Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Totto Chan: The Little Girl at the Window
Totto-chan.png
Sampul bahasa Inggris
Pengarang Tetsuko Kuroyanagi
Judul asli Madogiwa no Totto-chan
Penerjemah Dorothy Britton
Ilustrator Chihiro Iwasaki
Perancang sampul Chihiro Iwasaki
Negara Japan
Bahasa Japanese
Genre Sastra anak-anak Novel autobiografi
Penerbit Kodansha Publishers Ltd.
Tanggal terbit 1981
Versi Inggris 1984
Jenis media Print (Paperback)
Halaman 232 pp
ISBN 4-7700-2067-8, 9784770020673[Books 1]

Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela adalah buku anak-anak yang ditulis oleh Tetsuko Kuroyanagi. Judul asli buku ini adalah 窓ぎわのトットちゃん (Madogiwa no Totto-chan). Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 dan menjadi bestseller di Jepang.[1] Buku ini berkisah mengenai nilai pendidikan yang Kuroyanagi terima di Tomoe Gakuen, SD di Tokyo yang didirikan oleh pendidik Sosaku Kobayashi selama Perang Dunia II.[1][2]

Ringkasan Plot[sunting | sunting sumber]

Buku ini dimulai ketika ibu dari Totto-chan mengetahui kabar bahwa putrinya dikeluarkan dari sekolah negeri. Ibu Totto-chan menyadari bahwa Totto-chan membutuhkan sekolah yang tidak membatasi kebebasan berekspresi. Dia kemudian mengajak Totto-chan untuk bertemu kepala sekolah di sekolah yang baru, Pak Kobayashi. Mulai saat itu, pertemanan terbentuk antara kepala sekolah dan muridnya.

Buku ini berlanjut untuk menggambarkan peristiwa-peristiwa yang dialami Totto-chan, teman-temannya, pelajaran-pelajaran yang diterimanya, dan atmosfer hangat yang ia hirup. Buku ini ditutup dengan peristiwa dimana Tomoe Gakuen terkena bom dari pesawat pembom dan sekolah ini tidak pernah dibangun kembali. Peristiwa ini mengakhiri tahun-tahun Totto-chan sebagai murid di Tomoe Gakuen.

Sejarah penerbitan[sunting | sunting sumber]

Totto-chan pada awalnya diterbitkan di Jepang sebagai artikel bersambung dalam majalah Kodansha, Young Woman, yang muncul mulai dari Februari 1979 hingga Desember 1980. Artikel tersebut kemudian disusun dalam bentuk buku, yang membuat sejarah dalam penerbitan di Jepang dengan penjualan lebih dari 5 juta sebelum akhir 1982. Hal ini membuat buku ini memecahkan semua rekor penerbitan yang ada sebelumnya dan menjadi buku terlaris dalam sejarah Jepang. [3][4]

Edisi berbahasa Inggris dari buku ini, yang diterjemahkan oleh Dorothy Britton, diterbitkan di Amerika pada 1984. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam sejumlah bahasa, termasuk, bahasa Arab, bahasa Tionghoa, bahasa Perancis, bahasa Italia, bahasa Jerman, bahasa Korea, bahasa Melayu, bahasa Tagalog, bahasa Vietnam, bahasa Indonesia, bahasa Thai, bahasa Rusia, bahasa Uighur, bahasa Sinhala, bahasa Laos, dan ke dalam banyak bahasa India, termasuk bahasa Hindi, bahasa Gujarat, bahasa Telugu, bahasa Kannada, bahasa Assam, bahasa Tamil, dan bahasa Malayalam. Koleksi bilingual dari cerita-cerita di buku tersebut, yang berjudul Best of Totto-chan: Totto Chan: The Little Girl at the Window, diterbitkan pada 1996.

Karya-karya terkait[sunting | sunting sumber]

Kuroyanagi mendirikan Totto-chan Foundation yang bertujuan untuk melatih aktor tunarungu untuk mementaskan teater secara langsung di hadapan komunitas tunarungu.

Pada 1999, Kuroyanagi menerbitkan bukunya yang berjudul Totto-Chan's Children: A Goodwill Journey to the Children of the World. Buku ini bercerita mengenai perjalanan Kuroyanagi mengelilingi dunia dalam misi kemanusiannya sebagai Duta Goodwill UNICEF.[1]

Interpretasi dalam bentuk orkestra dari karya tersebut digarap oleh komposer Jepang bernama Akihiro Kmori, yang kemudian dirilis dalam bentuk rekaman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Walker, James. "BIG IN JAPAN: Tetsuko Kuroyanagi". metropolis.co.jp. Diakses 2008-11-06. 
  2. ^ Otake, Tomoko (September 16, 2000). "UNICEF ambassador blames politics for plight of children". www.japantimes.co.jp. Diakses 2008-11-06. 
  3. ^ Chira, Susan (November 21, 1982). "GROWING UP JAPANESE". www.nytimes.com. Diakses 2008-11-06. 
  4. ^ Burton, Sandra; Richard Stengel (Aug 1, 1983). "Little Girl at the TV Window". www.time.com. Diakses 2008-11-06. 

Referensi Buku[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tetsuko Kuroyanagi; Dorothy Britton (1996). Totto-Chan : The Little Girl At The Window. Tokyo: Kodansha International. hlm. 229, 232. ISBN 4-7700-2067-8. Diakses 14 April 2011.