TransMilenio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo TransMilenio.

TransMilenio adalah sistem transit cepat yang melayani Bogotá, Kolombia. Sampai Juni 2007, sistem ini melayani 8 jalur, meliputi Av. Caracas, Calle 80. Av. Autopista Norte, Av. Jiménez, NQS ("Norte Quito Sur"), Calle 13, Av. de las Américas, dan Av. Suba. Sistem ini dibuka untuk umum sejak Desember 2000. Proyek ini terbagi atas 7 fase, Fase III, pada Agustus 2007 Carrera (Koridor) ke-10. dan Av. El Dorado masih harus dikontrakkan dan Carrera ke-7 masih dalam perdebatan umum.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Suasana di dalam stasiun Los Héroes

Berdasarkan model yang digunakan di Curitiba, Brasil, TransMilenio terdiri atas sejumlah stasiun gantung di tengah sebuah jalan utama, atau "troncal". Para pengguna membayar karcis di stasiun dan menunggu kedatangan bus, yang pintunya terbuka bersamaan dengan pintu kaca geser stasiun. Sebuah jalur khusus bus di masing-masing sisi stasiun memungkinkan bus-bus ekspres melintas tanpa berhenti sementara bus-bus lainnya berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Perusahaan konsultan internasional McKinsey & Co. disewa sebagai manajer proyek dan bank investasi setempat utama, Capitalcorp S.A. ditetapkan sebagai pendukung finansial proyek ini.

Bus-bus ini menggunakan mesin diesel, yang dibeli dari pabrik-pabrik seperti perusahaan Kolombia-Brasil Marcopolo-Superior, konglomerasi Jerman Mercedes-Benz, dan perusahaan berbasis di Skandinavia seperti Volvo dan Scania.

Pada Agustus 2007 terdapat 1.027 bus pada sistem ini [1] dengan biaya 1400 peso sekali jalan atau setara dengan 0.40 EURO atau USD 0.70. Sistem ini juga menggunakan kartu cerdas non sentuh yaitu MIFARE, untuk membeli multi tiket dalam sebuah kartu. Saat pertama kali diluncurkan, penggunaan sistem kartu ini masih bermasalah, dan meskipun permasalahan telah diatasi, sistem pembelian multi tiket tetap tidak menarik karena tidak adanya diskon.

Sebagai tambahan untuk 410 bus reguler, terdapat pengumpan, sistem yang melayani dari stasiun tertentu untuk lokasi yang tidak terjangkau oleh rute utama. Tidak seperti bus TransMilenio, pengumpan yang beroperasi tanpa jalur khusus, tidak menggunakan penghubung dan berwarna hijau (bus reguler TransMilenio berwarna merah). Tidak ada biaya tambahan untuk menggunakan bus pengumpan.

Walaupun stasiun TransMilenio memenuhi syarat kemudahan akses karena ditinggikan dan memiliki jalur pejalan kaki, akan tetapi jalur alimentadores untuk bus normal tanpa akses untuk orang cacat. Tuntutan oleh seorang cacat bernama Daniel Bermúdez menyebabkan semua sistem pengumpan ini memberikan akses bagi orang cacat. Tahun 2004 aturan ini dikeluarkan akan tetapi belum terlaksana.

Ongkos dan pengguna bus[sunting | sunting sumber]

Pemeliharaan papan jalan di Stasiun Calle 19

Menurut laporan Transportation Research Board (TRB) milik US, biaya konstruksi per kilometer untuk fase I adalah AS$240 juta untuk 41 kilometer, atau AS$5.9 juta per kilometer. Pengguna harian secara cepat meraih jumlah 800.000 orang. Menurut TRB, sejak TransMilenio dikembangkan maka pengguna harian pada awal 2006 mencapai jumlah 1.050.000 orang.

Perencanaan untuk membangun jalur sepanjang 388 kilometer agar jaringan ini lebih padat untuk area kota dengan estimasi penggunaan lahan sebesar 500 kilometer persegi. Madrid melayani area yang lebih luas dan merupakan sistem Metro terpadat di dunia dengan perkiraan jalur sepanjang 230 kilometer. Laporan TRB menyebutkan akan dibutuhkan dana sebesar AS$3,3 triliun untuk membangun jalur sepanjang 388 kilometer yang merupakan 10% lebih banyak dari biaya untuk membangun sistem Metro sepanjang 30 kilometer.

Sistem ini telah ditinjau oleh badan publik yang memberikan kontrak pada perusahaan bus swasta dengan basis kompetitif. Menurut laporan TRB, kontraktor swasta dibayar menurut jumlah total kilometer yang mereka lalui.

Rute[sunting | sunting sumber]

Peta TransMilenio tahun 2013

Pada Mei 2006 jalur sistem TransMilenio berubah secara drastis dimana terdapat penambahan seksi. Rute-nya menerapkan kombinasi nomor dan huruf untuk penamaannya. Dan untuk mengatasi kurangnya informasi, TransMilenio juga membuat petunjuk interaktif meliputi rute, stasiun, jalur terdekat dan kombinasi rute. Situs www.surumbo.com merupakan situs interaktif resmi TransMilenio.

Jalur baru akan ditambahkan termasuk Carrera 7 (Utara-Pusatkota) -yang menerima kritik karena terdapat area yang tidak dapat mengikuti sistem, yang lain adalah Calle 26 (Pusatkota-Bandara sisi Barat) dan Carrera 10 (Pusatkota-Selatan).

Stasiun[sunting | sunting sumber]

Bus gandeng di Jiménez Avenue.

Terdapat 5 tipe stasiun:

  • Sencillas (Mudah): stasiun layanan lokal, terletak setiap 500 m.
  • De transferencia (Transfer): tempat berpindah jalur dalam suatu terowongan.
  • Sin intercambio (Non transfer): bukan tempat transfer dari jalur utara-selatan ke jalur selatan-utara, terletak di sepanjang Autopista Norte
  • Intermedias (Penghubung): layanan meliputi pengumpan dan jalur utama.
  • Cabecera (Portal): dekat pintu masuk kota. Sebagai tambahan bagi pengumpan dan bus gandeng, bus antarkota dari area metropolitan juga tiba di stasiun ini.

Semua stasiun memiliki papan elektronik yang memberi jadwal kedatangan bus dan peta sistem. Terdapat juga stasiun yang memberikan layanan pendamping bagi penumpang. TransMilenio memiliki 114 stasiun yang tersebar di berbagai area kota

Kritik[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan pengguna setuju bahwa TransMilenio merupakan perkembangan pesat pada sistem transportasi publik Bogotá terutama bila dibandingkan dengan sistem yang semrawut di Lima, Peru. Tetap terdapat kritik untuk sistem ini yaitu [2]

  • Bus dan stasiun kadang-kadang tutup pada jam tidak padat.
  • Penggunaan solar menambah polusi kota bagi kota seperti Bogotá karena ketinggiannya.
  • Stasiun ini tidak memiliki pelindung dari hujan, sehingga penumpang akan basah bila mereka berpindah ke stasiun lain.
  • Banyaknya pencopet juga dikeluhkan penumpang terutama pada saat jam sibuk.

Protes[sunting | sunting sumber]

Protes pengguna bus di Portal del Norte tanggal 26 April 2006.

Pada tanggal 2-3 Mei 2006, beberapa kelompok sopir bus biasa yang tidak terkait dengan TransMileneo melakukan pemogokan, memprotes beberapa unsur dan akibat dari pemberlakuan sistem ini. Mereka tidak setuju dengan jumlah kompensasi keuangan yang akan diberikan kepada mereka untuk menyingkirkan bus-bus yang lama (10 hingga 20 tahun usianya), pembatasan lalu lintas di jalur-jalur utama TransMileno, sistem Pico y Placa Ambiental di beberapa daerah kota, yang akan membatasi jadwal-jadwal bus yang berusia 10 tahun hingga ke jam-jam pagi sekali untuk mengurangi polusi di kota.

Beberapa perusahaan bus besar yang bergabung dengan TransMilenio juga menghentikan pelayanan di jalur-jalur bus konvensional selama pemogokan. Transportasi publik menjadi lumpuh di sebagian besar wilayah kota. Meskipun TransMilenio dan sejumlah bus lainnya terus beroperasi. Mereka tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan penumpang. Perilaku intimidasi individu dan kekerasan terhadap sejumlah kendaraan pribadi, bus-bus TransMilenio dan konvensional terjadi selama pemogokan, serta bentrokan antara sejumlah pelaku aksi mogok dan polisi.

Walikota Bogotá Luis Eduardo Garzón menolak pemogokan dan kukuh mempertahankan sistem ini karena baik bagi masa depan. Dia hanya mau berdiskusi tentang teknis implementasi dan demokratisasi pengoperasian TransMilenio, setelah keadaan mereda. Pada hari kedua dan terakhir pemogokan, pemerintah setempat, para pemogok, dan perusahaan-perusahaan mereka untuk berunding.

Selama pemogokan, sejumlah pemrotes termasuk para pengguna TransMilenio yang mengeluh karena bus-bus yang melayani sangat rendah frekuensinya. Beberapa stasiun menjadi begitu padat dan beberapa penumpang terjatuh ke jalan. Bahkan setelah pemogokan berakhir, beberapa penumpang TransMilenio masih terus melancarkan protes karena berbagai aspek dari sistem ini tidak efisien dan tidak nyaman.

Keamanan di TransMilenio[sunting | sunting sumber]

Seperti di tempat lainnya di dunia, penumpang TransMilenio harus tetap waspada terhadap pencopet ketika menggunakan sistem ini. Keamanan di bus ditangani polisi kota, akan tetapi petugas yang ditunjuk seringnya baru lulus dari SMA yang menjalani tugas wajib militernya ('Policía Bachiller'). Polisi-polisi ini tetap diawasi oleh petugas yang lebih senior.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]