Ubol Ratana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ubolratana Rajakanya
Putri Thailand
Puteri Ubol Ratana bersama anaknya, Ploypailin Jensen.
Puteri Ubol Ratana bersama anaknya, Ploypailin Jensen.
Pasangan Peter Ladd Jensen (menikah pada 1972, bercerai pada 1998)
Anak
Ploypailin Jensen
Bhumi Jensen
Sirikitiya Jensen
Wangsa Wangsa Mahidol
Dinasti Chakri
Ayah Raja Bhumibol Adulyadej (Rama IX)
Ibu Sirikit
Lahir 05 April 1951 (umur 63)
Lausanne, Swiss
Agama Buddha

Puteri Ubol Ratana (bahasa Thai: ทูลกระหม่อมหญิง อุบลรัตน์ฯ); nama lengkap: ทูลกระหม่อมหญิง อุบลรัตนราชกัญญา สิริวัฒนาพรรณวดี, "Tunkramhom Ying Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Phannavadi"; lahir pada 5 April 1951 di Lausanne, Swiss) adalah anak pertama dari Raja Bhumibol Adulyadej dan Ratu Sirikit dari Thailand.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Setelah menamatkan sekolah menengahnya, ia melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat, Ia belajar di Institut Teknologi Massachusetts pada jurusan matematika dan kemudian di Universitas California di Los Angeles. Saat di Institut Teknologi Massachusetts, ia bertemu dengan pria yang kelak menjadi suaminya, Peter Ladd Jensen. Ia lulus dengan gelar Master untuk ilmu kesehatan masyarakat di Universitas California di Los Angeles.

Perkawinan dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Puteri Ubol Ratana menikahi Peter Ladd Jensen pada 1972. Ia melepaskan gelar kerajaannya dan tinggal di Amerika Serikat dengan suaminya. Anak pertama mereka, seorang puteri, Ploypailin yang lahir pada 1981; kemudian mendapatkan seorang putera, Poom Jensen (dikenal juga sebagai Khun Bhumi) pada 1983 dan satu puteri lagi, Sirikitiya pada 1985. Setelah dikabarkan memiliki masalah rumah tangga, mereka bercerai resmi pada 1998. Puteri Ubol Ratana dan anak-anaknya tinggal di San Diego, California hingga 2001. Setelah itu mereka kembali ke Thailand.

Puteranya, Bhumi, lahir dengan autisme. Bhumi menjadi salah satu korban Gempa bumi Samudra Hindia 2004 ketika tengah berlibur dengan ibunya. Pemakamannya dibuat sebagai pemakaman kerajaan yang dihadiri oleh para keluarga kerajaan.

Gelar kerajaan[sunting | sunting sumber]

Puteri Ubol Ratana lahir dengan gelar Yang Mulia dan Puteri Chao Fa, namun kelak dilepaskannya saat menikah dengan Peter Jensen. Gelar Puteri Chao Fa hilang karena ia menikahi masyarakat awam.

Penghargaan Dalam Negeri[sunting | sunting sumber]

Ubol Ratana menerima beberapa penghargaan dari Kerajaan Thailand:

Penghargaan Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]