USS Pasadena (SSN-752)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
USS Pasadena (SSN-752)
Karier USN Jack
Dipesan: 30 November 1982
Mulai dibuat: 20 Desember 1985
Diluncurkan: 12 September 1987
Ditugaskan: 11 Februari 1989
Status: Aktif bertugas
Armada: Pearl Harbor
Karakteristik umum
Massa: 5802 tons light, 6204 tons full, 402 tons dead
Panjang: 110.3 meter (362 feet)
Lebar: 10 meter (33 feet)
Draft: 9.4 meters (31 feet)
Tenaga penggerak: one S6G reactor
Awak kapal: 12 perwira, 98 ABK
752insig.png

USS Pasadena (SSN-752), adalah sebuah kapal selam milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

Kontrak untuk membuat kapal ini diberikan kepada Electric Boat Division of General Dynamics Corporation di Groton, Connecticut pada 30 November 1982 dan pelunasannya dilakukan pada 20 Desember 1985. Kapal ini diluncurkan pada 12 September 1987 yang disponsori oleh Mrs. Pauline Trost, dan komisaris pada 11 Februari 1989 dengan Panglima W. Fritchman.

Lencana USS Pasadena, yang dikelilingi oleh border dan berlatar belakang biru, menggambarkan karakter kapal tersebut. Ditengahnya terdapat gambar seekor kura-kura hijau yang sedang menggunakan sarung tinju. Diatas punggung kura-kura tersebut terdapat angka 752, merupakan nomor seri daripada kapal tersebut. Sedangkan mawar merah yang terdapat pada lencana tersebut, menunjukkan pada sebuah kota besar Pasadena, California yang menjadi tuan rumah dalam turnamen bunga mawar.

Kapal ini pertama kali ditugaskan sebagai kekuatan kapal selam di Armada Atlantik AS untuk suatu perpindahan armada ke Armada Pasifik AS pada tahun 1990, dan pelabuhan di San Diego, California.

Pada bulan Juli 1991, USS Pasadena ditingkatkan menjadi kapal selam kelas 688 untuk penjelajahan, dan memulai perjalanan ke Pasifik Barat selama enam bulan. Pada bulan Juni 1993, kapal ini juga memulai perjalanan ke Pasifik Barat ke Teluk Persia. Selain itu, USS Pasadena juga mengambil bagian dalam beberapa latihan dengan Kerajaan Arab Saudi, Oman dan Angkatan Laut Australia.

Pada Maret 1995, USS Pasadena melakukan penjelajahan ke Pasifik Barat. Sedangkan saat di Teluk Persia, USS Pasadena merupakan kapal selam AS pertama yang melakukan latihan dengan Angkatan Laut India. USS Pasadena merupakan kapal selam bertenaga nuklir pertama yang mengunjungi pelabuhan Muskat, Oman, dan yang pertama beroperasi secara terus-menerus di Teluk Persia serta merupakan kapal selam pertama yang ditugaskan ke Panglima Perang, Armada AS Kelima (US Fifth Fleet). Pada Juni hingga September 1996, USS Pasadena termasuk Selected Restricted Availability (SRA), dimana kapal ini dilengkapi dengan sistem pertahanan senjata dan peningkatan penyerangan.

Pada November 1996, Pasadena berpindah pangkalan ke Pearl Harbor, Hawai dimana kapal ini ditugaskan ke Panglima Perang, Skuadron Kapal Selam Ketujuh. Pada April 1997, Pasadena melakukan perjalanan Pasifik timur selama empat bulan untuk suatu tugas mendukung UNITAS.

USS Pasadena melengkapi Gugus Tugas Panglima Perang atau Tugas Kekuatan Armada, suatu armada multi misi. Kapal ini mempunyai daya tahan tak terbatas dalam kaitan dengan dorongan nuklir, sonar, torpedo, misil penjelajah, dan sistem anti ranjau, suatu kombinasi kecepatan dan kesenyapan dalam kaitan dengan penanganan dan kapasitas untuk memenuhi banyak misi.

USS Pasadena telah di anugerahi oleh Skuadron Kapal Selam Tempur Ketujuh sebagai armada terefisien pada tahun 1998, yang telah memenuhi perintah dan telah mencapai yang paling tinggi untuk keseluruhan atau kesiapsiagaan per departemen di dalam menyelesaikan tugas masa perang mereka. USS Pasadena juga telah menerima Morale and Welfare Recreation (MWR), anugerah Fleet Recreation, untuk keseluruhan Angkatan Laut pada tahun 2001.

Pada bulan Januari 2005, USS Pasadena mengambil bagian dalam Satuan Bantuan Operasi (Operation Unified Assistance).[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Lihat USS Pasadena untuk melihat kapal lain dengan nama yang sama

Referensi[sunting | sunting sumber]