana pengembangan perangkat lunak dilakukan oleh Ward Christensen, sedangkan konfigurasi perangkat keras oleh Randy Suess. Sistem papan buletin terkomputerisasi ini mulai dapat digunakan pada tanggal 16 Februrari 1978 di Chicago, Illinois. Informasi yang ditampilkan dalam program sistem papan buletin menggunakan teks ASCII atau seni ANSI, meskipun ada beberapa eksperimen program sistem papan buletin menggunakan format tampilan dengan resolusi yang lebih tinggi seperti protokol pencitraan jarak jauh atau remote imaging protocol.

Di masa gemilangnya dari akhir tahun 1970 sampai pertengahan 1990, operator sistem atau operator system (SysOp) menggunakan sistem papan buletin sebagai hobi tanpa dikenakan biaya, di mana pengguna sistem papan buletin lain harus membayar biaya langganan untuk dapat mengakses program tersebut. Ada juga sistem papan buletin yang dioperasikan oleh perusahaan untuk meningkatkan pelayanan mereka terhadap pelanggan. Sistem papan buletin dalam banyak aspek merupakan cikal bakal dari World Wide Web dan aspek-aspek lain dari internet.

Sejalan dengan penggunaan internet yang lebih luas pada pertengahan tahun 1990, popularitas dari BBS semakin memudar. Dewasa ini, forum-forum internet menempati ruang sosial dan teknologi sama seperti yang pernah dilakukan oleh sistem papan buletin, dan program sistem papan buletin sendiri sekarang lebih sering digunakan untuk lingkup forum daring internal atau papan pesan.

Perangkat halus dan perangkat keras[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan PC-DOS (MS-DOS) pertama yang berbasis IBM PC, dan sejalan dengan popularitas yang mendunia dari PC, MS-DOS kemudian menjadi tempat di mana mayoritas dari program sistem papan buletin dapat dijalankan. Popularitas MS-DOS kemudian digantikan oleh sistem operasi multitasking seperti OS/2, Windows NT 4.0, dan juga Linux. Sistem operasi tersebut juga menyediakan jaringan TCP/IP terintegrasi yang memungkinkan peningkatan sistem papan buletin, termasuk kemampuan pemandu internet.

Tampilan[sunting | sunting sumber]

Contoh kode ASCII

Tampilan program sistem papan buletin pada umumnya berbasis tulisan, dan sistem papan buletin terdahulu menggunakan karakter ASCII sederhana. Namun seiring perkembangan waktu, kebanyakan program terminal mulai menggunakan standar ANSI. Dalam grafis daring, bentuk yang paling populer adalah seni ANSI yang merupakan kombinasi dari rangkaian karakter dan simbol IBM extended ASCII dengan ANSI escape sequences yang memungkinkan mengubah warna sesuai keinginan. Selain itu, seni ANSI juga menyediakan kursor kontrol serta format layar, bahkan dering musik dasar. Antara akhir tahun 1980 dan awal tahun 1990, kebanyakan program sistem papan buletin menggunakan ANSI untuk membuat penggabungan layar selamat datang dan tampilan menu yang berwarna. Perkembangan dari seni ANSI semakin populer, keadaan yang membuat seluruh subkultur seni sistem papan buletin menggunakan pada seni ANSI.

Konten dan Pengaksesan[sunting | sunting sumber]

Sistem-sistem papan buletin yang paling awal sebagian besar berisi seputar komputer, khususnya mengenai perangkat keras dan perangkat lunak. Kebanyakan operator sistem berasal dari komunitas radio amatir sehingga radio paket dan amatir menjadi topik yang paling banyak dibicarakan. Seiring perkembangan sistem papan buletin, muncul sistem papan buletin yang mengangkat tema-tema lainnya, seperti politik, agama, musik, percintaan, dan gaya hidup alternatif.

Meskipun demikian, tidak dapat dihindarkan terjadinya penyalahgunaan. Hal itu dapat dilihat dari terbentuknya papan buletin yang khusus mendistribusikan perangkat lunak bajakan, palsu, pornografi, dan hal-hal lain yang sifatnya tidak sah secara hukum. Papan-papan buletin ini biasa dikenal dengan istilah “elite boards” atau “warez boards”.

Jenis papan buletin lain yang banyak muncul adalah “support BBS” yang dijalankan oleh produsen dari produk komputer maupun perangkat lunak untuk membantu pengguna produk yang bersangkutan. Dalam papan-papan buletin ini, terdapat forum tanya jawab, berita terbaru, dan unduhan.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Papan buletin menyediakan fitur-fitur yang bermanfaat, seperti surat elektronik, fasilitas konferensi sederhana, mengunggah dan mengunduh perangkat lunak dan data, papan buletin untuk memublikasikan dan membaca pesan, kemampuan bertukar pesan dengan pengguna lain, dan beragam pelayanan lainnya yang terkait dengan tujuan atau lokalitas dari papan buletin itu sendiri. Informasi yang dapat diterima ditentukan dari fitur jaringan lokal. Jaringan ini menyerap biaya yang sangat sedikit dan sangat mudah untuk diaplikasikan. Untuk mengakomodasi jumlah pengguna yang besar, tampilan dari sistem papan buletin tetap relatif sederhana dan dapat digunakan dalam semua sistem komputer.

Program sistem papan buletin yang beroperasi di seluruh dunia jumlahnya ribuan, di antaranya adalah FrEdMail, FiDOnet, ENAN, K 12net, berbagai komunitas Free-Nets. Sebagai contoh di Indonesia, ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya menggunakan sistem papan buletin berbasis desktop yaitu BBS Informatika dan Aisha. Aplikasi desktop mempunyai daya jangkau yang terbatas di dalam jaringan area lokal atau LAN (Local Area Network) di mana server database terpasang.

Jaringan[sunting | sunting sumber]

Papan-papan buletin yang ada masing-masing dioperasikan secara terpisah sesuai jaringannya. Informasi yang terdapat di dalam sebuah papan buletin tidak pernah keluar dari sistemnya, dan pengguna hanya dapat berinteraksi dengan informasi dan komunitas pengguna dalam sebuah sistem papan buletin yang sama. Namun setelah penggunaan sistem papan buletin semakin menyebar, muncul keinginan untuk menghubungkan sistem-sistem yang berbeda untuk berbagi pesan dan berkas dengan sistem dan pengguna yang berjauhan. Jaringan akses poin atau yang dikenal dengan nama network access points (NAPs) menjadi penghubung utama antara banyak jaringan tersebut dalam satu region. Jaringan semacam ini yang terbesar adalah FidoNet.

Mengikuti kesuksesan FidoNet, banyak jaringan-jaringan sistem papan buletin lain yang kemudian menggunakan standar dan perangkat lunak sama yang disebut FidoNet Technology Networks (FTN). Jaringan-jaringan baru ini biasanya lebih kecil dan ditujukan untuk kalangan yang lebih terbatas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Kurshans, Barbara L. (1996). Educator's Guide to Electronic Networking: Creating Virtual Communities. Darby, PA: Diane Publishing Co. hlm. 33. ISBN 0937597376. 
  • Kent, Peter (2006). Search Engine Optimization for Dummies II. For Dummies. ISBN 0471979988. 
  • Jones, Steve (2003). Encyclopedia of New Media: an Essential Reference to Communication and Technology. New York: Sage Publications. ISBN 0761923829. 
  • Wood, Andrew F.; Matthew J. Smith (2001). Online Communication: Linking Technology, Identity, and Culture. New York: Routledge. ISBN 0805837310. 
  • Dewey, Patrick R. (1987). Essential Guide to Bulletin Board Systems. New York: Meckler. ISBN 0887360661. 
  • Azarmsa, Reza (1991). Educational Computing: Principles and Applications. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology. hlm. 187. ISBN 0877782229. 
  • Grieser, Gunter; Yuzuru Tanaka, Akihiro Yamamoto (2003). Discovery Science: 6th International Conference, DS 2003 Sapporo, Japan, October 17-19, 2003: Proceedings. New York: Springer. hlm. 328. ISBN 3540202935. 
  • Targowski, Andrzej (2003). Electronic Enterprise: Strategy and Architecture. Hershey, PA: Idea Group Inc (IGI). hlm. 102–103. ISBN 1931777772. 
  • Ray, John (2001). Sams Teach Yourself Dreamweaver UltraDev 4 in 21 Days. Lexington, KY: Sams Publishing. hlm. 455–456. ISBN 0672319012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]