Tumit stiletto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tumit stiletto adalah tumit panjang, tipis, tinggi yang ditemukan pada beberapa sepatu bot dan sepatu wanita.

Namanya diambil dari belati stiletto, frasa ini terutama direkam pada awal 1930-an. Tumit stiletto dapat bervariasi dari 2,5 cm (1 inci) hingga 25 cm (10 inci) atau lebih jika sol platform digunakan, dan kadang-kadang didefinisikan memiliki diameter di permukaan tanah kurang dari 1 cm (sedikit kurang dari setengah satu inci). Tumit bergaya stiletto 5 cm (2,0 in) atau lebih pendek disebut tumit kucing.

Tidak semua sepatu hak tinggi ramping pantas dengan deskripsi stiletto. Tumit stiletto gaya Italia klasik yang sangat ramping pada akhir 1950-an dan awal 1960-an berdiameter tidak lebih dari 5 mm (0,20 inci) untuk sebagian besar panjangnya, meskipun tumit terkadang sedikit melebar keluar di bagian atas (ujung). Setelah kematian mereka pada pertengahan akhir 1960-an, sepatu hak tinggi yang langsing sulit ditemukan sampai saat ini karena perubahan dalam cara sepatu hak diproduksi secara massal.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Stiletto, seperti semua sepatu hak tinggi serupa, memberikan ilusi optik kaki yang lebih panjang, lebih ramping, kaki lebih kecil, dan tinggi keseluruhan keseluruhan. Mereka mengubah postur dan gaya berjalan pemakai, melenturkan otot betis dan membuat payudara dan bokong lebih menonjol.